Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Carla Lazuardi

12 Februari 2019 16:43

Mengapa mengadopsi anjing lebih baik dibanding membeli?

Simak ulasannya berikut ini..

Mengapa mengadopsi anjing lebih baik dibanding membeli?

0



Awal tahun 2019 ini banyak sekali foto-foto razia anjing yang beredar di sosial media. Operasi razia yang dilakukan ini ternyata malah membuat sejumlah kelompok aktivis hewan marah besar. Jelas marah karena cara penangkapannya ternyata kejam, yaitu menggunakan jaring lalu langsung dilempar ke kandang. Bahkan ada yang dipisahkan dari induk-induk mereka!

Sebelumnya, di bulan Desember 2018 ada juga video yang viral di Instagram. Video anjing liar yang disiksa dan dimasukkan ke air panas untuk jadi makanan. Kejadian-kejadian seperti ini menunjukan bahwa masih banyak anjing liar di Ibu kota.

Ada banyak masyarakat yang gemar membeli anjing sebagai hewan peliharaan. Namun pemilik yang kurang bertanggung jawab juga tidak kalah banyak. Sering sekali anjing peliharaan yang ‘merepotkan’ dibuang begitu saja, sehingga meningkatkan jumlah anjing yang terlantar. Semakin banyak pula nyawa anjing yang terambil karena tidak terurus. Dengan masih banyaknya jumlah anjing yang menanti kasih sayang, mengadopsi akan lebih baik dibanding membeli. Kamu termasuk yang mana? Mengadopsi atau membeli?

Ada beberapa alasan kenapa pemilik anjing memilih untuk membuang dan menelantarkan anjing peliharaan mereka di jalan. Faktor pertama berawal dari kesehatan anjing peliharaan yang sudah hilang. Layaknya manusia, anjing juga dapat merasakan stres, lho. Stres yang dirasakan anjing dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti terkurung atau terlupakan. Keadaan-keadaan seperti itulah yang akan memicu penyakit untuk tumbuh di badan mereka. Namun saat anjing yang dipelihara sudah mengidap penyakit macam-macam, pemilik malah malas mengurus dan memilih jalan singkat, yaitu membuang mereka.

Faktor lain yang sering menyebabkan terlantarnya anjing di jalanan adalah over populasi. Di saat anjing peliharaan mereka melahirkan terlalu banyak anak, pemilik akan kebingungan untuk mengurus anjing yang berjumlah banyak. Mereka harus menyediakan lebih banyak tempat, mengeluarkan lebih banyak biaya, dan resiko tetangga terganggu dengan kegaduhan anjing pun lebih tinggi. Hal-hal ini lah yang membuat mereka memutuskan untuk membuang sebagian anjing ke jalanan.

Loading...

Tapi, yang perlu diketahui, para pemilik yang memutuskan untuk membuang anjing mereka lupa bahwa menelantarkan mereka bisa sama saja dengan membunuh mereka. Pemilik anjing, kucing, dan hewan peliharaan lainnya pasti kenal baik dengan virus rabies. Virus mematikan ini sangat sering menginfeksi anjing. Anjing yang dibiarkan hidup sendiri di jalanan akan memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit rabies. Mereka yang tidak diberikan vaksin akan sangat gampang terkena rabies. Apalagi karena keseharian mereka dikelilingi oleh hewan-hewan liar yang menjadi penular penyakit anjing gila ini.

Selain membahayakan nyawa anjing, mereka yang dibuang juga akan diperlakukan seenaknya. Banyak yang mengambil mereka bukan untuk diberikan kasih sayang, namun untuk disakiti, disika, dan bahkan dijadikan makanan.

Memilih untuk mengadopsi anjing akan secara tidak langsung menyelamatkan banyak nyawa mereka. Mengadopsi akan membantu para shelter untuk lebih cepat menangani anjing-anjing di jalanan. Lebih banyak anjing yang cepat ditangani, lebih banyak anjing yang selamat. Maka dari itu, penting bagi kita yang ingin memilihara anjing untuk mengadopsi dibanding membeli.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

adopsi adopsi anjing adopt dont shop
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Kuliner Favorit di Festival Jajanan Bango 2019! Festival Jajanan Bango 2019 di GBK kemarin rame banget! Banyak banget kuliner #KelezatanAsli nusantara yang bikin kamu makin cinta sama makanan ...

ON FIRE

MORE
Back To Top