Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Rania Mufidah

13 November 2019 12:41

Resep membuat roti ganjel rel, kuliner tradisional khas Semarang

Jika berkunjung ke Semarang jangan lupa mencoba kuliner roti ganjel rel..

Resep membuat roti ganjel rel, kuliner tradisional khas Semarang

0



Pada zaman sekarang telah banyak makanan cepat saji yang mampu mengalihkan perhatian masyarakat dari makanan khas daerah. Bahkan mungkin banyak yang telah melupakan makanan khas daerah dan lebih memilih makanan cepat saji.

Apakah kamu pernah mendengar roti ganjel rel? Nah, inilah salah satu makanan khas daerah yang jarang diketahui oleh masyarakat zaman sekarang.

Roti ganjel rel merupakan salah satu makanan khas dari Semarang, Jawa Tengah. Roti ini sudah jarang ditemui. Kamu hanya bisa menemukannya di pasar tradisional dan mencarinya pun harus blusukan.

Roti ini memang tidak terkenal seperti roti lain karena memiliki tekstur yang tidak lembut, padat, dan ulet sehingga agak alot atau bantat dan sulit untuk dikonsumsi. Namun kamu tidak perlu khawatir untuk mencobanya. Saat ini roti ganjel rel telah dimodifikasi teksturnya oleh para produsen sehingga dapat dinikmati dengan enak. Menurut para ahli, tekstur yang alot pada roti ganjel rel ini sangat baik bagi pencernaan.

Roti ganjel rel ini berbentuk kotak dan berwarna cokelat serta bertabur wijen di atasnya. Roti ini memiliki cita rasa yang khas yaitu, tekstur yang padat serta ulet dipadu dengan aroma cokelat serta kayu manis mampu membuat para konsumennya ketagihan. Hanya memakan dua potong dari roti ini saja mampu mengenyangkan perut kamu.

Loading...

Roti khas Semarang ini biasanya sering muncul pada perayaan Dugderan, yaitu perayaan pembagian roti untuk masyarakat Semarang menjelang Ramadan. Roti khas ini sangat digemari oleh masyarakat Semarang, bahkan ketika ada perayaan Dugderan masyarakat Semarang rela berdesak-desakan untuk mendapatkan roti ganjel rel yang dipercaya mampu memperkuat diri untuk menjalankan puasa.

Konon, roti ini merupakan peninggalan orang-orang zaman Belanda. Pada zaman Belanda roti ini sering dikonsumsi oleh noni Belanda bersama dengan teh. Zaman Belanda dulu, roti ini disebut dengan roti gambang karena bentuknya mirip alat musik gambang. Namun masyarakat Semarang lebih mengenalnya dengan roti ganjel rel. Masyarakat Semarang menyebutnya roti ganjel rel karena bentuknya seperti ganjel rel atau bantalan rel kereta api.

Sekarang kamu tahu, kan, apa itu roti ganjel rel? Agar kamu tidak sekadar tahu, yuk simak cara pembuatannya. Kamu pasti bisa mencobanya di rumah. Berikut bahan dan cara pembuatan roti ganjel rel.

Bahan-bahan:

1. 1 butir telur

2. 150 ml air

3. 50 gram gula pasir

4. 150 gram gula aren/gula jawa

5. 400 gram tepung terigu yang berprotein sedang

6. 100 gram margarine

7. 1 sdm susu bubuk

8. 1 sdt garam

9. 100 gram mentega

10. 2 sdt bubuk kayu manis

11. 1 sdt soda kue

12. 3 sdm wijen

13. 1 sdt baking soda

Cara membuat:

1. Rebuslah bahan gula merah bersamaan dengan gula pasir dalam air yang mendidih.

2. Campurkan tepung terigu dengan gula pasir, susu bubuk, baking            powder, soda kue, garam, dan bubuk kayu manis hingga merata.

3. Masukkan telur, margarine dan gula jawa yang sudah direbus tadi,        campur hingga merata.

4. Aduk dan uleni adonan hingga kalis.

5. Letakkan adonan di dalam tempat atau baskom, tutup menggunakan      serbet basah selama 30 menit.

6. Masukkan adonan roti ini ke dalam loyang dan di atas roti diolesi            dengan margarine.

7. Olesi dengan air dan taburi wijen.

8. Panggang roti ini pada oven dengan menggunakan suhu 170o C            sampai roti ini terlihat kuning kecokelatan. Angkat dan sajikan.

Memang tidak begitu mudah dan butuh proses dalam membuat roti ganjel rel. Namun hasilnya nanti mampu kamu nikmati dan membuatmu puas. Cobalah membuatnya sebagai salah satu bukti kamu telah melestarikan makanan khas Indonesia.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

ganjel rel roti gambang
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top