Cantik memang dambaan setiap perempuan. Putih, mulus, siapa yang tidak mau? Akhir-akhir ini marak sekali penggunaan kosmetik untuk perawatan kulit yang biasa disebutskincare. Bagi perempuan, hal itu bukanlah sesuatu yang asing. Mereka seperti berlomba-lomba menggunakannya. Lalu apakah tidak ada efek samping dari penggunaanskincare? Pasti ada. Bagaimana tidak, alih-alih iming-iming kulit putih dan mulus dalam waktu cepat, ternyata ada bahaya yang harus diwaspadai.

Apalagi jikaskincareyang dijual bebas belum bisa dijamin keamanannya. Terlebih, harga yang dibanderol pun tidak murah. Beberapa hal ini setidaknya harus diperhatikan jika memutuskan untuk membeli dan menggunakan skincare.

1. Merek dagang jelas.

Banyak beredarskincarewajah dan tubuh yang tidak jelas merek dagangnya. Hal ini perlu diperhatikan karenaskincare racikan begini bisa jadi berbahaya. Memang beberapa orang menggunakannya dan memberi testimoni yang menarik sehingga banyaklah orang yang ikut membeli. Tapi bukan berarti itu aman.

2. Komposisi dalamkemasan tertera jelas.

Bukan hanya merek dagangnya yang jelas, komposisi yang ada juga dilampirkan di kemasan. Apakah kamu pernah menemui yang tidak mencantumkan komposisi produk? Bisa jadi ada komposisi berbahaya seperti merkuri dan lain sebagainya.

3. BPOM.

Jika sudah terdaftar di Badan POM, setidaknya skincare kamumasih tergolong aman.

Cantik, putih, dan mulus memang menarik, namun jika cara-cara yang dilakukan malah mendatangkan bahaya untuk diri kita, dampak negatif pun kita sendiri yang akan merasakannya. Berhati-hatilah jikakamu memutuskan untuk menggunakan skincare.Apabila sudah terlanjur, segeralah ke dokter kulit. Jika memang tidak ada efek negatif, berarti skincare yangkamu gunakan aman, namun jika efek negatif muncul atau tambah parah, segera hentikanlah. Sehat itu lebih mahal!