×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Saiht Namron

11 November 2019 13:50

Penyebab serangan jantung: Gara-gara lemak atau gula?

Serangan jantung selalu diidentikkan akibat penyumbatan arteri oleh lemak atau kolesterol jahat. Benarkah demikian?.

Penyebab serangan jantung: Gara-gara lemak atau gula?

0



Apa yang menyebabkan serangan jantung? Lazimnya orang menganggap penyebabnya adalah tumpukan kolesterol jahat yang menyumbat arteri, tapi hasil penelitian terbaru menemukan bahwa ternyata bukan itu penyebabnya.

Salah satu temuan adalah orang-orang yang menderita penyakit gusi seperti periodontal disease memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena serangan jantung (myocardial infarction). Temuan lainnya adalah orang-orang yang menderita periodontitis sering kali juga menderita diabetes walaupun kadang mereka tidak menyadarinya.

Faktor penyebab utama adalah suatu kondisi bernama dysglycemia, di mana tubuh tidak mampu melakukan proses metabolisme gula atau glukosa dengan seharusnya, seperti yang terjadi pada orang-orang yang menderita penyakit diabetes. Sebuah kondisi yang membuat penderitanya menjadi intoleran terhadap glukosa.

Orang-orang dengan kondisi tersebut memiliki risiko lebih besar untuk terkena serangan jantung, kata seorang peneliti dari Karolinksa Institute di Swedia, yang melakukan penelitian atas hubungan antara tingkat glukosa dan kesehatan gusi terhadap 712 pasien penderita serangan jantung. Hasil penelitiannya merekomendasikan bahwa seharusnya dokter gigi berada di garis depan dalam hal perawatan kesehatan, dan ini berarti setiap ahli dalam bidang diabetes (endocrinologist) harus juga memeriksa kondisi kesehatan gusi pasien-pasien yang sedang mereka rawat. 

"Kelainan-kelainan terkait metabolisme glukosa yang tidak terdeteksi sejak dini sangat umum terjadi dalam myocardial infarction dan periodontitis. Banyak orang pergi ke dokter gigi secara rutin, untuk itu perlu dilakukan tes gula darah secara rutin terhadap pasien-pasien tersebut untuk mengetahui apakah ada yang menderita myocardial infarction dan periodontitis," kata seorang peneliti, Dr Anna Norhammer.

Loading...

Lebih dari 610.000 warga Amerika meninggal karena serangan jantung setiap tahun. Di Amerika, dari setiap empat kematian, satu orang meninggal akibat serangan jantung. Dan para ahli dari Karolinska telah menunjukkan bahwa serangan jantung ternyata hanya berhubungan sedikit dengan tingkat kolesterol, namun lebih banyak berhubungan dengan bagaimana kondisi tubuh kita dalam memproses gula, terutama yang kita konsumsi dari makanan olahan. 

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Kesehatan Jantung Diabetes Jantung Gusi Gigi
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top