×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Claudya

09 Juli 2019 18:07

Menikmati nasi godog Shibitsu yang menggoyang lidah

Nasi goreng tentunya tidak asing di telinga kita, tapi pernahkah kalian mendengar dan menikmati nasi godog? .

Menikmati nasi godog Shibitsu yang menggoyang lidah

0



Sering menyantap nasi goreng? Bakmi goreng? Bahkan mie rebus? Nah, di Yogyakarta ada sebuah kuliner unik yang disebut Nasi Godog. Apakah kalian sudah pernah mencicipinya?

Nasi godog ini bisa kalian jumpai di warung-warung makan bakmi jowo di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak semua tempat di warung bakmi jowo menuliskan menu nasi godog, namun kalian tetap bisa memesannya.

bakmi jowo shibisu

Pada dasarnya proses pembuatan nasi godog ini hampir sama dengan mie godog (rebus). Yang membedakan adalah karbohidratnya dari mie diganti dengan nasi. Proses memasak nasi godog di warung Bakmi Jowo rata-rata hampir semua masih menggunakan metode tradisional, yaitu menggunakan arang. Kali ini saya akan mengulas mengenai nasi godog di salah satu warung bakmi jowo favorit saya, yaitu Bakmi Jowo Shibitsu. Biasanya warga Yogyakarta sering menyebutnya dengan Sibisu. Wah terdengar kasar ya? Namun sebenarnya memang penjual warung ini tunawicara sehingga untuk memudahkan mengingat, warga sekitar menjulukinya sibisu.

bakmi jowo shibisu

Loading...

Di dalam seporsi nasi godog, kalian akan menemukan nasi (tentu saja), sayuran (bisa kubis maupun sawi), ayam suwir, telur kocok, sedikit mie kuning dan juga acar mentimun. Jika dirasa kurang pedas, di warung bakmi jowo disediakan cabai rawit segar. Sebelum kalian menyantap makanan ini, sebaiknya kalian berhati-hati karena nasi ini dimasak lagi dengan sayuran dan teman pelengkap lainnya, maka nasi godog ini sangat amat panas dan susah untuk cepat dingin. Sebaiknya sebelum disantap, ada baiknya kalian meniupnya terlebih dahulu beberapa kali atau bisa juga meminta piring kosong untuk memindahkan nasi godog itu sedikit demi sedikit agar lebih cepat dingin. Makan seporsi nasi godog mengajarkan kita untuk bersabar, bukan?

seporsi nasi godog shibisu

Untuk rasa, nasi godog memiliki rasa yang cenderung gurih. Tidak manis sama sekali. Bisa dilihat dari kuahnya yang bening, pendatang dari luar kota pasti akan langsung dapat menikmati kuliner ini karena rasanya yang hampir cocok di semua lidah. Harganya pun tidak mahal, seporsi nasi godog bisa kalian nikmati dengan harga Rp15.000,00 saja. Murah dan bersahabat, bukan?

Warung bakmi jowo shibisu ini buka mulai pukul 18.00, namun kadang pukul 18.00 mereka baru saja bersiap-siap. Tapi lebih baik jika kalian datang lebih awal karena saat jam makan malam apalagi saat weekend, tempat ini bisa sangat penuh dan waiting list-nya banyak. Kamu tertarik untuk mencobanya?

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Nasi godog Yogyakarta Kuliner yogyakarta
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top