×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Istimrora Raka

11 November 2019 12:00

Segera ubah 7 rutinitas pagi ini agar hidup lebih sehat

Kebanyakan terlihat seperti hal remeh, tapi sebenarnya justru sangat penting diperhatikan..

Segera ubah 7 rutinitas pagi ini agar hidup lebih sehat

0



“Bangun tidur ku terus mandi. Tidak lupa menggosok gigi. Habis mandi ku tolong Ibu, membersihkan tempat tidurku.”

Kalau kalian tidak asing dengan penggalan lirik lagu di atas, berarti masa kecil kalian bahagia, hehe. Kalau diperhatikan penggalan lirik di atas juga mengandung poin-poin ynag harus kita lakukan saat bangun tidur di pagi hari. Tapi tahukah kalian, ternyata beberapa kebiasaan setelah bangun tidur itu ternyata tidak semuanya baik, lho. Ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang ternyata malah harus kita ubah secepatnya mulai sekarang untuk membuat hidup lebih sehat. Apa saja kebiasaan tersebut? Yuk pantengin terus artikel ini. 

1. Tidak mandi pagi.

Mandi Pagi

Setiap hari kita akan menghadapi serangkaian pertanyaan (baik yang terkait dengan pekerjaan maupun yang lain) yang harus kita jawab sepanjang hari. Menurut seorang dokter dari Harvard, mandi pagi membuat kita lebih mudah mencari solusi karena membantu otak menjadi aktif dan kecil kemungkinannya untuk terganggu oleh faktor-faktor luar. Mandi memungkinkan otak untuk menghasilkan ide-ide baru dan tidak biasa. Inilah sebabnya mengapa kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mandi ketika bangun tidur.

Loading...

2. Mandi memakai air panas.

Mandi Air Panas

Karena air panas memiliki efek relaksasi, mandi air panas di pagi hari akan membuatmu ingin leyeh-leyeh kembali ke tempat tidur. Mandi pagi dengan dingin memiliki beberapa keuntungan daripada mandi dengan air panas. Ini membantumu merasa lebih segar, merangsang aktivitas otak dan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih optimal. Air dingin, tidak seperti air panas, tidak membuat kulit kering. Menurut para ilmuwan, orang yang mandi air dingin secara teratur dapat kehilangan sekitar 9 lb setahun.

3. Main HP lama-lama.

Main HP

Media sosial adalah alasan utama mengapa mayoritas orang zaman now langsung mengecek ponsel setelah bangun tidur di pagi hari. Cara kita menghabiskan hari tergantung pada bagaimana kita mengawali pagi kita. Yang suka mengomentari orang, berhentilah membuang-buang waktu mengurusi kehidupan orang lain, membaca komentar dan pendapat mereka, dan sebaliknya, habiskan waktu pagimu untuk diri sendiri. Lebih baik menyalakan musik favoritmu, menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang-orang yang dicintai, atau memasak sarapan yang lezat dan sehat.

4. Makan sereal.

Satu porsi sereal biasa (50 gram) mengandung sekitar 4 sdm gula. Banyak gula di pagi hari menyebabkan masuknya insulin ke dalam darah, dan ketika efeknya habis, kamu menjadi lelah dan mengakibatkan sakit perut. Susu, yogurt, dan buah segar ketika ditambahkan ke sereal juga tidak sehat untuk dikonsumsi di pagi hari. Jadi yang terbaik adalah menjauhi semua itu.

Seorang ahli diet terkenal, Chelsey Amer, baru-baru ini mengatakan bahwa lebih sehat untuk makan sepotong pizza di pagi hari daripada semangkuk sereal. Pizza mengandung protein, lemak, dan karbohidrat, menjadikannya sarapan yang seimbang. Kalau orang Indonesia sih harus pakai nasi baru bisa dikatakan makan. Betul tidak?

5. Sikat gigi langsung setelah makan.

Makan Sereal

Setelah makan makanan, enamel pada gigi kita menjadi rentan, terutama jika makan buah, jeruk, atau minum soda karena itu semua mengandung asam sitrat dan asam fosfat. Yang harus kamu lakukan sebagai gantinya adalah mencuci mulutmu dengan air dan menghapus sisa makanan dengan benang gigi. Cobalah menyikat gigi sekitar 30 menit setelah makan makanan apa pun.

6. Minum kopi hitam.

Minum Kopi Hitam

Meminum kopi hitam tepat setelah bangun tidur membuat kadar kortisol menjadi tinggi sehingga menyebabkan kecemasan. Dan jika kamu minum kopi saat lapar, kamu bisa terkena gastritis. Penelitian menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk minum secangkir kopi pertama dalam suatu hari adalah tiga atau empat jam setelah bangun tidur. Namun, jika tidak tahan untuk tidak minum kopi di pagi hari, tambahkan sedikit susu atau krim ke dalamnya. Dengan cara ini akan mengurangi efek keras dari minuman tersebut pada perut.

7. Merapikan tempat tidur.

Merapikan Tempat Tidur

Loh bukannya baik ya kalau langsung merapikan tempat tidur setelah kita bangun? Ternyata tidak juga, lho. Ketika tempat tidur langsung dirapikan tepat setelah kita bangun, malah akan menciptakan lingkungan yang baik untuk tungau debu, karena kelembapan yang ditinggalkan tubuh kita pada seprai saat malam hari tidak memiliki kesempatan untuk menguap. Para ilmuwan merekomendasikan untuk sepenuhnya memindahkan selimut dari kasur setelah kita bangun untuk membiarkan seprai mengering dan kuman-kuman menguap terlebih dahulu.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

tidur bangun pagi lifestyle gaya hidup
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top