Dunia medis kembali kehilangan salah satu putera terbaiknya. Pakar seks, Naek L Tobing menghebuskan napas terakhirnya pada hari Senin, 6 April 2020.

Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dokter Halik Malik mengatakan, Naek positif terinfeksi virus Corona (Covid-19). Naek diketahui mengembuskan napas terakhir pada usia 79 tahun.

"Dr Naek L Tobing, SpKJ. Meninggal dunia di RSPP. Swab test PCR positive Covid-19. Ini info dari IDI Wilayah DKI Jakarta," ungkap dokter Halik Malik.

Naek adalah seorang dokter spesialis kedokteran jiwa. Dia sudah malang melintang di dunia medis Indonesia. Di dunia kedokteran dia berfokus pada ilmu reproduksi seksual. Dia juga aktif menggencarkan kesehatan seksual di Indonesia sejak lama.

Menurut data IDI, mendiang Naek L. Tobing menjadi dokter ke-19 yang meninggal akibat virus Corona. Ia menghembuskan napas terakhir setelah didiagnosis positif virus Coronadan PDPvirus Corona. Oleh karena itu ID akan membentuk tim audit untuk menelusuri secara lengkap kematian dokter yang menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19.

Naek L. Tobing yang lahir pada 14 Agustus 1940 dikenal sebagai dokter yang paham soal kesehatan jiwa dan soal kehidupan 'ranjang'.Gelar yang disandang Naek sebagai seorang Spesialis Kesehatan Jiwa (SpKJ), namun dia juga menyandang gelar Certified Sex Educator setelah tamat dari University of Minnesota, Amerika Serikat pada 1983.

Dirinya eksis di tengah anggapan bahwa seksualitas itu tabu dan tidak layak dibicarakan. Ia pun banyak menulis di majalah maupun harian berskala nasional tentang seks.