×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Emge Setyo

06 Juni 2021 15:39

Mengenal lebih dekat 4 perempuan Papua yang berpestasi tinggi

Keempat perempuan Papua yang berprestasi dan punya potensi lebih ini disebut-sebut layak menjadi duta PON XX Papua..

Mengenal lebih dekat 4 perempuan Papua yang berpestasi tinggi

0



Papua tidak pernah kehabisan sumber daya manusia yang mumpuni. Mereka merata berkiprah di semua bidang kehidupan, antara lain politik, olahraga, seni budaya, pendidikan dan lain sebagainya. Dari yang popular, viral, menginspirasi dan memotivasi publik hingga masyarakat awam yang tidak terpublikasikan. Termasuk empat perempuan berikut ini yang sudah tak asing lagi bagi publik Indonesia.

Sosok-sosok mereka kembali mengemuka hari-hari terakhir ini berkenaan dengan rencana akan digelarnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Oktober mendatang. Berawal dari aspirasi komika terkenal yang asli putra Papua, Arie Keriting, di akun Instagramnya, publik pun dibuat penasaran seperti apa sosok dan profil empat nama yang disebut-sebut oleh Arie Keriting lalu diamini oleh publik, untuk didapuk menjadi Duta PON XX 2021 Papua. Langsung simak sosok dan profil mereka.

1. Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay alias Nowela Idol.

Mengenal lebih dekat 4 perempuan Papua yang berpestasi tinggi

foto: instagram.com/p/CNHte86JKJn/

Loading...

Dia adalah seorang penyanyi Indonesia, juara ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol musim ke-8 pada tahun 2014 silam. Sejak itu Nowela eksis sebagai penyanyi hingga hari ini.

Sejatinya Nowela adalah perpaduan dua budaya Nusantara karena ayahnya asli Papua dan ibunya berdarah Batak. Namun bagi penggemarnya, ini bukan penghalang untuknya mewakili Papua.

2. Agustine Ariella Nere atau yang lebih dikenal sebagai Putri Nere. 

Mengenal lebih dekat 4 perempuan Papua yang berpestasi tinggi

foto: instagram.com/p/B1X2mX1BJBs/

Perempuan cantik ini adalah pemegang gelar Miss Papua 2006 berlanjut menjadi finalis Miss Indonesia 2006 dengan meraih gelar Miss Persahabatan. Ayahnya, Rully Nere adalah pesepak bola legenda Tanah Air di era 80-an, sekaligus punggawa timnas sepak bola Indonesia era 80-an.

Putri Nere yang menyebut ayahnya sebagai kembarannya, mengakui jasa ayahnya dalam membentuk karakter dirinya. Sejak namanya menasional, ibu satu orang puteri ini aktif dalam berbagai bidang yang diminatinya, antara lain terlibat dalam produksi film, menjadi mc, presenter acara off dan on air hingga moderator. Ia pun memenuhi undangan menyanyi di acara-acara lokal karena wanita yang selalu ceria ini memang mempunyai suara bagus, sampai menjadi duta transmigrasi di tahun 2010.

Saat ini Putri Nere aktif di kegiatan kepemudaan dengan mendirikan Papua Muda Inspiratif, sebuah gerakan anak muda Papua yang memberdayakan potensi pemuda setempat. Sebab ibu satu orang puteri ini berharap anak muda papua semakin berkontribusi dalam pembangunan nasional.

3. Raema Lisa Rumbewas alias Lisa Rumbewas.

 

Mengenal lebih dekat 4 perempuan Papua yang berpestasi tinggi

foto: liputan6.com/bola/read/3183738/terima-medali-olimpiade-2008-lisa-rumbewas-pingsan

Sosok wanita satu ini adalah seorang atlet angkat berat (lifter) Indonesia yang berprestasi. Terlahir dalam keluarga atlet, Lisa Rumbewas menorehkan banyak prestasi yang menhgharumkan nama Indonesia di kancah olahraga Internasional. Ayahnya, Levi Rumbewas pernah menjadi binaragawan terbaik Indonesia. Sedangkan ibunya, Ida Korwa juga seorang lifter.

Sepanjang karier atletnya, Lisa Rumbewas sukses mendapat medali perak pada Olimpiade 2004 di Athena, Yunani untuk kategoriangkat besi putri, kelas 53 kg. Sebelumnya meraih medali perak menjadi diraihnya dalam Olimpiade Sydney 2000. Selain itu ia juga mendapat medali serupa pada SEA Games XXI.

Lisa Rumbewas tampil kembali di nomor 53 kg pada Olimpiade Beijing 2008, namun hanya menempati posisi keempat dengan total angkatan 206 kg. Tetapi pada 2017, posisinya dinaikkan ke posisi ketiga alias memperoleh medali perunggu setelah medali perunggu atas nama Nastassia Novikava atlet Rusia, dibatalkan secara resmi oleh Komite Olimpiade Internasional pada Oktober 2016 karena terlibat kasus dopping. Demikian, Lisa Rumbewas mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai lifter putri yang menyabet medali olimpiade 3 kali berturut-turut.

4. Monalisa Sembor.  

Mengenal lebih dekat 4 perempuan Papua yang berpestasi tinggi

foto: facebook.com/Perempuan.Papua/photos/pcb.2244494238926359/2244493428926440/?type=3&theater 

Bernama lengkap Monalisa Irto Apriela Sembor, model cantik ini adalah seorang model. Ia pernah menjadi talent iklan sampo berlabel internasional. Sampai saat ini ia masih aktif berkiprah sebagai model yang berani menyuarakan perlawanan terhadap diskriminasi dan rasisme di media sosial. Ia pun kerap mengangkat tema kedaerahan asalnya.

Nah, bagaimana setelah kamu mengenal lebih dekat keempat sosok Puteri Papua di atas? Pasti kamu setuju bahwa mereka semua benar-benar layak mewakili Papua bahkan Indonesia karena prestasi yang telah mereka toreh serta potensi-potensi yang dimiliki.

Selain nama-nama tersebut di atas, sejatinya masih banyak lagi nama-nama lainnya yang yang tak kalah menginspirasi serta memotivasi pemuda-pemudi Indonesia. Mereka semua putera-puteri terbaik Papua.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#explorepapua #olimpiade #popular indonesia #motivasi
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top