×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
LiaA

11 November 2019 11:12

Salar De Uyuni atau Uyuni Salt Flat, cermin alami terbesar di dunia

Ini waktu yang tepat dan cara untuk mengunjungi Salar de Uyuni yang terletak di Bolivia, Amerika Selatan. .

Salar De Uyuni atau Uyuni Salt Flat, cermin alami terbesar di dunia

0



 

Salar de Uyuni merupakan danau garam terbesar di dunia. Jika kamu pernah bermimpi berjalan di atas awan, hal tersebut bisa jadi kenyataan kalau melangkahkan kaki di atas danau ini. Hamparan danau yang seperti cermin raksasa ini seolah membuat langit dan bumi tanpa batas, bagaikan cermin menampilkan apa yang ada di hadapanya secara menakjubkan.

Danau ini merupakan bentukan dari danau purbakala yang mengering, yaitu Danau Minchin. Danau Minchin mengering secara bertahap dan terbagi menjadi dua danau, yaitu Danau Poopo dan danau yang masih ada sampai saat ini, yaitu Danau Uru Uru. Sisa danau yang lain mengering dan berubah menjadi padang garam raksasa.

Salar de Uyuni terletak di bagian tenggara pegunungan Andes, dengan ketinggian 3.656 meter di atas permukaan laut (mdpl), dengan luas kurang lebih 4.086 kilometer persegi. Uyuni sendiri merupakan kota kecil yang berlokasi di bagian tenggara Bolivia.

Bolivia merupakan negara yang terletak di Amerika Selatan yang di sebelah utara dan timurnya berbatasan dengan Brazil, bagian selatan berbatasan dengan Paraguay dan Argentina, serta bagian baratnya berbatasan dengan Chili dan Peru. Berikut ulasan mengenai Salar De Uyuni yang dirangkum dari berbagai sumber.

Loading...

Kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Salar de Uyuni?

Uyuni memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim panas (kering). Musim hujan biasanya dimulai pada bulan Desember sampai April. Hujan yang turun akan menggenangi danau garam dan akan mengubah Salar de Uyuni menjadi cermin raksasa yang merefleksikan cakrawala dengan indahnya. Sayangnya kamu tidak bisa mengunjungi Cactus Island (Isla Incahuasi) ataupun Fish Island (Isla del Pescado) pada musim ini karena akses tertutup lapisan air sehingga tidak terlihat. Cactus Island dan Fish Island merupakan bukit kecil yang dipenuhi banyak tanaman Cactus dan batuan yang menjulang tinggi.

Laguna Colorada

Laguna Colorado dengan pemandangan danau dan burung  Flaminggo yang mempesona

Musim panas akan dimulai pada bulan Mei sampai bulan November. Biasanya suhu udara akan menjadi lebih dingin dengan kisaran temperatur 15 sampai 27 derajat Celcius pada siang hari dan kisaran 0 sampai -15 derajat Celcius pada malam hari. 

Salar de Uyuni di Musim Panas

Pola Polygonal yang muncul ketika musim panas

Salar de Uyuni menjadi kering, dan pola polygonal (segi lima) akan muncul dari permukaan danau garam. Selain itu pada musim panas kamu bisa  menuju Cactus Island (Isla Incahuasi) atau Fish Island (Isla del Pescado), karena akses menuju dua pulau tersebut hanya muncul pada musim ini.

Cactus island

Cactus island ditengah padang garam

Bagaimana cara mencapai Salar De Uyuni?

Ada banyak metode yang bisa dipilih untuk mencapai lokasi ini. Pilihannya menggunakan bus, jeep rental, pesawat, kereta bahkan ada yang lebih ekstrem menggunakan sepeda untuk bisa mencapainya.

1. Travel bus dari La Paz ke Uyuni.

Cara yang cukup murah dan umum untuk mencapai danau Uyuni adalah dengan menggunakan overnight bus dari La Paz ke Uyuni. Perjalanannya kira-kira memakan waktu 8 jam. Tiket bisa dibeli secara online atau langsung. Harga tiket bervariasi tergantung jarak dan tipe atau kelas bus.

2. Flight dari La Paz ke Uyuni.

Cara yang lebih cepat dan mudah menuju Uyuni yaitu dengan mengunakan pesawat dari La Paz menuju Airport Joya Andina di Uyuni. Perjalanan kira-kira menempuh kurang lebih 50 menit. Airlines Amazonas dan Boliviano de Aviacion merupakan maskapai utama yang melayani rute penerbangan La Paz dan Uyuni. Untuk harga tiket sendiri fluktuatif, bergantung dari banyaknya permintaan dan penawaran. Ada baiknya untuk memesan tiket lebih awal untuk memastikan mendapat harga yang terbaik.

3. Jeep rental.

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika memilih menggunakan jasa jeep rental ini. Kamu harus benar-benar memastikan rute yang akan dilalui. Di mana saja akan melakukan pemberhentian, apakah entry fee serta makan dan minum sudah termasuk dalam harga sewa, dan yang tak kalah penting yaitu mengecek kondisi kendaraan serta driver yang akan memandu kamu.

berjalan diatas awan

Bagikan berjalan di atas awan

langit dan bumi tanpa batas

Bumi dan langit bagaikan tanpa batas

Nah, sekian ulasan mengenai Salar de Uyuni, si cermin alami terbesar di dunia.

 

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top