Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Rikky Fatur

10 Juli 2019 13:45

Mengajukan amnesti ke Presiden, ini 6 kronologi kasus Baiq Nuril

Berikut perjalanan kasus hukum Baiq Nuril hingga pengajuan amnesti ke presiden..

Mengajukan amnesti ke Presiden, ini 6 kronologi kasus Baiq Nuril

0



Banyak yang menganggap Baiq Nuril menjadi korban pelecehan asusila, namun hukum berkata lain. Baiq Nuril dinyatakan melanggar undang-undang ITE. Baiq Nuril dan Kuasa Hukum telah menuntut keadilan melalui jalur hukum dan upaya terakhir adalah mengajukan amnesti ke Presien RI. Berikut kronologi kasus Baiq Nuril.

1. Baiq Nuril merekam pembicaraan telepon dengan atasannya.

Pada tahun 2012, Baiq Nuril menyatakan ia kerap kali ditelepon oleh atasannya, Kepala Sekolah SMAN 7 Mataram NTB. Menurut Baiq Nuril, 90% percakapannya bukan mengenai pekerjaan namun obrolan yang mengandung pelecehan atau asusila.

Isu berkembang Baiq Nuril memiliki kedekatan yang tidak seharusnya dengan sang Kepala Sekolah. Jengah dengan isu kedekatannya tersebut, Baiq Nuril merekam salah satu pembicaraan teleponnya dengan Kepala Sekolah tanpa seizin dan sepengetahuan Kepala Sekolah. Awalnya Baiq Nuril tidak berani mengungkap rekaman percakapannya tersebut karena takut dipecat dari pekerjaannya. Baiq Nuril mengungkapkan rekaman pembicaraan tersebut kepada seorang temannya dan kemudian rekaman pembicaraan disebarkan temannya tersebut.

2. Baiq Nuril diadukan ke kepolisian.

Loading...

Setelah tersebar dan diketahui atasannya akhirnya atasannya tersebut mengadukan Baiq Nuril ke Kepolisian atas tuduhan melanggar Undang-Undang ITE dan digelar pengadilan di Pengadilan Negeri Mataram.

3. Baiq Nuril divonis bebas di Pengadilan Negeri Mataram.

Baiq Nuril dijerat dengan Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang 11 tahun 2018. Pada persidangan pertama di Pengadilan Negeri Mataram, Baiq Nuril divonis bebas oleh Pengadilan Negeri Mataram.

4. Jaksa Penuntut Umum ajukan kasasi ke MA, hakim memvonis Baiq Nuril bersalah.

Jaksa penuntut umum tidak puas dengan vonis dari PN Mataram tersebut kemudian Jaksa penuntut umum mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Di Mahkamah Agung, hakim memvonis Baiq Nuril bersalah karena hakim meyakini Baiq Nuril telah memenuhi unsur-unsur kesalahan dalam undang-undang ITE pasal 27 ayat 3 dan memvonis Baiq Nuril dengan hukuman 6 bulan penjara dan denda 500 juta rupiah subsider 3 bulan kurungan.

5. Penasehat hukum ajukan PK ke MA.

Baiq Nuril bersama penasihat hukum mengajukan peninjauan kembali ke MA tetapi ditolak oleh MA. Sebelumnya Baiq Nuril telah mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo untuk diberikan pengampunan, Presiden Joko Widodo menyatakan akan terus memperhatikan kasus ini dan meminta Baiq Nuril dan kuasa hukumnya untuk terus berupaya lewat hukum hingga titik terakhir yakni peninjauan kembali. Namun Peninjauan Kembali ditolak oleh MA.

6. Baiq Nuril ajukan amnesti ke Presiden.

Jalan terakhir kali ini Baiq Nuril mengajukan amnesti kepada presiden Jokowi. Amnesti merupakan hak prerogative dari presiden namun dengan pertimbangan DPR RI.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#baiqnuril #hukum #UUITE
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top