Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
DharmaOne 11

20 September 2019 10:39

Mengapa sesuatu yang asin lebih awet? Ini penjelasannya

Bagini proses pengasinan atau penggaraman makanan dan apa yang terjadi di dalamnya..

Mengapa sesuatu yang asin lebih awet? Ini penjelasannya

0



Kita sering melihat ikan asin atau sayur asin banyak dijual di pasar. Selain ikan asin kita juga pasti pernah merasakan asinan, baik itu dari buah atau sayur-sayuran. Produk-produk makanan seperti ikan asin, sayur asin, ataupun asinan pasti lebih awet daripada makanan yang tidak diasinkan. Melihat hal tersebut, pasti kita bertanya “Mengapa makanan yang rasanya asin rasanya lebih awet?” atau “Apakah ada penjelasan ilmiah mengenai pengawetan makanan dengan pengasinan?”. Berikut adalah penjelasannya.

Makanan seperti ikan, daging, atau sayur-sayuran merupakan makanan yang mengandung nutrisi atau nutrien. Nutrisi-nutrisi dalam makanan merupakan senyawa-senyawa yang menunjang keberlangsungan dari metabolisme yang dilakukan oleh hampir semua sistem organ dalam tubuh kita. Hal yang sama juga terjadi pada organisme-organisme lainnya, bahkan organisme bersel satu seperti bakteri atau mikroorganisme lainnya. Bakteri atau kebanyakan mikroorganisme bersel satu membutuhkan berbagai nutrisi untuk menunjang kelangsungan hidup dari bakteri itu sendiri.

Nutrisi-nutrisi yang tersedia dalam makanan, terutama daging dan sayuran mentah merupakan tempat mencari makanan yang baik untuk berbagai spesies bakteri maupun mikroorganisme lainnya. Ketika bakteri maupun berbagai mikroorganisme lain mampu “memakan” semua nutrisi yang ada pada ikan, daging, sayuran, atau makanan lainnya, maka terjadilah pembusukan akibat hilangnya nutrisi yang ada pada sumber nutrisi tersebut. Pembusukan pada bahan makanan tentu saja bukan hal yang diinginkan oleh semua orang. Oleh karena itu dilakukanlah pengasinan atau pemberian garam pada beraneka bahan makanan agar lebih awet.

Dalam proses penggaraman, garam menyerap sejumlah air dari bahan makanan melalui proses osmosis atau proses perpindahan molekul air dari tekanan rendah ke tekanan yang lebih tinggi. Proses osmosis ini juga terjadi pada sel-sel bakteri atau mikroorganisme pembusuk makanan yang berusaha untuk menyerap nutrisi dari bahan makanan tersebut. Ketika bahan makanan diberi garam, sebagian besar cairan yang menyusun sel-sel pada bakteri atau mikroorganisme pembusuk keluar sehingga menyebabkan krenasi atau penyusutan sel dan bakteri maupun organisme pembusuk mati.

Secara umum, ada tiga metode penggaraman yang banyak diterapkan terhadap berbagai bahan makanan terutama ikan yaitu metode penggaraman kering, penggaraman basah, dan metode kench salting. Metode penggaraman kering yaitu metode penggaraman yang dilakukan dengan memberikan garam pada dasar wadah kemudian menempatkan ikan secara berjajar atau bertumpuk dengan pemberian garam di antara ikan satu dan lainnya. Metode penggaraman basah yaitu metode penggaraman yang dilakukan dengan merendam ikan pada wadah berisi larutan garam. Ikan direndam pada waktu tertentu hingga cairan pada tubuh ikan berhasil dikeluarkan semua. Metode kench salting merupakan metode penggaraman yang tidak melibatkan wadah sama sekali. Kench salting dilakukan dengan menaburi ikan yang diletakkan pada bidang datar kemudian ditutup dengan plastik. Proses penggaraman pada ikan atau daging umumnya dinyatakan selesai ketika tekstur ikan atau daging menjadi kencang.     

Loading...

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

pengasinan makanan ikan asin bakteri pembusukan
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top