×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Abim Manyu

10 Juli 2020 13:32

Rusty spotted cat, ras kucing terkecil di Asia yang menggemaskan

Saking kecilnya, ukuran kucing ini sama dengan daun..

Rusty spotted cat, ras kucing terkecil di Asia yang menggemaskan

0



Kamu yang mengaku pencinta kucing, sudah pernah dengar nama Rusty-spotted cat belum? Kucing bertotol hitam dengan nama ilmiah Prionailurus rubiginosus ini merupakan salah satu jenis kucing terkecil di dunia, lho.

Rusty spotted cat, ras kucing terkecil di Asia yang menggemaskan

Kucing P. rubiginosus berasal dari India dan Sri Langka. Di sana masyarakat setempat dapat menemukan kucing ini di daerah pegunungan, padang rumput, hutan, dan wilayah kasar yang memiliki banyak semak dan batu-batuan. 

Meski demikian, ukuran tubuhnya yang begitu kecil membuat kucing ini sangat sulit ditemukan, terlebih lagi kucing ini memang berstatus terancam punah. Sehingga kucing ini lebih banyak ditemukan di kebun binatang lokal.

Rusty spotted cat, ras kucing terkecil di Asia yang menggemaskan

Loading...

Kucing P. rubiginosus yang baru lahir memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda dari bayi tikus. Saat beranjak dewasa, P. rubiginosus memiliki panjang 35 cm sampai 48 cm dengan tinggi 20 cm dan berat 1 kg hingga 1,6 kg.

Bila dibandingkan dengan kucing biasa, ukuran kucing ini hanya sedikit lebih besar dari kitten atau bayi kucing. Bahkan saking kecilnya, tak jarang ditemukan P. rubiginosis seukuran daun.

Meski memiliki ukuran yang sangat kecil, kucing ini memiliki penglihatan enam kali lebih tajam dari manusia. Kemampuan melihatnya digunakan untuk berburu mangsa seperti burung, kadal, katak, dan serangga. Terkadang ia juga mengonsumsi ayam.

Rusty spotted cat, ras kucing terkecil di Asia yang menggemaskan

Ukurannya yang sangat kecil juga membuat P. rubiginosus mampu menyelinap dan bergerak sangat cepat. Ia juga sangat pandai dalam mendaki dan memanjat pohon.

Sayangnya, populasi kucing P. rubiginosus semakin berkurang setiap tahunnya. Saat ini dikabarkan jumlah populasi kucing P. rubiginosus di bawah 10.000 ekor yang tersebar di Sri Langka dan India.

Hal ini dikarenakan lambatnya jumlah pertumbuhan kucing tersebut. P. rubiginosus umumnya hanya melahirkan satu anak dalam sekali lahir, kadang tiga namun sangat jarang. 

Rusty spotted cat, ras kucing terkecil di Asia yang menggemaskan

Selain itu, P. rubiginosus yang bisa dikawinsilangkan dengan kucing domestik membuat kucing ini semakin langka. Kucing rusty-spotted murni terlahir dari induk yang memiliki ras sama. Bila dikawinsilangkan dengan kucing domestik maka akan menghasilkan kucing yang memiliki DNA rusty soptted cat, namun tetap digolongkan ke dalam kucing domestik. 

Berkurangnya habitat serta sering diburu oleh manusia yang tidak bertanggung jawab juga membuat kucing ini terancam punah. Bagaimana pendapat kamu?

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

kucing viral binatang hewan aneh
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top