×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Endah Purniawati

26 Oktober 2020 14:15

Tak hanya cerdas, 8 sifat ini umumnya dimiliki oleh anak tunggal

Ada beberapa karakter yang sudah pasti dipunyai anak tunggal, namun ada pula sifat yang mungkin saja muncul karena metode didik yang salah..

Tak hanya cerdas, 8 sifat ini umumnya dimiliki oleh anak tunggal

0



Anak tunggal adalah satu-satunya penerus keturunan sebuah keluarga. Maka dari itu dia akan mewarisi semua harta yang dimiliki oleh orang tuanya. Namun, anak tersebut juga akan menerima dampak dari masalah orang tuanya sendiri.

Tak hanya itu, anak tunggal juga berperan sebagai tulang punggung keluarga. Maka dari itu, anak tunggal biasanya lebih bersikap dewasa. Tak mudah memang menjadi anak tunggal. Adapun sifat-sifat yang dimiliki oleh seorang anak tunggal adalah sebagai berikut.

1. Mandiri.

Anak tunggal tak selalu memiliki sifat manja. Mungkin ketika masih kecil mereka akan bersikap manja kepada orang tuanya. Namun seiring berjalannya waktu anak tunggal akan bersikap mandiri. Bagi anak tunggal tanggung jawab sebagai anak sudah tergambarkan sejak awal. Karena tidak memiliki saudara kandung, mereka harus menjaga dan merawat orang tuanya dengan baik.

2. Dekat dengan orang tua.

Loading...

Anak tunggal biasanya akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama orang tua mereka. Peran keluarga dalam pendidikan sangat penting, terutama orang tua karena mereka hanya mendapatka pendidikan, teman, dari orang tuanya. Maka tak heran jika anak tunggal sangat dekat dengan orang tuanya.

3. Egois.

Untuk menghilangkan sifat egois pada anak tunggal memang tidak mudah karena mereka terbiasa mendapatkan apa yang diinginkan. Sehingga anak tunggal cenderung egois dan merasa dirinya paling penting.

4. Pendiam.

Anak tunggal yang pendiam biasanya karena mereka terbiasa diasuh oleh orang tua yang selalu menyiapkan apa yang mereka perlukan tanpa sang anak capek menjelaskan atau meminta.

5. Kritis atau banyak bertanya.

Anak tunggal terdidik untuk kritis. Di mana dia hanya memiliki pilihan yakni menjadi anak yang diam atau bertanya karena ingin mengerti. Banyak bertanya bukanlah hal yang salah jika diarahkan ke arah yang benar.

6. Manja.

Manja merupakan karakter yang cukup banyak muncul pada anak tunggal. Manja merupakan hal yang wajar karena dia memiliki kasih sayang yang melimpah dari orang tuanya. Sebenarnya sifat manja muncul karena keinginan yang selalu dituruti sehingga akhirnya menjadi keharusan dan ia pun menjadi anak manja.

7. Sensitif.

Karena terbiasa dengan lingkungan yang baik dan dijaga oleh orang tuanya, anak tunggal kadang tidak bisa menghadapi lingkungan luar yang lebih keras dan memiliki sifat sensitif.

8. Percaya diri.

Rasa percaya diri pada anak tunggal sangat tinggi. Anak tunggal tidak pernah kekurangan perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya. Hal ini membuat anak cenderung lebih nyaman sehingga bisa mengembangkan potensi dan rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Dari kedelapan sifat yang dimiliki anak tunggal, mungkin ada beberapa karakter yang memang menjadi sifat yang sudah pasti ada pada anak tunggal. Namun ada beberapa sifat yang mungkin saja muncul karena metode didik yang salah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Sifat Anak tunggal
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top