×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
NURTIYANA RAMADHANI

01 September 2021 14:30

Sering bekerja di atas tempat tidur? Waspadai 5 dampak buruknya

Bekerja di atas tempat tidur bukanlah ide yang baik. Yuk, segera hentikan kebiasaan ini..

Sering bekerja di atas tempat tidur? Waspadai 5 dampak buruknya

0



 

Mengerjakan tugas kuliah atau tugas kantor saat sedang Work From Home (WFH) gini enaknya di atas tempat tidur aja kali ya? Biar bisa langsung rebahan kalau sudah mulai lelah.

Ide untuk bekerja di atas tempat tidur mungkin sering terlintas di pikiran kita. Sambil ditemani secangkir teh dan makanan ringan.

Tapi tunggu dulu, ternyata bekerja di atas tempat tidur bukanlah ide yang baik. Bahkan, jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan, mulai sekarang cobalah untuk menghentikannya.

Berikut ini lima dampak buruk jika kamu sering bekerja di atas tempat tidur.

Loading...

1. Menurunkan produktivitas.

Kamar tidur biasanya identik dengan suasana dan interior yang memberikan kesan nyaman dan rileks. Hal ini menyebabkan kita cenderung untuk bersantai dan beristirahat saat berada di atas tempat tidur.

Seorang psikoterapis dan terapis, Annie Miller bahkan mengasosiasikan tempat tidur sebagai isyarat untuk tidur. Jika seseorang bekerja di atas tempat tidur, maka dia telah melemahkan asosiasi ini.

Ketika kamu memutuskan untuk bekerja di atas tempat tidur, maka produktivitas mungkin akan menurun. Karena, kamu akan cenderung merasa nyaman dan rileks sehingga menimbulkan keinginan untuk bersantai dan beristirahat walaupun baru bekerja beberapa menit saja.

2. Memengaruhi kebersihan kamar.

Walaupun kamu yakin jika remahan keripikmu tidak jatuh di atas tempat tidur, tapi mungkin kamu tidak menyadari bahwa ada benda hidup yang bersarang di atas tempat tidurmu.

Menurut seorang dokter kulit, Alok Vij dalam wawancara dengan Klinik Cleveland, sel kulit mati kita yang mengelupas setiap hari dapat memberi makan 1 juta tungau. Padahal, hanya dalam semalam, 15 juta sel kulit mati dilepaskan dari tubuh kita.

Bayangkan jika waktu yang kamu habiskan di atas tempat tidur meningkat, otomatis sel kulit mati yang terlepas dari tubuhmu juga bertambah. Tungau-tungau pun jadi semakin betah.

3. Penurunan kualitas hubungan.

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin satu mengenai suasana kamar, maka sebaiknya tempat tidur tidak digunakan untuk bekerja. Sebagian besar pasangan akan menggunakan kamar sebagai tempat yang privat untuk beraktivitas seperti bersenda gurau, bertukar cerita dan hal lainnya di atas tempat tidur. Jika kamu bekerja di atas tempat tidur, maka tak dapat dipungkiri bahwa pasanganmu akan merasa diabaikan.

Bahkan dalam sebuah penelitian, menyebutkan bahwa gangguan ponsel saat sedang bersama pasangan dapat menurunkan kepuasan hubungan.

4. Mengganggu postur tubuh.

Bekerja dengan posisi duduk dan menghadap ke layar monitor dalam waktu yang lama, tentu membutuhkan tempat yang tepat. Jika posisi duduk kita salah, maka hal tersebut akan berdampak pada postur tubuh kita.

Sadarkah kamu, jika tempat tidur memiliki permukaan yang tidak rata? Permukaan yang tidak rata ini akan menyebabkan posisi tubuh tidak seimbang.

Selain itu, duduk di atas tempat tidur sambil bekerja akan membuat punggung jadi melengkung. Jika kebiasaan ini tidak segera dihentikan, bukan tidak mungkin postur tubuh kita akan terganggu.

5. Kualitas tidur menurun.

Apakah kamu terbiasa mengoperasikan HP atau PC sebelum tidur? Ternyata, berdasarkan penelitian, kebiasaan ini dapat menurunkan produksi hormon melatonin.

Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal. Hormon ini berfungsi untuk memberi sinyal kepada tubuh kapan untuk tidur. Fungsi ini dapat terhambat oleh sinar biru yang dipancarkan oleh HP atau PC sehingga dapat menyebabkan insomnia, kelelahan dan mudah marah.

Nah, setelah kamu mengetahui lima dampak buruk bekerja di atas tempat tidur, maka mulai sekarang jangan lakukan kebiasaan itu lagi ya.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

workfromhome bekerjadiatastempattidur bekerjadarirumah kesehatanbadan semangat bekerja
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top