×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Salma Devi Khoirunnisa

23 Juli 2021 16:03

Serba-serbi vaksinasi Covid-19 pada masa pandemi

Kedatangan Covid-19 tentu saja membuat seluruh dunia khawatir, termasuk Indonesia. Lalu, bagaimana solusinya?.

Serba-serbi vaksinasi Covid-19 pada masa pandemi

0



Foto: cottonbro dari Pexels

Seperti yang kita ketahui bahwa di berbagai belahan dunia saat ini sedang digemparkan dengan adanya Covid-19, termasuk salah satunya di Indonesia yang hadir sejak bulan Maret 2020 lalu. Pada masa seperti ini, Covid-19 tentunya sangat mengkhawatirkan bagi masyarakat.

Covid-19 ini sendiri merupakan virus yang menular baik dengan kontak fisik maupun pernapasan. Maka dari itu pentingnya bagi kita untuk menjaga kebersihan, mengurangi kontak fisik dengan orang-orang, dan menjauhi keramaian. Apalagi hingga saat ini virus Covid-19 di Indonesia sudah mencapai lebih dari 2 juta kasus.

Covid-19 ini memiliki tiga varian yang berbeda, seperti yang dilansir dari halodoc.com, tiga varian tersebut yaitu Alpha, Beta, dan Delta. Varian-varian ini pertama kali ditemukan di berbagai belahan dunia, seperti varian Alpha ditemukan pertama kali di Inggris, varian Beta di Afrika Selatan dan varian Delta di India. Varian Delta merupakan varian yang lebih gampang menular dibandingkan dengan varian-varian lainnya. Bahkan disebutkan bahwa varian Delta ini walau sudah divaksinasi dengan dua dosis tetap masih kurang efektif untuk dilawan. Tetapi, dengan vaksinasi Covid-19 setidaknya kita dapat mengurangi dampak lebih buruk dari yang seharusnya.

Secara umum vaksinasi merupakan salah satu cara yang berguna untuk dapat mencegah penyakit-penyakit tertentu dan juga menjaga kekebalan tubuh. Seperti salah satunya yaitu vaksin Covid-19. Ini merupakan salah satu cara untuk mencegah terserang dari Covid-19 dan juga menjaga imunitas tubuh.

Pembuatan vaksin Covid-19 ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena dibutuhkan beberapa kali penelitian untuk dapat menghasilkan vaksin yang tepat. Dilansir dari health.detik.com, vaksin Covid-19 tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada hari Minggu, 6 Desember 2020 dengan jumlah vaksin sekitar 1,2 juta vaksin. Vaksin ini memiliki banyak varian tertentu yang berbeda-beda.

Loading...

Hingga saat ini terdapat tujuh varian vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia, yaitu vaksin Sinovac, Bio Farma, Novavax, AstraZeneca, Pfizer, Moderna, dan Sinopharm. Vaksin-vaksin tersebut memiliki perbedaan dari beberapa sisi, contohnya dari segi cara penyimpanan dan cara pendistribusiannya, waktu pemberian dosisnya, asal jenis varian vaksin tersebut dan persen efektivitasnya. Tetapi, rata-rata vaksin tersebut dianjurkan untuk yang berumur 18 tahun ke atas terlebih dahulu, terkecuali vaksin Pfizer yang dianjurkan untuk 16 tahun ke atas. Vaksinasi ini juga memiliki pengecualian-pengecualian tertentu seperti yang baru terkonfirmasi Covid-19, ibu hamil dan menyusui, dan juga memiliki riwayat beberapa penyakit lainnya.

Untuk saat ini baru sekitar 5-6% masyarakat Indonesia yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dengan dosis yang tuntas, sedangkan 13% untuk masyarakat yang melakukan vaksinasi dengan setidaknya satu dosis. Masih cukup jauh dari seluruh populasi masyarakat Indonesia saat ini. Padahal, vaksinasi Covid-19 memiliki manfaat yang sangat berguna bagi masyarakat, di antaranya yaitu dapat mencegah terinfeksi virus Covid-19, dapat mengurangi efek atau gejala yang berat jika terinfeksi Covid-19, dan yang terutama dapat melindungi orang lain untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas lagi.

Vaksinasi dianjurkan dilakukan dengan dosis yang tuntas agar dapat lebih memaksimalkan manfaat-manfaat tersebut. Dan juga harus tetap diikuti dengan mematuhi protokol kesehatan atau 3M (memakai masker, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, dan menjaga jarak).

Tempat pelayanan vaksinasi Covid-19 sekarang sudah dapat ditemukan di berbagai pos pelayanan vaksinasi atau bisa juga di puskesmas daerah masing-masing. Sebelum dilakukannya vaksinasi, kita akan mendapatkan nomor antrean terlebih dahulu dan mengisi data diri. Lalu setelah itu, baru akan dilakukannya penyuntikan vaksinasi Covid-19.

Setelah vaksinasi, biasanya akan menimbulkan efek sementara yang berbeda-beda atau bahkan tidak ada efek sama sekali bagi setiap masyarakat. Untuk harga vaksinasi sendiri, saat ini tidak dipungut biaya sama sekali oleh pemerintah.

Saat ini, dengan banyaknya varian Covid-19 tertentu yang dapat membahayakan tubuh dan sudah adanya vaksinasi Covid-19 secara gratis, harus kita manfaatkan untuk melaksanakan vaksinasi dengan sebaik-baiknya. Apalagi dengan adanya tempat pelayanan kesehatan yang tersedia di berbagai tempat yang mudah dijumpai.

Dengan waktu seperti ini, kita juga harus lebih meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 ini. Bisa dengan memberikan berbagai informasi terkait manfaat-manfaat vaksinasi, pemberitahuan tempat vaksinasi, dan biaya yang dipungut untuk melakukan vaksinasi yaitu secara gratis.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

covid-19 vaksinasi covid vaksincovid19 Covid-19 varian Delta coronavirus
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top