Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Harry Rezqiano

11 Januari 2019 09:50

SimCity, game simulasi membangun kota favorit Walikota Surabaya

Mengenal game simulasi membangun kota ideal yang konon merupakan game kegemaran Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

SimCity, game simulasi membangun kota favorit Walikota Surabaya

0



Tidak banyak gamers yang tahu atau mengenali judul video game satu ini. Dan ini bukan hal yang mengherankan. Selain merupakan game jadul (alias jaman dulu), SimCity merupakan game dengan genre yang tidak terlalu punya fanbase besar, yaitu genre simulasi.

SimCity, game simulasi membangun kota favorit Walikota Surabaya

SimCity Android (Sumber gambar: Google PlayStore)

Game yang konon merupakan video game kegemaran Walikota Surabaya, Indonesia ini pertama dirilis ke publik pada Februari tahun 1989. Dan lucunya proses penciptaan SimCity ini boleh dibilang merupakan sebuah kebetulan.

Saat itu di tahun 1984, seorang game designer bernama Will Wright sedang dalam proses menyelesaikan video game perdananya yang berjudul “Raid on Bungeling Bay” yang bergenre shooter/tembak-tembakan. Dalam proses developing, Wright menyadari kalau proses menciptakan terrain/permukaan dari city maps/peta kota di Raid on Bungeling Bay sambil menaiki helikopter (di dalam game) jauh lebih asyik dan seru ketimbang menembaki objek dengan helikopter (yang jadi tujuan utama di game).

Loading...

SimCity, game simulasi membangun kota favorit Walikota Surabaya

(Sumber gambar: W3LiveNews)

Karena penasaran sendiri akhirnya Will Wright mulai serius bereksperimen dengan berbagai tools yang berfungsi untuk membangun wilayah/kota di permukaan. Dia mulai menambah berbagai elemen yang pada akhirnya memberikan dirinya sebuah kendali dan kontrol untuk menentukan seperti apa wilayah/kota yang dia bangun di permukaan.

SimCity, game simulasi membangun kota favorit Walikota Surabaya

(Sumber gambar: Nintendo Times)

Atau dengan kata lain, Will Wright menemukan cara untuk membangun sebuah pemukiman hunian sesuai dengan maunya sendiri di dalam video game, melalui engine yang awalnya berasal dari game Raid on Bungeling Bay.

SimCity, game simulasi membangun kota favorit Walikota Surabaya

SimCity original (Sumber gambar: Free Game Empire)

Dengan peran sebagai Walikota, pemain game ini akan memulai petualangan mereka dengan permukaan/tanah yang kosong tanpa apapun di atasnya dan harus mampu membangun sebuah pemukiman, alias kota, dengan budget awal yang terbatas.

Kota yang dibangun harus memiliki berbagai fasilitas publik seperti jaringan listrik, perumahan, sarana pendidikan, air bersih, sistem pengolahan limbah, taman, sarana kesehatan, aparat keamanan (termasuk pemadam kebakaran), dan berbagai elemen lain yang harus ada untuk membentuk sebuah kota yang ideal.

SimCity, game simulasi membangun kota favorit Walikota Surabaya

Sebuah kota yang dibangun oleh pemain SimCity 2013 (Sumber gambar: Business Insider)

Uangnya dari mana? Uangnya ada, asal mau narik pajak atau tidak. Sumber pendanaan untuk pembangunan kota di SimCity berasal dari bidang perpajakan. Pajak dapat berasal dari berbagai fasilitas publik, seperti misalnya Casino atau bahkan dari trading/perdagangan dari kota lain dalam bentuk barang maupun jasa. Walikota di SimCity harus terus memutar otak agar budget yang ada dapat memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan kota yang dia bangun. Agar kota dapat terus berjalan normal tanpa anomali yang tidak dapat teratasi.

SimCity, game simulasi membangun kota favorit Walikota Surabaya

SimCity 2000: Special Edition PC (Sumber gambar: Origin.com)

Sebelum benar-benar menerbitkan SimCity pertamanya, Will Wright memantapkan konsep dan game engine dengan belajar dinamika sistem lewat jurnal seorang profesor dari MIT (salah satu universitas teknik ternama Amerika Serikat) bernama Professor Jay Forrester.

Wright menyelesaikan SimCity (saat itu dia memberikan nama “Micropolis”) selama kurang lebih satu tahun dan menawarkan game tersebut ke berbagai publisher game. Sayang tidak ada yang berminat untuk merilis game simulasi membangun kota buatannya. Namun Wright tidak patah semangat dan kemudian membuat perusahaannya sendiri yang diberi nama “Maxis”; bekerja sama dengan seorang pebisnis bernama Jeff Braun.

Maxis merilis SimCity perdana di awal tahun 1989 untuk platform Mac, Amiga, dan bahkan di konsol Super Nintendo pada tahun 1991.

SimCity, game simulasi membangun kota favorit Walikota Surabaya

(Sumber gambar: Indian Video Gamer)

Game SimCity memberikan pemainnya kekuasaan tanpa limitasi (selain dana) untuk membangun sebuah kota hunian yang ideal.

Pemain akan merasa seperti seorang Walikota, atau seorang Insinyur perancang tata kota, atau bahkan rasa sesosok Dewa karena membangun sesuatu dari ketiadaan. Pemain juga harus mampu mengatur manajemen keuangan kota agar selalu seimbang antara pengeluaran dengan pendapatan kas kota.

Dan game ini tidak punya sebuah ending yang spesifik. Pemain dapat terus membangun kota mereka dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Atau malah menghancurkan hasil karya mereka sendiri dengan fitur "Disaster" dan membangun ulang kota tersebut.

Disaster di Simcity 2013: https://www.youtube.com/watch?v=nvuxMnSHHtg

Sejak lahir di tahun 1989 hingga tahun 2014, tercatat ada 13 game SimCity dilepas ke pasaran untuk berbagai platform gaming.

- SimCity (1989)

- SimCity 2000 (1993)

- SimCity 3000 (1999)

- SimCity 64 (2000)

- SimCity 4 & SimCity 4: Rush Hour (2003)

- SimCity DS & SimCity Societies (2007)

- SimCity DS 2 & SimCity Creator (2008)

- SimCity Social (2012)

- SimCity (2013)

- SimCity: Buildit (2014)

SimCity, game simulasi membangun kota favorit Walikota Surabaya

SimCity: Buildit for Android (Sumber gambar: Techlomedia)

SimCity juga secara langsung mempopulerkan genre “Sims” atau Simulation/Simulasi di mana kondisi sebuah game merupakan sebuah simulasi yang berjalan sesuai dengan apa yang dilakukan oleh pemainnya.

Game simulasi seperti “The Sims” misalnya; jelas terinspirasi dari konsep “bermain Tuhan” seperti yang ada di dalam game SimCity. Berbagai game ‘build-something-simulation’ juga dipastikan merupakan hasil inspirasi dari SimCity sebagai yang pertama mempopulerkan genre ini.

SimCity, game simulasi membangun kota favorit Walikota Surabaya

Simulasi membangun kota & simulasi menjalankan kehidupan manusia (Sumber gambar: NoobFeed)

Melihat manfaat yang diberikan oleh game ini, tak heran Walikota asli seperti Walikota Surabaya, Tri Rismaharini konon merupakan penggemar game SimCity. Hal ini menunjukkan kalau game SimCity memang berfungsi tidak saja sebagai sebuah hiburan namun juga dapat menjadi sebuah metode pendidikan/pengajaran/perencanaan tata kota yang menyenangkan.

Di SimCity pemainnya di-plot sebagai seorang Walikota dan harus membangun sebuah kota terbaik untuk warganya. Melihat berbagai prestasi dan pujian yang di dapat Walikota Surabaya, yang juga merupakan pemain video game SimCty, rasanya hal itu menunjukkan faktor positif bermain video game.

Apakah kamu pernah bermain salah satu game SimCity? Kamu menyukai game SimCity? Atau malah benci banget dengan game simulasi itu? Suarakan pendapat kamu!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Video Game SimCity Simulasi Walikota Kota
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top