×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Syahrani Hasanah

19 Januari 2021 16:37

Stuart Semple, seniman pembuat warna hitam paling hitam

Kisah Stuart Semple, seniman asal Inggris yang membuat warna hitam paling hitam..

Stuart Semple, seniman pembuat warna hitam paling hitam

0



Stuart Semple adalah seorang seniman yang berasal dari Bournemouth, kota di pantai selatan Inggris. Dia bekerja di bidang seni lukis, seni pahat, teknologi dan aktivisme. Dia membuat cat akrilik Black 3.0, yaitu cat warna hitam terhitam di dunia.

Pada tahun 1999, Semple sebagai salah satu seniman pertama yang menggunakan internet dan potensi digitalnya. Ia mendirikan komunitas online awal di eBay, yaitu sebagai penggemar seni yang dia posting setiap malam. Semple terus menggunakan media digital, seperti berpartisipasi dalam Lelang "10 Seni Terbaik The Guardian" bersama Damian Hirst, Ai Weiwei, dan Edward Munch. Karier Semple begitu melesat di internet hingga tahun 2012 Semple merilis karya seni virtualnya di iTunes yang berjudul EXIT.

Teknologi semakin maju hingga adanya media sosial yang disebut Instagram. Semple memanfaatkan hal tersebut dengan mengajak seniman lain tentang bagaimana media sosial menjadi ruang pameran baru. Pada tahun 2015, Semple membuat seri baru dari 5 karya seni berbasis browser sebagai situs web, dan menjual setiap situs web di eBay untuk menciptakan cara yang mudah melihat, membeli, dan menjual seni digital. 

Pada 2016, Anish Kapoor mengumumkan hak eksklusifnya atas warna atau pigmen hitam 'paling hitam' yaitu Vantablack. Sebagai warna 'paling hitam' yang terbuat dari batang karbon halus dengan lebar 300 kali lebarnya, sehingga 99,6% dari semua cahaya ditangkap di jaringan batang. Vantablack ini dikembangkan untuk penggunaan ilmiah dan militer karena kemampuan berkamuflase. Setelah kejadian tersebut beberapa seniman tidak terima akan hak ekslusif ini seperti yang dikatakan Christian Furr kepada The Daily Mail bahwa hal ini tidak dibenarkan karena seniman memonopoli suatu material yang bisa dipakai semua orang. 

Dalam tayangan YouTube 60 Second Docs, Stuart menjelaskan bahwa dia juga merasa tertantang setelah kejadian tersebut dan dia harus membalasnya. Lalu dia menciptakan pigmen pink 'paling pink' dan menjualnya kepada siapa pun kecuali Anish Kapoor. Bahkan ketika seseorang ingin membeli cat tersebut, harus menyatakan bahwa dirinya bukan Anish Kapoor. 

Loading...

Pada tahun 2017, tepatnya tanggal 3 Februari, Stuart Semple berhasil membuat warna hitam sedekat warna Vantablack yang disebut Better Black. Walapun hasilnya tidak sebaik Vantablack, tetapi dia bisa membantu sekitarnya yang sekiranya ingin memakai Vantablack. Segera setelah itu, dia memulai Kickstarter untuk membuat warna hitam pekatnya sendiri. Stuart menggunakan mattifier dari industri kosmetik yang dapat memberhentikan pantulan cahaya yang ada.

Pada tahun 2019, Stuart Semple mendapatkan warna yang dapat mengalahkan Vantablack, yaitu Black 3.0. yang merupakan pigmen "paling hitam" cat akrilik yang menunjukkan tingkat penyerapan cahaya tampak hingga 99%. Lagi-lagi Stuart melisensikannya kepada siapa pun kecuali Anish Kapoor. Semple terus bekerja keras, berharap bisa mengubah konsep seni kecil yang menarik menjadi seni konsep besar sehingga semua orang layak mendapatkannya.

Stuart Semple Studio

Jika tertarik ingin membeli cat akrilik terhitam di dunia yaitu Black 3.0 kamu bisa membelinya dengan sangat mudah, yaitu langsung ke website www.kickstarter.com.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

stuart semple seniman cat akrilik
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top