×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Nisha Sabila

03 Agustus 2020 16:40

Serba-serbi klepon, jajanan yang viral karena disebut tidak Islami

Klepon merupakan salah satu kue tradisional khas Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu..

Serba-serbi klepon, jajanan yang viral karena disebut tidak Islami

0



Secara umum, klepon adalah kue tradisional khas Indonesia yang terbuat dari tepung ketan, berbentuk bulat kecil-kecil, berisi gula aren cair, dan berbalur taburan kelapa parut yang gurih. Kue ini sudah lama disukai dan digandrungi oleh banyak kalangan usia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Namun beberapa waktu lalu viral di dunia maya bahwa ada promosi poster yang mengatakan kue klepon sebenarnya tidak Islami. Waduh. Pasalnya kelapa parut yang menyelimuti klepon dibilang mirip salju, warna hijaunya pun seperti pohon Natal, dan namanya yang berawal dari "K" mengacu pada agama tertentu. Hmm, ada-ada saja, ya.

Terlepas dari haram tidaknya kue klepon ini, taukah kamu bahwa ada beberapa fakta menarik tentang kue klepon? Simak serba-serbi klepon berikut ini.

1. Sudah ada sejak tahun 1950-an.

Ternyata kue klepon telah ada sejak tahun 1950-an, lho. Klepon ini awal mulanya diperkenalkan oleh seseorang yang berasal dari kota Pasuruan, Jawa Timur. Jajanan ini juga kerap menjadi menu yang tidak hanya ada di restoran Indonesia-Belanda, tetapi juga etnis Tionghoa.

Loading...

2. Memiliki filosofi yang bagus dan mendalam.

Klepon merupakan lambang dari kesederhanaan. Makna itu terlihat jelas dari bahan-bahan sederhana yang digunakan untuk membuatnya. Tak hanya itu, warna hijau pada klepon yang berasal dari daun suji pandan juga melambangkan kesejahteraan dan kesuburan. Makna itu menggambarkan bahwa pulau-pulau di Indonesia memiliki tanah yang subur yang banyak ditumbuhi pepohonan hijau.

3. Mengajarkan tata krama makan yang baik.

Siapa sangka, ternyata kue klepon memiliki pelajaran moral yang bagus yaitu ketika makan jangan dengan mulut terbuka atau sambil berbicara. Isi klepon yang merupakan gula aren cair akan muncrat keluar dari mulut apabila kamu bicara sambil mengunyah. Makna itu sangat terasa ketika kamu makan klepon dengan mulut yang tertutup dan tak sambil berbicara saat mengunyah.

4. Sudah mendunia dan banyak dikenalkan di berbagai negara.

Klepon mulai banyak dikenal masyarakat dunia. Mulai dari masyarakat Jepang yang mengenal klepon dari acara "Indonesia Culinary Festival" pada tahun 2018, masyarakat Boston dari acara "Festival New England Indonesia" pada tahun 2019, dan masyarakat Afrika Selatan dari acara "Festival Asean 2019" pada tahun 2019 tentunya. Wah, keren banget, kan?

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang klepon, kue tradisional khas Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Sekali lagi, terlepas dari haram tidaknya kue klepon ini, semoga kita semua mampu melestarikannya demi menjaga budaya Indonesia sebaik-baiknya, ya?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Klepon Klepon tidak islami Kue tradisional Jajanan indonesia Jajanan tradisional
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top