×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Muhammad Ananda Admaja

01 Mei 2019 13:21

Mungkinkah industri 4.0 berbasis lingkungan hidup?

Saat ini kita sedang dihadapkan dengan era industri 4.0. Apakah ada hubungannya dengan lingkungan?.

Mungkinkah industri 4.0 berbasis lingkungan hidup?

0



Era Industri 4.0 merupakan era tren otomasi yang menghasilkan "Pabrik Cerdas". Jika dalam industri 3.0 kita dihadapkan dengan adanya otomasi dari komputer, maka pada industri 4.0 dititikberatkan pada sistem siber fisik berupa Big Data. Dengan kata lain pada industri 4.0 seluruh sistem yang ada dapat tersimpan dengan cerdas melalui data-data yang diinput dalam jaringan. Lalu, apakah ada hubungan antara era industri yang akrab disapa industri Big data ini dengan lingkungan?

Pada dasarnya, kondisi zaman yang semakin berubah akan menambah masalah di bidang lingkungan. Selain itu, fenomena perubahan iklim atau pencemaran masih terjadi di mana-mana padahal kita telah mengalami sistem revolusi industri yang mana tidak lagi memiliki ketergantungan akan energi fosil yang kurang ramah terhadap lingkungan.

Dikutip dari Jalal, pengamat tata kelola perusahaan dan ekologi politik, revolusi industri 4.0 dibagi menjadi 3 tahapan, yakni redistributif, restoratif, dan regeneratif.

1. Redistributif.

Tahap pertama, industri bersikap redistributif di mana ekonominya memberikan yang lebih membutuhkan pada level bawah dan membuat ekonomi lebih seimbang.

Loading...

2. Restoratif.

Tahapan kedua, industri restoratif ialah industri yang sudah memperhatikan dan memperbaiki mutu lingkungan.

3. Regeneratif.

Pada tahap ketiga, regeneratif yaitu ekonomi yang meningkatkan daya dukung lingkungan.

Selain itu, era revolusi industri 4.0 akan mempermudah dalam pemantauan pencemar dan perubahan iklim global melalui data-data lingkungan yang dapat diakses dengan mudah serta mampu menjadi early warning system dalam mengatasi permasalahan yang ada.

Nah, menurut kamu gimana?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top