×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Firdaus Deni Febriansyah

25 Januari 2021 14:38

Serba-serbi vaksin Sinovac yang patut kamu ketahui

Indonesia menggunakan vaksin Sinovac untuk mengatasi pandemi Covid 19..

Serba-serbi vaksin Sinovac yang patut kamu ketahui

0



Sebagaimana yang telah diketahui bersama, Indonesia sudah memulai program vaksinasi nasional. Presiden Joko Widodo adalah orang pertama yang disuntikkan vaksin Sinovac dari Cina.

Namun tidak semua masyarakat menyambut gembira program ini. Sebagian orang masih ragu dan bahkan ada yang terang-terangan menolak untuk divaksin dengan beragam alasan. Mulai dari anggapan virus Corona hanyalah konspirasi, vaksin yang tidak berkualitas, takut jarum suntik, dan lain sebagainya. Padahal dengan adanya vaksin bisa menjadi angin segar agar dapat terbebas dari pandemi Covid-19. Nah, berikut beberapa fakta tentang vaksin Sinovac yang patut kamu ketahui.

1. Telah teruji secara klinis.

Vaksin yang telah disuntikkan kepada Presiden Joko Widodo tentu saja sangat aman dan telah teruji secara klinis. Terbukti, setelah penyuntikan tidak terjadi persoalan apa pun dengan Presiden.

Vaksin yang didatangkan dari Cina ini telah mengantongi izin penggunaan darurat dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Dalam arti lain, BPOM telah mengizinkan vaksin Sinovac untuk digunakan. Tentu pemerintah Indonesia tidak mungkin asal menggunakan vaksin jika belum ada izin dari badan atau lembaga yang berwenang.

Loading...

2. Vaksin Sinovac halal.

Vaksin Sinovac telah dinyatakan halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). MUI sendiri telah mengeluarkan fatwa yang berisi bahwasa vaksin Covid 19 Sinovac halal dan dapat dipakai. Hal itu tercantum di dalam Fatwa Nomor 02 Tahun 2021. Jadi tidak hanya teruji secara klinis, vaksin Sinovac juga terbukti halal sehingga bisa digunakan oleh umat muslim di Indonesia.

3. Vaksin Sinovac memiliki efektivitas tinggi di atas standar WHO.

Berdasarkan hasil penelitian dari Badan Pusat Obat dan Makanan, vaksin Covid-19 Sinovac memiliki efektivitas mencapai 65,3%. Angka ini jauh melebihi standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang mensyaratkan vaksin harus punya efektivitas minimal 50%. Dalam arti lain, vaksin Sinovac efektif untuk membentuk antibodi untuk membunuh dan mematikan virus yang ada di dalam tubuh.

4. Tak cuma digunakan oleh Indonesia.

Vaksin yang dipilih pemerintah bukan hanya digunakan di Indonesia saja. Tetapi negara lain seperti Turki dan Brazil juga menggunakan vaksin Sinovac dari Cina ini.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

vaksin sinovac virus corona
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top