Kamu mungkin adalah salah satu penikmat aromaterapi, atau kamu adalah orang yang baru ingin membeli oil untuk aromaterapi. Gampang kok, karena ada banyak yang menjual oil untuk aromaterapi di online maupun offline market. Kamu pun bisa memilih beragam aroma yang kamu suka.

Eits, tapi hati hati saat membeli oil untuk aromaterapi. Karena pada umumnya, terdapat dua jenis oil yang sering digunakan untuk meracik sebuah aroma atau wewangian.

Biar kamu tidak salah beli. Yuk, ketahui perbedaan essential oil dan fragrance oil karena masing-masing jenis memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda.

1. Essential Oil Terbuat dari bahan alami, sedangkan fragrance oil terbuat dari bahan senyawa sintesis.

Essential oil dan fragrance oil sangat berbeda apabila dilihat dari asal bahan bakunya. Essential didapat dari ektrak tumbuhan, bunga, ataupun bagian tubuh dari tumbuhan. Sedangkan fragrance oil didapat dari bahan senyawa sintetis.

2. Essential oil memiliki manfaat terapi, fragrance tidak.

Karena berasal dari bahan alami, essential oil memiliki manfaat terapi. Manfaat terapi yang dihasilkan berbeda beda mengikuti bahan dasarnya. Sebagai contoh aroma peppermint akan membantumu dalam masalah pencernaan, sedangkan lavender membantumu dalam masalah insomnia, dan masih banyak lagi jenis dan manfaatnya.

3. Essential oil tidak bisa digunakan langsung ke kulit, sedangkan fragrance oil dapat digunakan ke kulit.

Kemungkinan besar kulitmu akan mengalami iritasi apabila mengaplikasikan essential oil langsung ke kulit. Kalau kamu sangat suka dengan aroma essential oil milikmu dan ingin mengaplikasikan pada kulit, kamu bisa menggunakan fragrance oil dengan aroma yang sama karena fragrance oil dapat diaplikasikan pada kulit. oleh sebab itu fragrance oil sering digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik, kecantikan, dan parfum.

4. Harga essential oil lebih mahal dibanding fragrance oil.

Terkait harga, kamu bisa membandingkan harga essential oil dan fragrance oil di toko favoritmu. Kamu akan menemukan fakta bahwa harga essential oil lebih mahal dibanding fragrance oil. Hal ini karena bahan baku essential oil yang terbuat dari bahan alami.

5. Aroma fragrance oil lebih beragam dibanding essential oil.

Aroma yang dimiliki fragrance oil sangat beragam dan lebih menarik. Kamu lebih bisa berkreasi untuk mendapatkan aroma yang kamu inginkan dengan fragrance oil.

Itulah perbedaan dari kedua jenis oil yang memiliki aroma menarik. Selama kamu tahu bagaimana mengaplikasikan kedua oil tersebut, kamu pasti mendapatkan manfaat dari essential oil dan fragrance oil.