×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
ANNISA RIZQI MAULIDA

11 November 2019 13:05

Tak hanya nikmat, buah mangga juga memiliki 10 khasiat tersembunyi

Rasanya yang enak membuat mangga menjadi salah satu buah favorit banyak orang..

Tak hanya nikmat, buah mangga juga memiliki 10 khasiat tersembunyi

0



Siapa yang tidak mengenal buah mangga? Buah favorit ini selalu dinanti tiap musim panennya. Bagian luar buah mangga berwarna hijau dengan daging buah yang berwarna kuning atau orange.

Buah mangga atau dalam bahasa latinnya "mangifera indica" berasal dari daerah Bombay, India dan daerah sekitar kaki Gunung Himalaya. Dari sanalah buah ini kemudian menyebar luas ke Indonesia, bahkan kemudian ada yang tersebar sampai ke daerah Eropa, termasuk juga Afrika dan Asia.

Buah mangga juga baik untuk dikonsumsi tubuh dengan banyak khasiat kesehatan yang akan kamu dapatkan. Kandungan serat, vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi, protein, lemak, karbohidrat, dan gula alami ada di dalam buah mangga. Tak heran lagi jika buah yang satu ini mampu memberikanmu manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan.

1. Mencegah penyakit kanker.

Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam buah ini seperti asam galat dan fisetin berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker. Manfaat mangga yang satu ini akan melindungi organ tubuh kamu yang berpotensi mengidap penyakit kanker, seperti payudara dan usus besar.

Loading...

2. Mencegah diabetes.

Penelitian lebih lanjut mengenai hal ini masih berlanjut, namun beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa mangga dapat menjadi obat alami yang bagus untuk mengatasi diabetes. Kandungan glikemik dalam buah mangga termasuk rendah sehingga tidak akan membahayakan penderita diabetes. Glikemik yang rendah tidak akan memicu kadar gula dalam darah menjadi tinggi, sehingga bisa diandalkan sebagai makanan yang mampu mengatasi diabetes. Selain buah, daun mangga juga dapat membantu dalam proses kesembuhan diabetes.

3. Mengatasi penyakit jantung.

Manfaat mangga yang berikutnya adalah mencegah dan mengatasi penyakit jantung. Kandungan serat, vitamin dan kalium adalah perpaduan senyawa yang baik untuk menyehatkan organ jantungmu. Jantung yang sehat akan membuat tubuh kamu juga sehat. Serat, kalium dan vitamin merupakan kandungan di dalam mangga yang keseluruhannya akan membantu menangkal penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium bersamaan dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting pada seseorang, yang akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Menyehatkan tulang.

Tidak hanya kalsium pada manfaat susu saja yang memengaruhi kesehatan tulang, namun asupan vitamin K yang rendah sering dikaitkan dengan peningkatan risiko terjadinya patah tulang. Konsumsi asupan yang tepat dari manfaat buah-buahan dan sayuran penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang optimal, termasuk buah mangga ini.

5. Melancarkan pencernaan.

Salah satu kandungan senyawa yang ada pada buah mangga untuk melancarkan pencernaan adalah serat. Buah ini akan membantu kamu memiliki pencernaan yang lebih baik, sehat, dan tentunya agar senantiasa terhindar dari penyakit pencernaan. Mangga memiliki enzim yang membantu menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan yang kita makan. Kemudian kandungan serat pada mangga membantu dalam pencernaan secara alami, yang memudahkan pembuangan sisa pencernaan.

6. Menghilangkan jerawat.

Mangga sangat efektif dalam mengobati jerawat dengan membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Setalah pori-pori ini terbuka, maka pembentukan jerawat akan berhenti. Untuk mendapatkan manfaat mangga dalam menghilangkan jerawat, iris mangga menjadi potongan-potongan kecil, rebus dalam panci dengan tambahan 1 gelas air, tunggu sampai mangga berubah menjadi pasta. Setelah didinginkan, terapkan ke wajah kamu sebagai masker. Biarkan selama sekitar 2 jam, lalu bilas dengan air hangat.

7. Baik untuk rambut dan kulit.

Buah mangga juga bagus untuk perawatan rambut kamu karena mengandung vitamin A, yaitu nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum yang membuat rambut lembap. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

8. Mencegah asma.

Banyak orang yang masih tidak tahu jika buah mangga dapat mencegah asma. Hal ini karena buah ini memiliki kandungan beta karoten yang tak kalah tinggi dari sayuran. Buah mangga dapat memengaruhi pengembangan risiko asma menjadi lebih rendah. Hal ini juga terjadi pada orang yang mengonsumsi jumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten yang ditemukan dalam manfaat buah pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu dan wortel.

9. Memperlambat tanda penuaan.

Mangga mengandung sejumlah vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Keduanya dapat membantu memproduksi protein kolagen dalam tubuh. Kolagen dapat membantu dalam melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat sehingga memperlambat proses penuaan alami pada kulit.

10. Menyehatkan mata.

Mata merupakan indra yang penting bagi manusia. Satu cangkir irisan mangga memasok 25% vitamin A dari asupan harian yang diperlukan. Hal ini mampu menjauhkan dari berbagai penyakit mata seperti rabun senja, kekeringan pada mata dan mata yang gatal. Khasiat mangga untuk mata adalah menyehatkannya. Buah ini kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk menyehatkan mata dan membuat penglihatan kamu lebih jelas serta tajam. Buah ini juga sangat cocok bagi kamu penderita mata minus.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

mangga
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top