×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
erika saskia

01 Desember 2020 13:55

Resensi buku Metode Penelitian Survei oleh Morissan

Survei dapat dilakukan untuk berbagai penelitian, baik yang bertujuan deskriptif, eksplanatif, dan eksploratif..

Resensi buku Metode Penelitian Survei oleh Morissan

0



Metode survei sering kali digunakan dalam ilmu sosial untuk membantu melakukan pengamatan terhadap suatu fenomena sosial. Survei dapat dilakukan untuk berbagai penelitian, baik yang bertujuan deskriptif, eksplanatif, dan eksploratif. Penelitian survei merupakan salah satu metode terbaik yang tersedia bagi para peneliti sosial yang tertarik untuk mengumpulkan data guna menjelaskan suatu populasi yang terlalu besar untuk diamati secara langsung.

Buku Metode Penelitian Survei setebal 433 halaman yang diterbitkan Prenadamedia Group (Divisi Kencana) pada 2012 ini ditulis oleh Morissan Ph.D.. Saat ini Morissan bekerja sebagai dosen di Fakultas Komunikasi Universitas Mercu Buana di Jakarta. Sejauh ini Morissan telah menghasilkan sepuluh publikasi berbahasa Indonesia dalam hal komunikasi dan hubungan masyarakat.

Kemampuan, pengetahuan, dan keahlian di bidang penelitian survei diperlukan oleh para peneliti agar meningkatkan kualitas dan kredibilitas hasil penelitian. Hal ini juga ditunjukkan oleh banyaknya hasil survei yang dikemukakan berbagai lembaga survei di Indonesia, khususnya pendapat di masyarakat yang sering kali berbeda-beda, dan bahkan bertolak belakang satu sama lain. Untuk itu perlu adanya suatu panduan belajar, referensi, pedoman bagi mahasiswa Ilmu sosial yang hendak melakukan penelitian untuk tugas akhir ataupun untuk kepentingan tertentu dalam memahami metode penelitian survei mengingat sebenarnya metode survei dapat sangat membantu pengumpulan data guna untuk menjawab pertanyaan dalam suatu penelitian. Panduan belajar atau referensi haruslah mampu menunjukkan bagaimana pengaplikasian metode survei dalam penelitian sosial sehingga mahasiswa dapat memperoleh data yang menunjang untuk menjawab pertanyaan pada penelitiannya.

Tentang buku Metode Penelitian Survei

Pemilihan judul buku ditulis secara singkat dan berkaitan dengan isi buku. Desain cover-nya pun sederhana dan terlihat minimalis. Buku ini ditulis secara sistematis dan menjelaskan secara detail langkah langkah metode penelitian survei. Selain itu, terdapat pula rumus-rumus dan ilustrasi yang berkaitan dengan metode penelitian survei yang dapat digunakan sebagai acuan pembaca sebagai peneliti untuk membuat sebuah penelitian.

Buku Metode Penelitian Survei ini disusun dalam sepuluh bab. Dimulai dari BAB 1 Pendahuluan, BAB 2 Populasi dan Sampel, BAB 3 Ukuran dan Kesalahan Sampel, BAB 4 Penelitian Survei, BAB 5 Statistik Untuk Survei, BAB 6 Uji Hipotesis, BAB 7 Statistik Nonparametik, BAB 8 Statistik Parametik, BAB 9 Analisis Varian (Anova), dan BAB 10 Statistik Korelasi dan Regresi. Pada bagian awal bab, penulis menjelaskan tentang dua jenis survei, yaitu deskriptif dan analisis beserta keunggulan dan kelemahannya. Pembahasan berikutnya adalah tentang memilih bentuk pertanyaan yang akan digunakan dalam kuesioner.

Loading...

Penulis menjelaskan tentang dasar-dasar penelitian seperti metode ilmiah dan landasan penelitian, hubungan variable, unit analisis, serta konseptualisasi dan pengukuran. Pada awal bab ini penulis menjabarkan tentang metode ilmiah agar menghasilkan penelitian yang baik dengan memahami karakteristik metode ilmiah, yaitu terbuka, objektif, empiris, sistematis dan prediktif yang kemudian penulis melanjutkan bab satu dengan menjelaskan dasar-dasar penelitian langkah-langkah dan tujuan penelitian hingga pengukuran validitas dan reliabilitas datanya.

Buku ini dilengkapi dengan ilmu statistik, mulai dari pengertian dasar tentang statistik, populasi dan sampel, kesalahan sampling dan metode penarikan sampel, ukuran kesalahan sampel, distibusi sampling, penelitian survei seperti survei deskriptif dan analitis, mendesain kuesioner, pengumpulan data, statistik untuk survei seperti statistik deskriptif, karakteristik data, skor-z, kurva normal, uji signifikansi, kesalahan, statistik parametrik dan nonparametrik, statistik korelasi dan regresi, dan anlisis varian.

Tujuan dari setiap penelitian adalah untuk mengetahui jaawaban yang muncul di pikiran dan jawaban atau temuan yang diperoleh disebut dengan pengetahuan. Tujuan dari metode penelitian ilmiah adalah untuk menghasilakan data yang objektif dan tidak bias sehingga dapat dilakukan evaluasi terhadap data yang diperoleh. Penelitian survei dibagai kedalam dua kategori, yaitu survei deskriptif dan survei analitis. Survei deskriptif berupaya menjelaskan atau mencatat kondisi atau sikap untuk menjelaskan apa yang ada saat ini. Suatu survei analitis berupaya menggambarkan dan menjelaskan mengapa suatu situasi ada. Survei analitis memeplajari dua atau lebih variabel dalam upaya menjawab pertanyaan penelitian atau menguji hipotesis penelitian.

Kelebihan

Pemilihan judul buku ditulis secara singkat dan berkaitan dengan isi buku, desain cover-nya pun sederhana dan terlihat minimalis. Buku ini ditulis secara sistematis dan menjelaskan secara detail langkah langkah metode penelitian survei. Materi yang disajikan mudah dipahami oleh pemula atau mahasiswa baru yang ingin belajar metode penelitian survei, serta memiliki contoh kasus dan penyelesainnya. Dengan penekanan pada penjeasan disertai dengan contoh-contoh sederhana dan dibantu dengan grafik dan gambar menjadikan buku ini sebagai media yang ideal untuk memperkenalkan statistik bagi siswa ilmu sosial.

Kekurangan

Kekurangan dari buku ini adalah beberapa rumus pada buku ini tidak disertai dengan contoh pembahasan soal dan menggunakan bahasa yang terlalu padat dan rumit.

Penutup

Metode penelitian survei merupakan yang paling sering digunakan di dunia penelitian untuk memperoleh data dan jawaban terhadap berbagai pertanyaan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan, terutama mengenai kemasyarakatan (sosial). Para peneliti yang bergelut di bidang ilmu politik, ekonomi, pertanian, komunikasi, hingga keagamaan menggunakan metode survei untuk berbagai tujuan ilmiah. Dengan demikian, penelitian survei menjadi ‘tulang punggung’ perkembangan berbagai disiplin ilmu pengetahuan tersebut. Dengan membaca buku ini, peneliti dapat memahami bagaimana cara menyusun proposal penelitian, laporan hasil penelitian, dan skripsi untuk mahasiswa dengan menggunakan penelitian kuantitatif metode penelitian survei.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

resensi buku morissan MetodePenelitianSurvei
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top