Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
DwiS

17 Januari 2020 14:25

Selain pereda stres, ini manfaat lain menulis langsung dengan tangan

Biasakan menulis catatan langsung dengan tangan supaya tubuh dan pikiran tetap sehat..

Selain pereda  stres, ini manfaat lain menulis langsung dengan tangan

0



Foto: pexels.com/Judit Peter

Zaman sekarang teknologi sudah semakin maju, gadget bukan menjadi barang yang asing lagi. Setiap orang seolah menggantungkan segala aktivitasnya melalui smartphone, laptop, komputer, tablet, dan sebagainya. Ingin mengirim pesan, menelepon, mencari informasi tentang banyak hal, jari-jari tangan kita mulai mengetik huruf dan angka di ponsel atau tablet. Menyelesaikan tugas kantor, tinggal mengetik dan menyimpan file-nya di laptop.

Memang, zaman seolah menuntut kita untuk bisa mengetik dengan cepat karena dapat melancarkan pengerjaan tugas dan tentu saja mendukung karir. Kebiasaan mengetik sudah menjadi aktivitas keseharian, bahkan tak sedikit dari orang dewasa sudah jarang menulis dengan tangan langsung di atas kertas. Beda dengan zaman sekolah dulu. Padahal, menulis dengan tangan itu menyimpan banyak sekali manfaat bagi fisik dan mental. Mau tahu apa saja?

Ternyata, menulis menggunakan tangan langsung dapat mengasah kemampuan motorik. Hal ini sangat penting dilakukan dan sebaiknya dari usia kanak-kanak. Selain itu, menulis dengan tangan mempercepat penyembuhan luka fisik setelah seseorang mengalami kejadian traumatik dalam hidupnya. Segala pikiran dan perasaan terpendam dituangkan melalui tulisan tangan tersebut. Hal ini berdasarkan sebuah hasil penelitian di Selandia Baru.

Dikutip dari doktersehat.com, menurut hasil penelitian dari Indiana University di Amerika Serikat, menulis tangan membuat kita lebih mampu berpikir kreatif dan menenangkan. Sel-sel saraf otak lebih aktif. Efek menulis tangan persis seperti meditasi, yaitu menguatkan ingatan, mudah mencerna informasi, dan sanggup meningkatkan konsentrasi.

Salah satu pemenang National Book Award, Robert Stone, mengatakan bahwa menulis tangan membantu kita berpikir lebih jernih, berimajinasi lancar, dan bersemangat dalam mengejar cita-cita.

Loading...

Tidak cukup sampai di situ, menulis manual atau menggunakan tangan memiliki manfaat kesehatan lainnya. Dikutip dari hellosehat.com, Jurnal Advance in Psychiatric Treatment mempublikasikan sebuah hasil penelitian dan menemukan bahwa manfaat kesehatan dari menulis tangan bisa kita nikmati bahkan sampai jangka panjang. Dengan rutin menulis manual, berbagai keuntungan yang bisa kita peroleh seperti membantu fungsi organ hati dan paru-paru bekerja lebih baik, menurunkan tekanan darah, memperbaiki suasana hati hingga meredakan stres ataupun depresi.

Satu lagi, mengutip dari hellosehat.com, sebuah hasil studi “Applied Psychology: Health and Wellbeing”, menemukan bahwa ketika kita bersyukur dan menuliskan segala hal tersebut selama kita-kira 15 menit saja, bisa membantu meningkatkan kualitas tidur malam. Jadi, buat kamu yang ingin mendapatkan tidur nyenyak di malam hari, sebelum memejamkan mata, segera ambil pulpen, tulislah segala nikmat yang telah Tuhan berikan kepadamu. Dengan membawa perasaan damai, semoga membantumu cepat terlelap.

 

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Menulis tangan Mencatat di kertas Kesehatan Kebiasaan sehat Tulisan
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top