×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
I Kadek Ermawan

29 November 2021 17:11

Mengapa sosok Spider-Man diperankan oleh 3 aktor? Ini penjelasannya

Film Spider-Man telah menampilkan tiga Peter Parker dan versi cerita yang berbeda..

Mengapa sosok Spider-Man diperankan oleh 3 aktor? Ini penjelasannya

0



Kamu sudah pernah menonton film Spider-Man, dari Peter Parker yang diperankan oleh Tobey Maguire sampai Peter Parker versi Marvel yang diperankan oleh Tom Holland? Penggemar film Spider-Man pasti akan mengikuti semua filmnya. Namun kenapa sosok Peter Parker bisa diperankan oleh tiga orang berbeda dan memiliki alur cerita yang salah satunya mirip dan satunya lagi jauh berbeda?

Lalu, kenapa saya juga harus menyebutkan Peter Parker yang diperankan Tom Holland adalah versi Marvel? Penjelasannya akan saya jabarkan di bawah, mulai dengan kita mengetahui asal usul Marvel Comics yang memiliki lisensi atau menciptakan Spider-Man.

Nama Marvel Comics sendiri muncul pada tahun 1961, setelah didirikan pada tahun 1939 dengan nama yang berbeda. Kemudian kaitan berdirinya Marvel Comics ini sangat penting dengan film Spider-Man yang sampai dua kali reboot dan Peter Parker diperankan tiga aktor yang berbeda.

Krisis finansial Marvel Comic.

Pada tahun 1998, Marvel Comics mengalami krisis finansial yang parah sehingga Marvel membutuhkan modal agar bisnis komik ini dapat diselamatkan. Hal tersebut membuat Marvel memilih menjual lisensi karakter kepada beberapa studio besar untuk mendapatkan modal. 

Loading...

Spider-Man Versi Sony.

Kemudian hadirlah eksekutif Sony Pictures yaitu Yair Landau, yang mencoba mencari cara mendapatkan hak lisensi untuk layar lebar karakter milik Marvel Spider-Man. Singkat cerita Sony Pictures pun mendapatkan hak lisensi penuh atas karakter Spider-Man dan bebas membuat film live action-nya.

Film pertama yang dibuat adalah Spider-Man pada tahun 2002, yang mana Peter Parker sebagai pemeran utama diperankan oleh Tobey Maguire. Film Spider-Man pertama ini pun sukses menuai banyak pujian, dan dianggap perkembangan pesat dalam film superhero Hollywood.

Reboot film Spider-Man oleh Sony.

Setelah sukses dengan meraih keuntungan yang sangat besar dari trilogy Spider-Man, yaitu Spider-Man 1 sampai yang ke-3, Sony Pictures lebih memilih me-reboot film Spider-Man daripada melanjutkannya ke Spider-Man 4, karena Spider-Man 3 dianggap gagal dan tidak memuaskan hati penonton dan banyak alasan lainnya.

Kemudian Sony merilis The Amazing Spider-Man pada tahun 2012, dengan sutradara baru dan Peter Parker pun diperankan oleh Andrew Garfield menggantikan Tobey Maguire. Sayangnya film ini juga tidak mampu memuaskan banyak penonton dan dinilai salah langkah dan malah banyak yang tidak menyukainya. 

Setelah kegagalannya pada reboot Spider-Man pertaman, pada tahun 2014 Sony merilis The Amazing Spider-Man 2 dan melanjutkan kisah Peter Parker yang dipernkan Andrew Garfield. Sayangnya Sony dianggap mengulangi kesalahan yang sama pada Spider-Man 3 dan film ini kembali gagal memuaskan para penonton.

Spider-Man versi Marvel.

Setelah kegagalan Sony mengembalikan kejayaan Spider-man, Marvel Cinematic Universe makin berkembang bersama Disney dengan film-film bertema superhero-nya. Melihat peluang ini Marvel menjalin kesepakatan bersama Sony, dan dalam kesepakatan ini Marvel akan memproduksi ulang atau reboot film Spider-Man namun distribusi penuh dipegang oleh Sony termasuk semua pendapatan dari box office-nya. Disney dan Marvel pun bebas menggunakan karakter Spider-Man dalam film di luar film solo Spider-Man itu sendiri. 

Marvel akhirnya mulai memunculkan dan memperkenalkan karakter Spider-Man pada film Captain America: Civil War, sebelum akhirnya merilis film Spider-Man pertamanya yang berjudul Homecoming. Homecoming dibintangi Tom Holland sebagai Peter Parker, dan menyajikan cerita yang lebih segar serta tidak mengulangi seluruh kesalahan Spider-Man pada era Sony. Sesuai prediksi banyak kalangan, film Spider-Man versi MCU atau Marvel Cinematic Universe sukses mendulang kesuksesan.

Itulah cerita di balik film Spider-Man yang dibuat berulang, dengan pemeran Peter Parker yang berbeda-beda dan cerita yang sedikit berbeda. Bagaimana menurutmu, Spider-Man mana yang paling bagus?

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Spider-man spiderman Spider-Man Marvel Marvel Comics
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top