×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
sarah saroinsong

21 September 2021 16:20

PPKM diperpanjang, bagaimana cara mempertahankan bisnis kamu?

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mempertahankan bisnismu..

PPKM diperpanjang, bagaimana cara mempertahankan bisnis kamu?

0



Foto: Austin Distel on Unsplash

Pandemi Covid-19 sangatlah berpengaruh terhadap bisnis. Sejak pandemi, banyak sekali usaha dan bisnis yang tidak bisa bertahan bahkan gulung tikar karna mengalami kerugian besar. Covid-19 membuat semakin banyak konsumen beralih ke platform online yang tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Sehingga agar dapat bertahan di tengah krisis seperti ini, bisnis sangat perlu beradaptasi secara cepat mengikuti kondisi pasar yang mulai berubah ke arah digital dan penjualan online.

Penjualan online dan bisnis digital tidak hanya dapat membantu usaha dan bisnis kamu beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen sekarang, tetapi juga mendukung perkembangan bisnismu ke depannya. Transformasi bisnis digital ini menjadi proses dan strategi untuk seseorang dalam menjalankan bisnis yang mengubah cara  bisnis dalam beroprasi dan tetap mendapatkan konsumen.

Oleh sebab itu transformasi digital ini sangatlah dibutuhkan dalam menjalankan bisnis atau usaha ke depannya. Berikut alasan mengapa bisnis online/digital sangat diperlukan.

1. Jangkauan pasar lebih luas.

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, bisnis online bisa menjangkau banyak sekali orang tidak terbatas di satu daerah saja, sehingga bisa menembus batasan marketing tradisional.

Loading...

2. Lebih muda mengontrol.

Dengan bisnis go digital berbasis aplikasi, website, dan lainnya membuat kamu lebih mudah dalam mengontrol usahamu. Hanya dengan handpone kamu bisa melihat jumlah transaksi, pesanan, dan semua yang kamu butuhkan.

3. Biaya operasional lebih rendah.

Bagi para pengusaha pastinya menyenangkan jika bisa menekan biaya operasional, seperti penyewaan tempat, workshop ataupun pemasaran offline yang lumayan memberatkan. Dengan go digital para pengusaha bisa lebih  menghemat modal, karena semua bisa berbasis online menggunakan aplikasi, website, maupun market place yang bisa dikontrol dengan satu genggaman yaitu handphone. Kegiatan transaksi bisa dilakukan di mana saja, kapan pun, di mana pun.

Banyak sekali keuntungan dan kemudahaan jika usaha kamu go online, terlebih di masa pandemi dan adanya PPKM seperti ini, bisnis online menjadi salah satu pilihan utama untuk kamu dalam mengembangkan usahamu.

Nah, berikut ini merupakan lima bisnis atau usaha berbasis digital yang bisa kamu coba.

1. Toko online atau online shop.

Di masa pandemi sekarang, konsumen online shop meningkat pesat dikarenakan adanya PPKM yang terjadi, sehingga mengharuskan masyarakat seminim mungkin melakukan kegiatan di luar rumah. Akan tetapi sebelum adanya pandemi, online shop sudah sangat digemari oleh para khalayak. Kamu bisa menawarkan produkmu ke banyak orang tanpa batasan ruang dan waktu. Jangkauan pasarmu semakin luas dan konsumenmu berasal bukan dari kota saja.

2. PPOB (Payment Point Online Banking).

Bisnis PPOB atau jasa pembayaran online juga sangat diperlukan di situasi sekarang. Setiap bulan seseorang harus membayar berbagai macam tagihan seperti tagihan air, tagihan listrik, internet, telepon, air dan tagihan lainnya.

Banyak orang yang sering membayar denda akibat terlambat membayar tagihan dikarenakan tidak ada waktu dan merasa repot, serta tidak mau mengantre untuk pergi ke tempat pembayaran. Untuk itu kini muncul peluang bisnis pembayaran tagihan secara online. Kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk membuka bisnis PPOB di daerahmu. 

3. Ojek online.

Membuka bisnis transportasi online juga sangatlah dibutuhkan di zaman sekarang ini. Dengan ojek online bepergian ke mana pun kapan pun menjadi lebih mudah. Akan tetapi masih banyak daerah yang belum terjamah transportasi online, sehingga menjadi peluangmu untuk membuka bisnis ini di daerahmu atau daerah yang belum terjamah transportasi online ini. Selain membuka lapangan pekerjaan, kamu juga membantu perekonomian di daerahmu.

4. Jasa (kurir, guru private, laundry, bersih-bersih, pijat dll)

Di era yang serba digital, dan serba cepat ini, semakin banyak masyarakat yang menginginkan segala kemudahan. Dengan jasa panggilan ini, kamu bisa mempermudah banyak orang dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari, contohnya jasa kurir, mempermudah untuk mengirim dan mengantarkan makanan atau barang. Bisnis yang bergerak dibidang jasa panggilan (home service) ini sangat cocok menjadi pilihan untuk kamu jalankan. Masih banyak Usaha jasa lainnya yang bisa kamu buka, melihat potensi di sekitarmu.

Demikianlah referensi usaha dan bisnis online yang bisa kamu buka dan kembangkan. Semangat dan stay safe!

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

bisnis online aplikasi android ojek online usaha sampingan #entrepreneur
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top