×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Diani Nur Fatimaisha

22 Januari 2021 14:57

Tak cuma menemani waktu suntuk, ini 4 manfaat mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet juga bisa meredakan kecemasan..

Tak cuma menemani waktu suntuk, ini 4 manfaat mengunyah permen karet

0



Hampir semua orang mungkin pernah mengunyah yang namanya permen karet, alasannya agar napas menjadi lebih segar dan menyamarkan bau pada mulut. Namun, siapa sangka, mengunyah permen karet ternyata memiliki khasiat lain yang tak kalah bermanfaat. Selain menemani waktu suntuk kamu, permen karet yang kamu kunyah juga memberi manfaat sebagai berikut.

1. Meningkatkan Konsentrasi

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa permen karet dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang, seperti konsentrasi, ingatan, dan waktu reaksi. Hal ini diperkirakan dapat terjadi karena peningkatan aliran darah ke otak melalui mengunyah. Jika aliran darah memadai, otak bisa bekerja secara optimal.

2. Mengurangi stres dan rasa cemas.

Mengunyah permen karet dipercaya dapat membantu mengurangi stres. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa hormon stres bernama kortisol berkurang ketika terjadi proses mengunyah. Selain kebiasaan menggigit kuku, mengunyah permen karet juga rupanya dapat melampiaskan rasa cemas atau gugup.

Loading...

3. Mencegah gigi berlubang.

Mengunyah permen karet dapat memancing produksi air liur. Seperti yang kita ketahui, air liur akan membersihkan sisa makanan pada celah gigi, menetralkan asam akibat bakteri, serta membawa antibodi untuk melawan kuman yang menjadi penyebab gigi berlubang.

Namun, manfaat satu ini dapat diperoleh jika kamu mengunyah permen karet bebas gula selama dua puluh menit setiap hari. Sebagai pengganti gula, kamu bisa memilih permen karet dengan pemanis buatan yang aman untuk gigi seperti aspartam, xylitol, sorbitol, atau mannitol.

4. Mencegah refluks asam lambung.

Refluks asam lambung terjadi akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga menyebabkan saluran tersebut teriritasi. Gejala utamanya yaitu perut terasa perih serta adanya rasa asam pada mulut.

Mengunyah permen karet akan meningkatkan produksi air liur. Bertambahnya produksi air liur dapat mengubah pH liur menjadi basa dan membuat kamu lebih sering menelan. Akibatnya, asam lambung menjadi netral sehingga mengurangi iritasi pada kerongkongan.

Nah, sudah tahu kan manfaat apa saja yang bisa kamu dapat dari mengunyah permen karet? Jadi kamu nggak perlu ragu lagi untuk mengunyahnya. Namun tetaplah konsumsi permen karet sewajarnya karena sesuatu yang berlebihan tidak selalu baik.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

permen karet #mengunyahpermenkaret gigi berlubang
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top