×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Saidahtyani

07 April 2020 15:28

Suka nge-trip tapi ogah buat perencanaan? 5 Join event ini bisa dicoba

Untuk kamu yang tidak mau pikir pusing maupun suka tantangan, menjelajah sebuah tempat baru dengan join sebuah event tentu bisa jadi pilihan..

Suka nge-trip tapi ogah buat perencanaan? 5 Join event ini bisa dicoba

0



Foto: free-browsergames.com

Pasti banyak dari kamu yang suka mengkhayal bisa menjelajahi kota yang ada pada film favorit atau memang ingin datang ke kota tersebut, baik itu kota dalam negeri maupun luar negeri. Tak jarang juga meski sudah merencanakan, hasrat menjelajah kota impian sebatas menjadi rencana karena berbagai faktor, misalnya dari segi keuangan. Uang yang terkumpul belum mencukupi ataupun biaya hidup di tempat tersebut mahal, hari yang bebarengan dengan cara penting lainnya, tidak menemukan teman nge-trip, kondisi kesehatan yang tiba-tiba kurang mendukung, dan rasa cemas tentang tersesat di kota baru.

Menjelajah kota baru dengan teman maupun kekasih tentu akan menjadi kenangan tak terlupakan. Untuk kamu yang masih sekolah maupun mahasiswa mungkin budget yang sering menjadi masalah, sedangkan untuk yang bekerja, waktu yang sulit didapatkan. Karena bisa jadi saat kamu bisa malah partner-mu malah tidak bisa.

Selain menjelajah tempat baru dengan biaya sendiri atau self-funded, kamu juga bisa menyalurkan hasrat berpergianmu dengan anggaran rendah melalui join sebuah event. Bahkan jika beruntung kamu bisa terpilih menjadi peserta fully-funded yang mana seluruh pengeluaran di-cover oleh penyelenggara.

Namanya memang fully-funded, namun biasanya dari penyelenggara akan tetap mematok biaya registrasi atau tes. Tapi jika beruntung masuk kategori fully-funded tentu kamu hanya mengeluarkan uang yang bisa dibilang sedikit untuk biaya pendaftaran atau tes dan menyiapkan uang saku untuk di sana.

Selain fully-funded ada juga penyelenggara yang memberikan opsi partial-funded. Pada opsi ini kamu membayar biaya hidup dan tiket namun biasanya separuh dari harga total. Namun ada juga yang beranggapan sama-sama mengeluarkan uang mending menjelajah self-funded. Karena bisa dibilang ada kalanya harga yang dipatok untuk partial-funded setara dengan self-funded, mungkin juga bisa lebih murah.

Loading...

Untuk kamu yang tidak mau pikir pusing maupun suka tantangan, menjelajah sebuah tempat baru dengan join sebuah event tentu jadi pilihan. Selain tidak perlu khawatir akan tersesat di tempat tersebut juga kegiatan sudah disiapkan oleh penyelenggara. Selain itu, dengan join jelajah dalam bentuk event kamu akan mendaptkan pengalaman berharga dan relasi dari berbagai daerah.

Lalu, kira-kira apa saja contoh event-nya? Berikut rangkumannya.

1. Event bakti sosial atau pengabdian.

Suka nge-trip tapi ogah buat perencanaan? 5 Join event ini bisa dicoba

Foto: ifrc.org

Banyak lho lembaga maupun komunitas yang menyelenggarakan event berbau bakti sosial baik itu dalam pulau Jawa maupun luar pulau Jawa. Biasanya mereka memberi iming-iming fully-funded dan beragam benefit lainnya.

Event sejenis ini cocok untuk kamu yang suka tantangan. Selain bisa merasakan pemandangan dan budaya di tempat tersebut, kamu juga akan dituntut membuat sebuah program kerja maupun kegiatan di tempat tersebut. Namun kuota peserta fully-funded tentu dibatasi, jadi bisa dibilang persaingannya cukup ketat.

2. Student exchange dan pertukaran pemuda.

Suka nge-trip tapi ogah buat perencanaan? 5 Join event ini bisa dicoba

Foto: medium.com

Event jenis ini cocok buat kamu mahasiswa dan kalangan SMA. Kampus tujuan student exchange dan pertukaran pemuda berada di luar negeri. Event seperti ini cocok dicoba untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa dan pelajar SMA karena ada juga penyelenggara yang membolehkan jenjang SMA bergabung acara seperti ini. N

amun kamu akan lebih banyak diajak menjelajah dan merasakan suasana kampus di sana ketimbang merasakan biadaya dan pemandangan tempat tersebut. Ya walaupun lebih banyak menghabiskan waktu di kampus tujuan, namun dengan join event seperti ini kamu akan mendapat pengalaman berharga dan relasi dari berbagai penjuru kota.

3. Internship program atau magang.

Suka nge-trip tapi ogah buat perencanaan? 5 Join event ini bisa dicoba

Foto: freepik.com

Entah magang bisa dibilang sebuah event atau tidak namun bisa dicoba saat ada waktu luang yang sangat panjang. Selain dibayar, kamu juga lebih leluasa untuk menjelajah tempat tersebut. Selain antar pulau tak jarang program magang juga ada yang berada di luar negeri.

Namun perlu diingat jika magang itu bekerja dan baru bisa jalan-jalan atau menjejalah tempat tersebut saat hari libur. Selain itu durasi program magang bisa lama, mulai tiga bulan hingga enam bulan. Tapi dengan durasi waktu selama itu tentu kamu akan sangat memahami budaya dan fasih bahasa asing di pulau maupun negara tempat kamu magang.

4. Fun-camp.

Suka nge-trip tapi ogah buat perencanaan? 5 Join event ini bisa dicoba

Foto: coloradoacademysummer.org

Ada juga komunitas yang mengadakan event camping namun untuk umum. Durasinya juga biasanya tidak terlalu lama. Selain camping biasanya juga diisi dengan kegiatan lingkungan hidup seperti penanaman, bersih-bersih, dan berbaur dengan masyarakat. Event ini cocok untuk kamu yang suka berbaur dengan alam.

5. Join seminar.

Suka nge-trip tapi ogah buat perencanaan? 5 Join event ini bisa dicoba

Foto: back2fitness.co

Buat kamu yang suka diskusi, join seminar luar kota maupun luar negeri bisa dicoba. Memang biasanya seminar hanya berlangsung satu hari namun tak jarang juga ada seminar yang berlangsung beberapa hari. Jadi waktu malam maupun sehabis mengikuti seminar bisa kamu gunakan untuk jalan-jalan menyusuri kota tersebut. Namun kamu tentu harus menyiapkan uang cukup banyak untuk registrasi seminar, transportasi, dan biaya hidup selama di sana.

Nah, dari empat pilihan di atas mana kira-kira yang cocok dengan hasrat nge-trip kamu? Selain low budget, dengan join event di atas kamu akan mendapat ilmu, relasi baru, dan pengalaman yang tak terlupakan. 

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top