Di tengah merebaknya virus Corona, kita sebaiknya mengikuti himbauan pemerintah agar terhindar dari serangan virus Covid-19. Banyak hal yang bisa dilakukan, seperti melakukan social distancing dan rajin cuci tangan setiap habis beraktivitas.

Tak kalah penting di masa Work From Home (WFH) ini, kita harus menjaga asupan makanan yang bergizi agar tubuh tetap fit dan bugar. Bagusnya lagi kita bisa menyediakan sumber makanan yang mengandung gizi yang mampu membangkitkan imunitas (kekebalan) agar dapat menghalau segala penyakit.

Salah satu masakan yang direkomendasikan oleh Balai Kesehatan Tawangmangu adalah dengan mengonsumsi Som Jawa. Apa itu tanaman Som Jawa? Barangkali dari pembaca sekalian baru mendengar nama tanaman ini? Yuk, kenalan dengan tanaman yang satu ini.

Resep tumis Som Jawa, tingkatkan imunitas tubuh saat pandemi Corona

Tanaman Som Jawa / Foto: satuharapan.com

Dalam situs utakatikkotak.com, tanaman Som Jawa juga dikenal dengan ginseng Jawa. Pada umumnya bagian yang dipakai adalah bagian daunnya. Tanaman Som Jawa bernama ilmiah Talinum paniculatum. Dikenal juga dengan nama Kolesom Jawa. Som Jawa termasuk ke dalam suku Talinaceae.

Dijelaskan dalam situs utakatikkotak.com, bahwa Som Jawa mengandung saponin yang dapat memperlancara pembuluh darah.Dengan modal pembuluh darah yang lancar tentu akan membuat peredaran sari-sari makanan tersebar secara sempurna, sehingga asupan gizi setiap sel terpenuhi dengan baik. Energi ATP dari pemecahan makanan akan digunakan kekuatan atau sumber tenaga bagi tubuh.

Bagaimana cara membuat olahan Som Jawa menjadi obat yang berkhasiat sebagai penguat imunitas tubuh? Dalam buku Olahan Sehat Berkhasiat Obat, tumis Som Jawa bisa jadi alternatif untuk membangkitkan imunitas di saat pandemi Corona sekarang ini. Tanaman ini berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan menambah daya tahan tubuh, serta berkhasiat sebagai aprodisiak.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat tumis Som Jawa.

Bahan:

150 gram daun Som Jawa, 200 g daging ayam tanpa lemak.

Bumbu:

-3 siung bawang putih, diiris tipis

- 4 siung bawang merah, diiris tipis

- 2 sdm kecap manis

- 1 sdm kecap asin

- 1/2 sdt garam

- 2 sdm minyak sayur

- Air secukupnya

Cara membuat:

- Panaskan minyak wijen, tumis bawang putih dan bawang merah sampai wangi.

-Masukkan daging ayam, kecap manis, kecap asin, garam dan tuang sedikit air. Masak sampai ayam matang.

-Masukkan daun Som Jawa, aduk dan masak sebentar. Angkat dan hidangkan.

Mudah bukan cara buatnya? Silakan coba memasaknya di rumah. Mudah-mudahan kita selalu diberi kesehatan dan imunitas yang kuat dalam menghadapi Corona ini.