Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Ayana Chan

10 Juli 2019 14:20

Serba serbi Tolpit, makanan khas Bantul dengan nama unik dan nyeleneh

Meski namanya unik, namun rasanya nikmat. Kamu harus coba deh!.

Serba serbi Tolpit, makanan khas Bantul dengan nama unik dan nyeleneh

0



Pernah jalan-jalan ke Bantul, Yogyakarta? Kalau kamu pernah berwisata ke sana, pasti kamu pernah dong mencicipi aneka kuliner khas yang ada di sana? Salah satu kuliner unik yang ada disana adalah Tolpit atau Kontol Kejepit. Eits jangan punya pikiran aneh-aneh dulu karena kuliner ini populer banget loh.

1. Ini alasan dinamakan Tolpit.

Tolpit, makanan khas Bantul

Sumber gambar : instagram.com/jogfoodie

Jajanan pasar yang satu ini sebenarnya namanya adalah kue Adrem. Namun di Bantul biasa disebut Tolpit atau Kontol kejepit. Disebut begitu karena bentuknya menyerupai alat kelamin pria, yakni bagian Skrotum yang terjepit. 

Loading...

2. Bahan-bahan dan cara membuat Tolpit.

Tolpit, makanan khas Bantul

Sumber gambar : instagram.com/asterasa

Sekilas kalau dilihat, kue ini mirip dengan kue cucur. Hanya saja Tolpit memiliki bentuk yang dilipat. Cara pembuatannya termasuk mudah loh. Tapi sebelumnya siapkan bahan-bahan seperti gula merah, kelapa parut, dan tepung beras.

Cara membuatnya:

Cairkan dahulu gula merahnya. Campurkan tepung beras dan kelapa parut, kemudian tambahkan gula merah yang sudah dicairkan. Bentuk bulat bulat, kemudian pipihkan diatas daun pisang. Setelah itu goreng dalam minyak panas. Ketika digoreng jepit dengan sumpit supaya terlipat. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Karena bahan-bahannya sederhana, kuliner yang satu ini harganya juga sangat ramah di kantong. Di Bantul, kamu bisa membeli Tolpit dengan harga Rp1.000 rupiah saja per buah. Kalau penasaran ingin mencicipi kuliner unik yang satu ini, kamu bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional di sekitar Bantul, Yogyakarta.

Walaupun namanya terkesan jorok, namun makanan ini mempunyai rasa gurih, manis dan enak. Makanya cobain deh!

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top