×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Mirza Wardana

22 September 2021 12:25

Penting buat cari kerja, ini 6 tips membangun citra pribadi di medsos

Konon, media sosial (medsos) lebih dipertimbangkan daripada Curicullum Vitae, lho..

Penting buat cari kerja, ini 6 tips membangun citra pribadi di medsos

0



Foto: Jeremy Bezanger on Unsplash

Sedari umur berapa kamu punya social media? Instagram? Twitter? Facebook? Apa yang biasanya kamu unggah? Foto? Atau kata hati? 

Penting untuk kamu bisa menjawab semua itu, karena zaman sekarang, yang semua serba digital, social media adalah sesuatu yang sangat dilirik. Bahkan untuk dunia kerja!

Iya, recruiter dalam perusahaan yang kamu mungkin akan tuju sudah melihat social media calon karyawannya sebagai satu tolok ukur kepribadian yang dicari. 

- Apakah kamu seseorang yang aktif, dan positif. 

- Apakah kamu memiliki etika dan etiket.

Loading...

- Apakah kamu kreatif. 

- Apakah kamu produktif.

Pertanyaan-pertanyaan yang bermuara ke apakah kamu representatif untuk perusahaan itu, apa pun posisi yang dilamar. 

Perlu kamu pahami bahwa dalam proses rekruitment pun, ada energi dan biaya yang dikeluarkan perusahaan. Jadi, seolah mencari jodoh, perusahaan tidak mau "Beli kucing dalam karung".

Jangan salah paham, proses lumrah, seperti melihat Curicullum Vitae, wawancara, atau psikotes tetap akan dijalankan sebagai Standar Operational Prosedure dalam perekrutan. Tapi, apabila setelah tertarik dengan Curicullum Vitae, lalu kemudian media sosial kamu mengecewakan, kamu tak akan menuju ke tahapan wawancara, apalagi psikotes. 

Perusahaan tidak mau buang waktu percuma. Jadi, ketika kamu buka akun media sosial, di situ citra pribadi alias personal branding kamu dibentuk dan berkembang. 

Berikut sedikit tips yang bisa kamu lakukan.

1. Hindari terlalu ungkap kata hati di media sosial, apalagi bila itu terlalu sedih atau terlalu marah atau terlalu benci. Perusahaan tidak suka karakter yang tidak bisa mengontrol emosi publiknya. Refleksinya, menimbulkan ketakutan perusahaan, itu akan mengganggu profesionalitas nantinya. 

2. Hindari foto yang terlalu seksi tanpa ada alasan atau context yang jelas. Paham, kalau dalam menjaga kebugaran, perlu usaha keras dan ada keinginan untuk ditampilkan, tapi tidak bisa sekadar ditampilkan tanpa alasan. Image atau citra perusahaan secara umum adalah penting. Jadi gunakan prinsip: Beauty with purpose

3. Hindari terlalu mendukung sesuatu gerakan, apabila itu bukan sesuatu yang kamu memang ikuti. Jangan takut menjadi FOMO (Fear Of Missing Out). Jangan sampai kamu diasosiasikan atas sesuatu yang bahkan kamu nggak tahu tujuan gerakan itu. 

4. Hindarkan mengomentari sesuatu, apabila hal itu tidak berefek banget untuk hidupmu, hanya karena kamu setuju atau tidak setuju atas komentar orang lain. Ini penting dipikirkan sebelum berkomentar. Karena secara alami, bila kamu dibantah, kamu akan tergerak untuk membela diri. Pahami, waktumu penting, dan ada banyak hal penting lainnya yang bisa kamu lakukan selain fokus akan perang komen.

5. Apabila posting sesuatu yang lucu, perlu kamu pikirkan apakah memang itu lucu, atau hanya lucu untukmu. Misalnya, konsep prank. Lucu, tapi kalau mengandung kekerasan, bahaya juga. 

6. Stop forward materi yang kamu belum tahu betul kebenarannya. Kalau ada orang lain sebar hoax, tidak berarti kamu juga ikut andil dalam penyebaran berikutnya. 

Intinya, jadi dirimu yang positif. Karena sesungguhnya, jaim lebih susah daripada menjadi dirimu sendiri. Dan kalaupun kamu fake, orang akan bisa melihat, dan memberikan penilaian sendiri, yang mungkin sekarang tak terasa efeknya, tapi nantinya bisa jadi masalah. 

Karena hidup butuh penghasilan, maka mari pikirkan dari sekarang. Apakah social media kamu sudah aman dan akan mendukungmu masuk ke dunia kerja nantinya?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

mirzakerja kerja sosmed curicullumvitae duniadigital
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top