×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Harry Rezqiano

26 Februari 2020 11:29

Sukses Sonic the Hedgehog, apakah maskot lain akan dibuat film juga?

Kesuksesan film Sonic the Hedgehog mungkin akan memancing pembuatan film-film maskot video game lain dari era 90-an..

Sukses Sonic the Hedgehog, apakah maskot lain akan dibuat film juga?

0



Film Sonic the Hedgehog yang dibintangi komedian papan atas Jim Carrey dan James Marsden sedang menikmati masa-masa jaya di berbagai negara. Film yang mengangkat citra maskot perusahaan video game Sega era 90-an ini terbukti sukses dan melebihi ekspektasi; terutama setelah mengalami start buruk akibat desain jelek saat trailer perdana muncul.

Ukuran kesuksesan film Sonic dapat dilihat dari pendapatan sementara yang dicatat dari berbagai bioskop dunia; angkanya sudah melebihi $ 200 juta. Sebagai gambaran, Sonic perlu 10 hari untuk menyamai total angka penjualan film video game sukses sebelumnya, Detective Pikachu (yang mengangkat karakter Pokemon ‘Pikachu’ dari Nintendo). Atau kalau mau sedikit sadis, komparasi bisa dilakukan ke film DC Comics Harley Quinn: Birds of Prey di mana Sonic hanya perlu empat hari untuk mendapatkan uang setara yang dihasilkan film Harley Quinn dalam waktu dua minggu penayangan (di angka $ 113 juta). Timpang sekali memang.

Singkatnya, Sonic adalah film sukses. Film berbasis maskot video game sukses. Sesuatu yang menimbulkan optimisme di kalangan fans video game kalau film-film selanjutnya tetap menggunakan maskot atau karakter video game; terutama yang tenar di era 90-an. Tapi, apakah produser film Hollywood sepakat dengan sentimen ini?

Sukses Sonic the Hedgehog, apakah maskot lain akan dibuat film juga?

(Sumber gambar: YouTube)

Loading...

Nintendo sudah mengumumkan sedang dalam tahap pra produksi film maskot video game mereka sendiri, Super Mario Bros. Belum ada informasi apa pun selain akan berbentuk CGI/Computer-generated Image. Sehingga dengan demikian, dua pabrikan konsol game besar sudah (dan akan) merilis film dengan tokoh utama maskot perusahaan masing-masing. Sonic the Hedgehog dari Sega, dan Mario dari Nintendo. Lantas, bagaimana dengan nama besar lain seperti Sony dan Microsoft, sebagai pemilik merek PlayStation dan Xbox?

Dari sisi maskot ini, situasi yang ada di Sony dan Microsoft boleh dibilang lebih sulit ketimbang Sega maupun Nintendo. Di era 90-an, keberadaan maskot adalah hal penting. Selain untuk branding awareness (atau citra merek), sebuah maskot memberikan kondisi menyenangkan untuk fans berinteraksi dengan merek favoritnya. Fans Sega tentu akan bangga memakai sepatu atau tas bergambar Sonic si landak biru super cepat saat pergi ke sekolah, misalnya. Ini penting untuk sebuah rasa bangga sebagai video gamer. Di era 90-an, Sonic dan Mario bersaing keras meraih fans sebanyak-banyaknya.

Sukses Sonic the Hedgehog, apakah maskot lain akan dibuat film juga?

(Sumber gambar: Ars Technica)

Tapi situasi berubah/berbeda saat Sony ikutan masuk ke bisnis konsol video game di pertengahan 90-an (setelah sebelumnya di-PHP oleh Nintendo dengan proyek Nintendo PlayStation yang dibatalkan sepihak oleh Nintendo).

Saat Sony PlayStation mulai dirilis ke publik, Sony tidak pernah secara resmi mengumumkan soal “inilah maskot kami” kepada publik. Saat itu Sony mungkin antara belum pede karena masih tergolong anak baru, atau memang tidak peduli soal urusan maskot karena tujuan mereka adalah terbit dahulu (dan syukur-syukur mengalahkan Nintendo; yang sudah mengecewakan mereka). Game-game PlayStation memang memiliki aneka ragam genre dan type. Sehingga sulit menunjuk satu game/karakter untuk layak disebut sebagai “maskot Sony”; seperti Sonic untuk Sega atau Mario untuk Nintendo.

Beberapa kalangan menilai gelar maskot bisa disematkan ke karakter Crash Bandicoot yang diciptakan oleh perusahaan Naughty Dog (kini dikenal lewat game seperti Uncharted) sejak awal PlayStation rilis. Tapi saya tidak terlau setuju; utamanya karena menurut saya seorang/seekor/sebentuk maskot idealnya merupakan karakter asli in-house dari first party. Sonic dimilki oleh Sega. Demikian pula Mario. Sementara Crash tidak. Sony tidak 100% memiliki karakter itu. Sehingga menyebut Crash sebagai maskot Sony, menurut saya nggak pas.

Sukses Sonic the Hedgehog, apakah maskot lain akan dibuat film juga?

(Sumber gambar: Lukie Games)

Situasi sedikit berbeda ada di Microsoft. Secara teknis mereka sama dengan Sony, alias tidak pernah secara resmi menyebut siapa maskot perusahaan mereka. Tapi mereka punya karakter in-house seperti Sonic dan Mario, yaitu Master Chief dari franchise Halo yang muncul sejak Xbox perdana tahun 2001. Secara popularitas, Master Chief dari Halo ideal dijadikan maskot Xbox. Tapi sama seperti Sony, Microsoft terlihat tidak terlalu peduli dengan maskot-maskotan dan membiarkan Xbox tumbuh tanpa adanya maskot khusus untuk perusahaan.

Sukses Sonic the Hedgehog, apakah maskot lain akan dibuat film juga?

Master Chief dari "Halo" (Sumber gambar: Forbes)

Tapi dengan kesuksesan besar film Sonic the Hedgehog dan (mungkin) Super Mario Bros nanti, baik Sony maupun Microsoft mungkin mulai berpikir untuk membuat film berdasarkan karakter dari franchise mereka juga. Bahkan Sony sudah lebih dulu dibanding Microsoft dengan menggarap film live action Uncharted yang jadi ‘maskot’ PlayStation belakangan ini sejak era PS3. Walau filmnya diselimuti banyak masalah bahkan saat masih dalam masa pra produksi.

Siapa tahu kelak Microsoft tergoda untuk membuat film live action “Halo” juga, ya kan?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Sonic Mario Crash Bandicoot Master Chief Videogame
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya


ON FIRE

MORE
Back To Top