×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Komang Wulan Ayu Prabhawati

25 Januari 2021 11:30

Perhatikan 7 hal ini sebelum memutuskan untuk memelihara anjing

Sebelum memilih anjing sebagai peliharaan di rumah, ada hal yang perlu kamu perhatikan dan pertimbangkan matang-matang..

Perhatikan 7 hal ini sebelum memutuskan untuk memelihara anjing

0



Hewan dan manusia sudah hidup berdampingan sejak dahulu kala. Keterkaitan antara manusia dan hewan membuat mereka tidak bisa terlepas satu sama lain. Kehadiran hewan menjadi teman sekaligus penghibur untuk manusia, salah satunya adalah anjing yang menjadi pendamping manusia dalam melakukan aktivitas.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Pet Food Institution pada tahun 2002, mencatat 80% responden menyatakan bahwa manusia memperlakukan anjing layaknya manusia, seperti dengan tidur bersama, membelikan pakaian bagus, makanan sampai ratusan ribu, dan bahkan memberikan perawatan mahal seperti manusia pada umumnya. 

Kehadiran anjing ke dalam hidup manusia memberikan manfaat bagi kesehatan manusia secara fisik dan psikologis. Untuk itu banyak masyarakat yang memilih memelihara anjing sebagai binatang peliharaan di rumah. Selain menyenangkan, anjing tak jarang memberikan respon yang baik sehingga mereka sangat asyik diajak berkawan.

Sebelum memilih anjing sebagai peliharaan di rumah, ada hal yang perlu kamu perhatikan dan pertimbangkan matang-matang.

1. Vaksin yang rutin.

Loading...

Hal terpenting yang perlu kamu lakukan ketika memelihara anjing adalah melakukan vaksinasi. Untuk vaksin ini terdapat berbagai jenis, ada untuk kutu, rabies, ataupun menghindari dari penyakit maupun virus yang mudah menyerang anjing. Untuk hal ini, kamu bisa diskusikan dengan dokter hewanmu, ya.

2. Anak anjing giginya mudah gatal.

Apabila kamu berniat memelihara anjing dari kecil, hal yang perlu kamu perhatikan adalah kebiasaan menggigitnya. Anjing kecil yang biasanya berumur 3-4 bulan memiliki kebiasaan menggigit karena giginya baru tumbuh dan menyebabkan mereka suka menggigit barang-barang yang ditemui. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa memberikan mainan pengganti agar barang-barang kamu tidak digigit oleh si anak anjing.

3. Anjing mudah trauma.

Sering kali sebagai majikan merasa kesal dengan tingkah anjing miliknya, walaupun begitu jangan terlalu keras hingga membuat anjingmu trauma. Merawat anjing sama seperti merawat anak manusia, perlu kesabaran akan tingkah nakal dan menggemaskannya. Maka dari itu jika anjingmu melakukan sebuah kesalahan, berikan hukuman tetapi jangan sampai membuat anjingmu trauma karena itu akan berpengaruh terhadap kesehatan mentalnya.

4. Jangan memukul dengan benda tajam.

Apabila kesal dan ingin memberikan sebuah hukuman terhadap anjingmu, jangan sekali-sekali menggunakan benda tajam seperti kayu, besi, ataupun benda tajam lain untuk memukulnya. Kamu bisa menggantinya dengan kertas yang digulung untuk memberikan efek takut dan terkejut tanpa harus memukul dengan keras. Cukup berikan pukulan pelan saja atau berikan isyarat dan suara lebih meninggi. Biasanya dengan seperti itu, anjing akan mengetahui mana hal yang boleh dan tidak boleh.

5. Anjing juga butuh refreshing.

Tidak hanya manusia yang membutuhkan refreshing di luar, anjing juga memerlukan kegiatan tersebut. Untuk itu sebagai majikan harus mengerti anjing dan dengan mengajak mereka jalan-jalan di taman ataupun di sekitar rumah sekalian memperkenalkan lingkungan rumahmu. Risiko yang terjadi apabila tidak melakukan refreshing, anjing akan bosan kemudian menggonggong terus menerus dan bisa mengganggu tetangga.

6. Sering-sering ajak bermain.

Anjing sangat suka bermain, apalagi berlarian. Tapi apabila kamu tidak memiliki tempat yang memadai untuk aktivitas berlarinya, cukup bermain dengan mainan anjing ataupun mengelus-elus perut bagian bawah dan memainkan lehernya. Itu adalah spot yang paling menyenangkan untuk anjing. Selain menyenangkan, mereka biasanya akan langsung berposisi tidur dan terlelap.

7. Makanan yang bernutrisi.

Berikanlah makanan yang mengandung nutrisi tepat agar tumbuh kembang anjingmu tetap sehat dan terjaga. Untuk itu hindarilah memberikan ikan, cokelat, garam, dan telur karena akan berpengaruh pada bulu mereka.

Walaupun terdengar ribet, sebenarnya merawat hewan juga tidak boleh main-main dan seenaknya. Hewan juga makhluk hidup, jadi kamu tetap harus memperlakukannya dengan baik.

Bagi pemula, jangan sungkan bertanya kepada teman kamu yang sudah punya anjing. Jangan sampai karena kurang pengetahuan kamu malah menelantarkan anjingmu. Untuk itu perlu perhatian dan kebersamaan agar saling memahami satu sama lain. Semoga anjingmu bisa menjadi sahabat sekaligus keluarga.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#caramerawatanjing #vaksinanjing
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top