Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Luki Antoro

17 Januari 2020 13:45

Nursih Basuki Art Studio menambah deretan studio seni aktif Indonesia

Dinamika ruang seni tak kalah tergerus oleh perkembangan zaman..

Nursih Basuki Art Studio menambah deretan studio seni aktif Indonesia

0



Untuk event seni, tentu sudah tak awam lagi bagi penikmat seni di Indonesia yang sudah mengikuti sepak terjang Artjog atau Biennale Jogja setiap tahunnya. Kedua event tersebut menjadi ikonik di dunia seni di Indonesia. Hampir di setiap tahun penyelenggarannya, seniman muda yang memiliki karya luar biasa turut berpartisipasi untuk ikut merasakan tumbuh kembangnya peradaban seni di Yogyakarta. Maka tak heran jika kedua event seni besar tersebut bisa dikatakan sebagai kegiatan ‘lebaran orang seni’ di Yogyakarta.

Belum lama ini, sebuah studio seni reborn yang bergerak khusus di bidang seni kriya logam hadir di tengah derasnya perkembangan zaman. Tidak hanya memproduksi karya, melainkan memposisikan diri sebagai ruang seni yang turut melestarikan seni kriya logam. Hal ini jika ditarik berdasarkan sejarah berkaitan dengan lokasinya di dekat Makam Raja Mataram, Kotagede Yogyakarta atau tepatnya di Jl. Purbayan Kotagede, Mutihan RT.03 Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

Pada awalnya para perajin logam di Nursih Basuki Art Studio ini hanya berisikan individu perajin yang masih aktif hingga hari ini di Yogyakarta. Namun setelah dirasa butuh kekuatan lebih untuk berkolaborasi bersama, maka diputuskan untuk bersama-sama membuat semacam paguyuban atau sanggar seni perajin kriya logam bernama Sanggar Seni “Uri-uri” Kriya Logam Yogyakarta. Komposisi para perajin logam yang selama ini terpisah menjadi formula terbaik untuk menciptakan kurasi karya yang memiliki karakter lebih kuat. Karena dalam seni kriya logam, karakter setiap karya adalah sebuah kewajiban yang utama. Proses diskusi, negosiasi, atau bahkan adu argumentasi dalam kerja bersama merupakan sarana yang digunakan dalam metode kolaborasi para perajin kriya logam.

Seni kriya logam merupakan media yang telah merepresentasikan seluruh ekspresi dari masa lampau hingga saat ini. Aspek-aspek dalam seni kriya logam, baik sebagai tradisi zaman Kerajaan Mataram Islam maupun berkembang pada karya seni kontemporer, dapat menggambarkan proses holistic dari kreativitas, keterampilan proses, serta mempertahankan nilai-nilai seni yang terus berkembang menembus waktu. Harus diakui bahwa perkembangan proses kreatif dari seni kriya logam dapat terus dirasakan hingga hari ini karena banyak pengrajin dan seniman kontemporer yang mulai berimprovisasi dan menerjemahkan tradisi ini menjadi bentuk-bentuk baru, salah satunya penciptaan desain.

Kini Nursih Basuki Art Studio tumbuh sebagai studio yang cukup penting dalam sejarah perkembangan dunia seni kriya logam di Indonesia. Seni kriya logam penting untuk dilestarikan sebagai representasi kearifan lokal di Kotagede Yogyakarta yang terus kita banggakan dan kembangkan. Dalam konteks kesenian, studio ini bisa menunjukkan peristiwa proses kreatif yang unik, baik seniman, karya seni dan pengunjung, memiliki peluang untuk saling berinteraksi dan bertukar pemahaman dalam posisi yang setara membicarakan tentang perkembangan seni kriya logam.

Loading...

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

seniman seni kriya logam yogyakarta kerajinan unik industri kreatif
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top