Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Vindy NY

12 November 2019 15:15

Pudak, jajanan tradisional dan unik khas Kota Gresik

Ketika berkunjung ke Kota Gresik, Jawa Timur, sempatkan mencicipi cita rasa pudak yang sangat unik dan enak..

Pudak, jajanan tradisional dan unik khas Kota Gresik

0



Jika berbicara mengenai hal-hal yang berbau tradisional, mungkin yang terbesit di otak kita adalah kata kuno. Namun tidak selamanya begitu karena nyatanya banyak sekali hal-hal unik yang dapat kita peroleh dari bentuk kata tradisional tersebut. Contoh kecilnya yakni makanan. Setiap daerah pasti memiliki makanan tradisional yang khas, bahkan tak jarang rasa makanan tradisional itu sendiri lebih nikmat dibanding makanan anak muda zaman sekarang yang cenderung lebih kebarat-baratan.

Berbicara mengenai makanan tradisional, kenyataannya banyak masyarakat di luar sana yang masih belum mengetahui apa itu pudak. Bahkan lebih lucunya lagi beberapa orang mengira bahwa pudak adalah nama sebuah desa, pohon, dan tempat wisata. Nyatanya bukan seperti itu. Pudak adalah sebuah makanan khas yang berasal dari kota Gresik, Jawa Timur. Pudak terbuat dari tepung beras, santan, gula pasir/gula jawa yang dimasukkan ke dalam "ope" atau pelepah daun pisang.

Ada pun pudak yang terbuat dari sagu diberi nama pudak sagu. Pada mulanya pudak hanya memiliki tiga macam, yakni pudak putih (dari gula pasir), pudak sagu (dari sagu), dan pudak merah (dari gula merah). Namun seiring dengan perkembangan zaman para pembuat pudak mulai memproduksi pudak dengan berbagai varian, salah satunya yang terkenal yaitu pudak hijau yang beraroma wangi berasal dari daun pandan.

Di samping rasanya yang khas, tidak ada jajanan lain yang serupa dengan pudak. Bahkan bukan hanya cita rasanya, proses pembuatan bungkusnya pun tidaklah mudah. Bungkus pudak terbuat dari pelepah daun pisang yang disamak terlebih dahulu untuk dipisahkan antara lapisan kulit pisang bagian luar dan dalam. Setelah dikeringkan, daun pisang bagian dalamlah yang digunakan, lalu dilipat dan dijahit dengan membentuk huruf L tanpa ada sudut sehingga sisi bagian dalam tertutup dan membentuk menyerupai gelas. Setelah bungkus tersebut dijahit, adonan pudak dituangkan ke dalamnya dan bagian ujung yang masih terbuka diikat dengan tali. Setelah selesai barulah pudak dikukus.

Begitulah rumitnya proses pembuatan pudak. Walau pun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa cita rasanya sangatlah unik dan enak. Kamu dapat menikmati pudak ketika berkunjung ke Kota Gresik, Jawa Timur.

Loading...

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Pudak Gresik Makanan khas gresik Makanan khas
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top