Gempa bumi dahsyat Tohoku Tsunami & Earthquake 2011 dulu mengubah banyak hal di negara Jepang.Kehancuran berbagai infrastuktur menyusul kematian banyak warga Jepang yang tersapu dan terseret gelombang super dahsyat tsunami. Walau boleh dibilang sudah terbiasa menghadapi berbagai situasi cuaca ekstrim (topan, badai, gempa, tsunami) namun tetap saja Tohoku Tsunami & Earthquake 2011 tercatat sebagai salah satu bencana alam terbesar dan terparah dalam sejarah Jepang.

Tohoku Tsunami Earthquake 2011 menghancurkan berbagai wilayah di bagian Utara Jepang. Meski begitu sudah dikenal sebagai bangsa dengan mentalitas tinggi, warga Jepang mampu segera bangkit dari keterpurukan akibat bencana dahsyat tersebut dan bersatu membangun daerah yang hancur diterjang gempa serta tsunami.

Mereka bahkan melakukannya dalam bentuk persatuan dan perayaan reguler seperti "Tohoku Kizuna Festival" yang bukan saja bertujuan mengenang kejadian, namun lebih ke merajut kebersamaan sesama warga yang terkena dampak Tohoku Tsunami & Earthquake 2011 tersebut.Hal ini tentu merupakan bentuk positif kegiatan warga Jepang pasca sebuah situasi negatif. Negara lain perlu mencontoh sikap seperti ini.

Sempat tertunda, game Disaster Report 4 kini segera rilis

Kejadian gempa dan tsunami Tohoku 2011 juga berpengaruh besar ke industri entertainment seperti video game.Salah satu yang menarik adalah dibatalkannya rilis game Zettai Zetsumei Toshi 4 Plus: Summer Memories untuk platform PlayStation 3.

Sempat tertunda, game Disaster Report 4 kini segera rilis

Ini merupakan situasi kondisional yang serba kebetulan.Zettai Zetsumei Toshi (dalam judul internasionalnya Disaster Report atau SOS: The Final Escape untuk kawasan Eropa) adalah game yang memiliki plot/bercerita soal bencana alam dan tokoh di dalamnya berusaha menyelamatkan diri dari situasi tersebut.

Game ini awalnya merupakan IP milik Irem, perusahaan yang juga memiliki IP game arcade berjenis Shoot-em-Up. IP Zettai Zetsumei Toshi / Disaster Report kini dimiliki oleh Granzella; perusahaan buatan mantan-mantan pegawai Irem sejak Desember 2014.

Game pertama Disaster Report muncul di PlayStation 2 tahun 2002. Setting dalam game berupa kota dan pulau fiksi walau sedikit banyak mencerminkan situasi di Jepang. Relatif kurang begitu sukses selain di Jepang, Zettai Zetsumei mendapatkan sekuel di tahun 2006 dan masih untuk PS2. Seri ketiga diterbitkan hanya untuk PSP dan tidak dijual di luar pasar Jepang. Itu terjadi di tahun 2009. Nah, ini adalah video sample-nya https://www.youtube.com/watch?v=IOCJUbvpOUc

Seri keempat dari Disaster Report awalnya direncanakan terbit 10 Maret 2011, persis satu hari sebelum Tohoku Earthquake & Tsunami 2011 terjadi. Perilisan ditunda oleh Irem sampai musim semi tahun yang sama karena persoalan teknis.Tapi kemudian keesokan harinya terjadilah gempa dan tsunami beneran di bagian Utara Jepang. Sebuah kebetulan yang tentu saja tidak menyenangkan.

Mustahil merilis game soal bencana gempa setelah kejadian gempa betulan. Jadi mereka menunda rencana rilis di musim semi 2011 sampai akhirnya mereka secara mendadak membatalkan rilis game ini secara permanen pada 14 Maret 2011 tanpa keterangan detil.

Sempat tertunda, game Disaster Report 4 kini segera rilis

Pembatalan game ini tidak diterima dengan baik oleh fans.Mereka beralasan kalau pembatalan rilis game yang sudah jadi itu absurd dan mereka mulai melakukan petisi dan tuntutan agar game Disaster Report 4 segera dirilis.Dan mungkin karena desakan fans itulah akhirnya Granzella memutuskan untuk merilis game Zettai Zetsumei Toshi 4 seperti rencana sebelumnya, terutama saat mereka akhirnya mendapatkan hak kepemilikan penuh akan IP ini dari Irem.

Granzella mengumumkan rilis game Disaster Report 4 pada bulan Juni 2018. Platform game pindah ke PlayStation 4 dan fans dapat membeli game ini pada 25 Oktober 2018 di pasaran Jepang.Granzella juga mengumumkan kalau mereka akan merilis demo game di PlayStation Store pada bulan Juli 2018. Berikut ini link video pengumuman trailer di 13:55 https://youtu.be/4Cc67iRV-ik.

Tambahan menarik dari kepastian rilis game ini adalah akan adanya mode VR sehingga pemilik PlayStation VR dapat memainkan Zettai Zetsumei Toshi 4 dalam mode virtual reality yang seru.Tentu saja akan menarik memainkan game tentang bertahan hidup di situasi bencana alam dari sudut pandang VR karena akan menimbulkan sensasi sedang berada di tengah-tengah kejadian.

Hal keren lain adalah adanya endorsement dari Department Pemadam Kebakaran Kobe yang akan memberikan pengetahuan tata cara menghadapi bahaya gempa di dunia nyata seperti yang terjadi di dalam game. Berikut video demo PlayStation VR di 30:15 https://youtu.be/4Cc67iRV-ik

Akan menarik melihat game Disaster Report dengan tampilan grafis generasi terkini dan dalam model virtual reality. Jika kamu pemilik PS4/PSVR, game ini akan jadi koleksi keren. Jangan sampai ketinggalan mencoba game soal bertahan di dalam situasi bencana alam parah. Pasti akan seru dan menegangkan!

Sempat tertunda, game Disaster Report 4 kini segera rilis