Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Dadang Supena

21 Oktober 2019 13:30

Mulut terasa pahit dan asam? Inilah 6 cara mengatasinya

Pernahkan merasakan mulut pahit saat sakit atau saat bangun tidur? Begini cara mengatasinya..

Mulut terasa pahit dan asam? Inilah 6 cara mengatasinya

0



Foto: Alexandr Ivanov dari Pixabay

 

Pada dasarnya penyebab rasa pahit atau asam di mulut adalah akibat naiknya asam lambung atau efek samping penggunaan obat-obatan. Selain itu, kondisi ini juga dapat terjadi akibat kurang terjaganya kebersihan gigi dan mulut. Mulut terasa pahit memang memberikan efek yang tidak nyaman dan dapat menurunkan selera makan. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara ampuh yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa pahit atau asam di mulut.

Berikut ini beberapa cara ampuh untuk mengatasi mulut pahit.

1. Jaga kebersihan mulut.

Salah satu penyebab mulut terasa pahit adalah kurang terjaganya kebersihan mulut dan gigi. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi, yakni cukup dengan sikat gigi dua kali sehari secara rutin. Selain itu, bersihkan sela-sela gigi (flossing) setiap hari.

Loading...

2. Membersihkan lidah.

Membersihkan lidah merupakan hal yang sering kali diabaikan. Padahal, lidah merupakan tempat berkumpulnya kuman dan bakteri, serta dapat menyebabkan mulut terasa pahit. Selain itu, bakteri yang berkumpul di lidah dapat menyebabkan bau mulut hingga dapat menyebabkan masalah pada gigi dan mulut.

3. Perbanyak minum air putih.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa mulut pahit basanya disebabkan oleh naiknya kadar asam lambung. Hal ini dapat diatasi dengan perbanyak minum air putih. Sebab, air putih dapat mengurangi kadar asam lambung dan membuang racun yang ada di mulut kamu.

4. Makan buah jeruk.

Selain air putih, mengonsumsi buah jeruk atau air perasan lemon juga dapat membantu menghilangkan rasa pahit di mulutmu. Cara ini dinilai sangat ampuh oleh kebanyakan orang, sebab dapat membuat mulut terasa lebih segar. Pasalnya, rasa asam yang tajam pada buah jeruk juga dapat membantu menstimulasi indera perasa kamu.

5. Kunyah permen karet.

Mengunyah permen karet juga merupakan cara yang cukup efektif dalam menghilangkan rasa pahit di mulut. Namun, sebaiknya kamu mengunyah permen karet yang bebas gula agar tidak merusak kesehatan gigi.

6. Kumur dengan baking soda.

Baking soda atau soda kue juga dapat membantu menetralkan rasa pahit atau asam di mulut kamu. Bahkan, National Cancer Institute juga merekomendasikan untuk berkumur dengan air larutan baking soda jika mulut kamu kerap terasa pahit. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu melarutkan 1/4 sdt baking soda dan 1/2 sdt garam ke dalam secangkir air hangat. Setelah itu, bilas mulut kamu dengan air bersih.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

mengatasi mulut pahit mengatsi mulut pahit dan asam cara mengatasi mulut pahit karena sakit cara mengatasi mulut pahit dan mual
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top