×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Harry Rezqiano

24 Maret 2020 14:05

Memilih konsol video game ideal pada tahun 2020

Lupakan dulu gegap gempita PS5 dan Xbox Series X karena mereka baru mulai dijual nanti pada tahun 2021. .

Memilih konsol video game ideal pada tahun 2020

0



Apa kamu suka bermain video game? Mungkin selama ini kamu nge-game di tempat-tempat publik seperti rental PlayStation atau Cyber Café / Warnet / Game Center di wilayah tempat tinggalmu.

Mungkin kamu belum memiliki konsol video game sendiri di rumah. Ada banyak alasan untuk tidak atau belum memiliki konsol video game di rumah masing-masing. Namun rasanya tiap video gamers pasti punya keinginan memiliki video game di rumah atau di kamar pribadi. Entah itu sebuah PlayStation, Switch, Xbox atau malah Personal Computer alias PC Gaming yang mumpuni.

Perlu dimengerti kalau semua mesin video game itu keren dengan segala kelebihan maupun kekurangannya. Tidak ada konsol video game yang buruk, kalaupun terasa buruk itu hanyalah penilaian subjektif saja. Jika sebuah mesin tidak begitu bagus saat dibandingkan dengan kompetitornya di satu bagian, pasti di bagian lain dia akan terlihat lebih baik ketimbang saingannya. Sehingga pemikiran “si ini lebih baik dari si itu” sebenarnya tidak pernah benar-benar mewakili kondisi real atau sebenarnya.

Memilih konsol video game ideal pada tahun 2020

Sebuah Game Center (Sumber gambar: Pinterest)

Loading...

Tapi memang gamer harus memperhatikan apa yang sebenarnya dia butuhkan dari sebuah mesin video game dan budget alias dana yang dia miliki. Hal ini untuk mencegah ‘pembelian yang salah’ di mana yang terbeli sebenarnya tidak terlalu memenuhi apa yang dia perlukan dari konsol video game (selain tentunya untuk menghemat dana belanja).

Jadi, kamu mau membeli sebuah mesin video game di tahun 2020 ini? Apa saja yang tersedia sekarang di pasaran?

1. Nintendo Switch series dari perusahaan Nintendo Jepang.

Memilih konsol video game ideal pada tahun 2020

(Sumber gambar: Nintendo)

Siapa yang masih perlu berkenalan dengan nama ini? Sejak pertengahan 80-an, Nintendo adalah sebuah nama sinonim untuk “konsol video game rumahan” di kalangan penggemar video game. Memang bukan pemain pertama di industri ini, namun dalam kurun waktu tiga dekade lebih Nintendo sudah menjelma jadi pemain utama. Berbagai jenis konsol dan handheld video game mereka ciptakan. Terkini ada “Nintendo Switch” yang sedang berjaya dan menikmati kesuksesan di pasaran.

Apakah kamu harus membeli Nintendo Switch? Ada dua jenis model Switch di luar sana. Versi 'Normal' dan 'Lite'. Apakah keduanya sama? Iya. Keduanya bisa memainkan game-game yang diciptakan untuk Switch.

Apakah keduanya tidak ada bedanya? Ada sih. Versi 'Lite' di banderol lebih murah. Kenapa begitu? Karena ukurannya lebih kompak/kecil. Plus tidak bisa dihubungkan ke TV; berbeda dengan Switch normal. Tapi kedua mesin ini tetap bisa memainkan game-game Nintendo Switch populer seperti Zelda Breath of the Wild, Super Mario Odyssey, Pokemon, Mario Kart, Animal Crossing ataupun game berantem keroyokan seperti Super Smash Bros Ultimate.

Kamu cocok memiliki Nintendo Switch jika game-game lucu, seru, imut dan ‘Nintendo banget’ merupakan pilihanmu untuk menghabiskan waktu santai dengan bermain video game. Kamu bisa check toko-toko online dan mall di daerahmu untuk harga dan ketersediaan.

Memilih konsol video game ideal pada tahun 2020

Lite (atas) dan Reguler Switch (bawah). Sumber gambar: Tech Garage

2. Microsoft Xbox One series dari perusahaan Microsoft Amerika Serikat.

Memilih konsol video game ideal pada tahun 2020

(Sumber gambar: Amazon)

Memang sejak lahir Xbox selalu mengalami tantangan serius di industri video game dunia. Mulai dari original Xbox hingga yang terkini, Xbox One. Berbeda dari perusahaan-perusahaan Jepang seperti Sony dan Nintendo, Microsoft tentunya lebih dikenal sebagai raksasa software komputer sebelum ikutan nyemplung di bisnis video game seperti sekaranng.

Apakah kamu harus membeli Microsoft Xbox One? Ada tiga model Xbox One di pasaran. Xbox One, Xbox One S dan Xbox One X. Membingungkan? Kamu bukan satu-satunya. Tapi boleh dibilang saat ini yang beredar di pasaran tinggal Xbox One S dan Xbox One X saja.

Versi mana yang ideal dibeli? Secara perangkat keras, Xbox One X lebih baik daripada Xbox One S. Karena memiliki kemampuan 4K graphic dan berbagai upgrade lain yang melebihi kemampuan Xbox One S. Tapi tenang, keduanya mampu menjalankan game yang sama.

Semua game Xbox One akan berjalan baik di S maupun X. Tapi game yang berjalan di Xbox One X akan mendapatkan keuntungan lebih, yaitu grafik yang lebih tinggi resolusinya. Sehingga secara teknis, mendingan beli Xbox One X daripada Xbox One S.

Kamu cocok memiliki Xbox One series jika kamu doyan game simulasi perang dan militer seperti Halo, Gears 5,  Call of Duty, atau game-game bercitarasa Amerika lainnya yang penuh peluru, kekerasan, dan keseruan realisme video game seperti GTA alias Grand Theft Auto. Kamu bisa check toko-toko online dan mall di daerahmu untuk harga dan ketersediaan.

Memilih konsol video game ideal pada tahun 2020

Xbox One series (Sumber gambar: CNET)

3. Sony PlayStation 4 series dari perusahaan Sony Jepang.

Memilih konsol video game ideal pada tahun 2020

(Sumber gambar: Amazon UK)

Personally my choice of video game console. Alasannya karena berbagai variasi game yang ada di sana. Tidak seperti Nintendo yang relatif fokus di 'keimutan' atau Microsoft yang ke ‘peluru dan realisme’, Sony melahap semua genre dan model permainan di PlayStation 4 mereka. Bahkan Virtual Reality sekalipun bisa dilakukan di PS4 sehingga menambah nilai dari mesin tersebut.

Apakah kamu harus membeli Sony PlayStation 4? PS4 memiliki tiga model yang bisa dipilih. PS4 Normal, PS4 Slim dan PS4 Pro. Sesuai nama, PS4 Pro memiliki kekuatan lebih ketimbang PS4 normal dan Slim (kira-kira seperti Xbox One S vs Xbox One X) karena punya kemampuan grafis 4K dan berbagai upgrade kinerja lain. Semua game PS4 bisa berjalan di PS4 normal, PS4 Slim dan PS4 Pro. Tentu saja PS4 Pro memiliki harga lebih tinggi ketimbang PS4 normal dan PS4 Slim.

Kamu cocok memiliki PlayStation 4 series jika ingin memainkan banyak games dari berbagai genre. Dan juga game-game ekslusif yang hanya ada di PS4 seperti Gran Turismo Sport, God of War, Uncharted 4, The Last Guardian atau The Last of Us Part. II.

PS4 tidak hanya punya game-game ekslusif karena mereka juga ready dengan game multiplatform seperti Monster Hunter World, Call of Duty dan Red Dead Redemption II. PS4 bahkan punya game ‘setengah ekslusif’ seperti Final Fantasy VII Remake yang keren banget. Disebut ‘setengah ekslusif’ karena Final Fantasy VII Remake hanya tersedia di PS4 untuk setahun pertama sebelum nantinya masuk ke platform lain.

Singkatnya, PlayStation 4 punya variasi games yang menurut saya lebih menarik ketimbang dua merek sebelumnya. Ideal jika kamu sudah terbiasa memiliki PlayStation sejak awal kenal video game. Kamu bisa check toko-toko online dan mall di daerahmu untuk harga dan ketersediaan.

Memilih konsol video game ideal pada tahun 2020

(Sumber gambar: M4V Converter Plus)

4. PC Gaming. Tidak harus berasal dari perusahaan tertentu.

Memilih konsol video game ideal pada tahun 2020

(Sumber gambar: Costco Wholesale)

Ini mungkin lebih dikhususkan untuk mereka yang memiliki dana lebih karena sebuah PC Gaming yang bagus pasti memiliki harga lebih tinggi ketimbang Switch, Xbox One maupun PS4. PC Gaming membutuhkan komponen-komponen berkekuatan tinggi untuk mampu memberikan tampilan grafis paling indah dalam game ketimbang tiga konsol yang ada saat ini di pasaran.

Apakah kamu harus membeli PC Gaming? Jika kamu punya dana, kenapa tidak? Sebuah PC Gaming jelas akan memberikan pengalaman bermain video game dengan tampilan terbaik yang saat ini ada. Kemampuan gaming online di PC Gaming juga secara umum jauh lebih baik daripada ketiga konsol game saingan. Game-game seperti PUBG, Fortnite, Black Desert dan berbagai judul game online lain akan lancar jaya dimainkan di PC Gaming dengan koneksi internet broadband.

Toko game online Steam akan memberikan ribuan judul pilihan yang bisa dimainkan baik online maupun offline di PC Gaming kamu. Game konsol ada di Steam/PC Gaming juga (seperti Resident Evil 3 Remake, The King of Fighers XIV, Street Fighter V Champion Edition hingga Horizon: Zero Dawn yang tadinya ekslusif untuk PS4) sehingga kamu tidak akan kekurangan pilihan judul.

Kamu cocok memiliki PC Gaming jika memiliki budget tinggi untuk membeli sebuah mesin video game. PC Gaming tidak seperti konsol video game yang relatif mudah dioperasikan atau plug-and-play.

PC Gaming memerlukan sistem operasi (biasanya Windows OS) dan proses instalasi ke dalam media penyimpanan (HDD/SSD) sebelum game bisa mulai dijalankan. Tapi secara umum bukan hal rumit untuk dikerjakan. Kamu bisa check toko-toko online dan mall di daerahmu untuk harga dan ketersediaan.

Memilih konsol video game ideal pada tahun 2020

(Sumber gambar: PC Gamer)

Sebenarnya ada pilihan ke-5, yaitu Google Stadia. Tapi ini bukan pilihan masuk akal buat gamer Indonesia untuk sekarang. Alasannya bisa dibaca di sini.

Nah, sekarang menurut kamu yang mana dari pilihan-pilihan tadi yang cocok dengan kondisi kamu sebagai gamer?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Switch PlayStation Xbox PC Gaming Video Game
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top