×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Ipit Handayani

12 Oktober 2021 13:04

Tak banyak diketahui, 3 lomba 17-an ini berasal dari budaya Belanda

Meski begitu, ketiga permainan ini seakan sudah melekat dan menjadi ciri khas perayaan kemerdekaan kita..

Tak banyak diketahui, 3 lomba 17-an ini berasal dari budaya Belanda

0



Iluistrasi lomba 17 Agustus / Foto: Zoraya Project on Unsplash

Perlu diakui bahwa masih banyak rakyat Indonesia yang belum tahu perihal asal mula budaya permainan yang biasa diselenggarakan di pesta kemerdekaan, seolah itu memang sudah dianggap sebagai bawaan dari tingkat kreativitas rakyat Indonesia zaman dahulu. Padahal faktanya berbanding terbalik. Permainan-permainan tersebut bukanlah murni asli Indonesia, melainkan permainan khas orang Belanda yang pada saat zaman penjajahan, mereka kerap menyuruh rakyat Indonesia untuk melakukannya demi hiburan mereka semata.

Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber ini, terdapat tiga macam permainan khas kemerdekaan yang ternyata berasal dari budaya asli Belanda.

1. Spijkerpoepen.

Spijkerpoepen adalah permainan khas orang Belanda yang juga kerap dimainkan saat perayaan Festival Koningsdag. Festival Koningsdag ini merupakan hari libur nasional di kerajaan Belanda karena berkaitan dengan hari ulang tahun Raja/Ratu di Belanda yang biasanya diadakan di tanggal 27 April.

Pada festival ini nantinya anggota kerajaan akan turun berkeliling ke kota-kota di Belanda dan akan banyak macam perayaan yang diadakan di sana seperti bazar pakaian bekas, pesta minum, dan mengadakan permainan. Salah satunya adalah memainkan permainan Spijkerpoepen yang mana cara bermainnya persis seperti lomba memasukkan paku ke dalam botol yang kerap ada di acara 17 Agustusan.

Loading...

2. Koekhappen.

Permainan Koekhappen ini sudah sangat khas di negeri Belanda sebagai lomba permainan anak-anak. Permainan ini mirip seperti lomba makan kerupuk di acara 17 Agustusan, hanya saja bedanya mereka menggunakan wafer atau kue basah untuk digantung di seutas tali. Sesuai dengan arti nama permainannya yaitu Koek (kue) dan Happen (mengigit). Koekhappen juga selalu dirayakan pada Festival Konningsdag atau King's Day.

Konon katanya selama dijajah oleh Belanda, rakyat Indonesia juga diharuskan untuk ikut merayakan Festival Konningsdag sehingga permainan ini juga dimainkan oleh anak-anak Indonesia. Hanya saja bedanya setelah merdeka rakyat Indonesia menggantinya dengan kerupuk.

3. Eierlopen.

Eierlopen adalah permainan asal Belanda yang mirip seperti lomba balap kelereng, bedanya di Belanda kebanyakan dari mereka memakai telur. Ya, meski beberapa ada juga yang menggantinya dengan barang yang lebih kecil dan ringan. Cara memainkannya juga tak beda jauh seperti lomba balap kelereng di sini, meski ada juga variasi lain di Belanda ketika memainkannya. Yaitu dengan cara dipegang, bukan digigit.

Jika disimpulkan ini artinya lomba-lomba yang biasa diadakan di acara kemerdekaan bukanlah budaya asli bangsa Indonesia, melainkan serapan dari budaya Belanda. Bukan tanpa alasan memang, di luar sana permainan-permainan tersebut sudah dikenal sebagai Dutch Games atau permainan orang Belanda. Lamanya Belanda menjajah Indonesia juga menjadi faktor besar terjadinya serapan budaya semacam ini. Hanya saja memang sedikit agak mengejutkan bagi orang awam ketika tahu bahwa sebenarnya secara tak langsung kita mewarisi permainan Belanda di tengah perayaan kemerdekaan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

@agustusan @kemerdekaan
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top