Pernahkan kamu mengalami bolak balik ke kamar mandi hanya sekadar untuk buang air kecil?Hal tersebut memang sepele namun menyebalkan. Apalagi ketika menjelang tidur, kamu sudah ngantuk namun pengen ke kamar mandi, letaknya yang jauh (di lantai 1 misal), tentu membuat kamu malas beranjak dari kasur dan apabila ditahan tentu sangat menyakitkan.

Sering buang air kecil, 5 kondisi ini bisa jadi penyebabnya

Sumber : https://rheumapas.com

Jika kamu mengalami kondisi seperti di atas, maka waspadalah sebab kondisi tersebut bisa jadi mencerminkan bahwa kamu terkena beberapa penyakit seperti berikut ini.

1. Infeksi Ginjal.

Infeksi ginjal ditandai dengan mual, muntah, demam, serta menggigil, sakit punggung, dan sakit pada pangkal paha.

2. Batu Ginjal.

Penyebab sering buang air kecil bisa jadi karena ada masalah lain pada ginjal kamu, misalnya penyakit batu ginjal. Batu ginjal yaitu munculnya batu di dalam ginjal. Gejalanya bisa menimbulkan sakit pada perut bagian bawah, kencing yang keluar sedikit-sedikit disertai rasa nyeri, dan terdapat darah pada urine atau warna urine berubah menjadi gelap atau keruh.

3. Gangguan prostat.

Prostat yang mengalami gangguan juga bisa membuat kamu sering buang air kecil. Misalnya saja prostat yang membesar akan menekan saluran kemih atau uretra dan kemudian akan menutup aliran urin. Sehingga hal ini akan menyebabkan dinding kandung kemih terisitasi, akibatnya kandung kemih akan lebih mudah mengalami kontraksi (ingin mengeluarkan air kencing) walaupun cuma sedikit.

4. Diabetes.

Penyakit diabetes juga bisa menjadi faktor kamu mengalami buang air yang telalu sering. Hal ini terjadi karena tubuh secara alami akan berusaha membersihkan glukosa yang tidak terpakai di darah melalui urine.

5. Stroke.

Penyakit stroke atau rusaknya saraf yang mengatur fungsi kandung kemih juga dapat memicu seringnya buang air kecil.

Nah, itulah 5 kondisi medis yang bisa menyebabkan terlalu sering buang air kecil. Jika kamu mengalami kondisi di atas, sebaiknya segera perikasakan ke dokter.