×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Sulistyawan Ds

07 Juni 2021 13:13

LPPM UNY dorong kemandirian masyarakat desa

Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pemda Kulon Progo dan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. .

LPPM UNY dorong kemandirian masyarakat desa

0



Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-57, UNY menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Balai Desa Bugel Kapanewon Panjatan Kulon Progo, Minggu (6/6). Kegiatan ini meliputi pendampingan pengembangan budaya, pelatihan pengembangan desain kerajinan, pendampingan pengembangan ecoprint dan sawah surjan, serta pelatihan pemasaran produk secara digital.

Di samping itu, pada kesempatan ini diberikan juga bantuan paket pendidikan untuk 100 siswa SD dan 100 siswa SMP serta bantuan sembako sebanyak 350 paket bagi warga setempat. Selain itu juga ada bantuan buku untuk pengembangan literasi dan perpustakaan desa, sumbangan dari warga UNY dan Dharma Wanita Persatuan UNY, serta bantuan sarana kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19 berupa tempat cuci tangan portable dan hand sanitizer.

LPPM UNY dorong kemandirian masyarakat desa

Rektor UNY Prof.DR.Sumaryanto M.Kes.AIFO dan Bupati Kulon Progo Drs Sutedjo / Foto: Humas UNY

Ketua LPPM UNY, Prof. Samsul Hadi mengatakan, penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Daerah Kulon Progo dan LPPM UNY dengan tujuan untuk memberdayakan potensi UKM yang ada di Desa Bugel.

Loading...

"Bakti sosial ini juga merupakan salah satu realisasi dari pengembangan hasil riset dan inovasi dari para dosen UNY pada masyarakat Kulon Progo pada umumnya dan kelurahan Bugel pada khususnya," ungkap Samsul Hadi kepada wartawan usai peresmian.

Selanjutnya, Samsul mengatakan, Kelurahan Bugel dipilih sebagai lokasi bakti sosial karena desa ini memiliki sumber daya hayati dan budaya lokal yang potensial untuk dikembangkan. Oleh karena itu, diharapkan kegiatan bakti sosial ini dapat mendorong kemandirian masyarakat desa khususnya Desa Bugel.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UNY, Prof. DR.Sumaryanto M.Kes AIFO menyampaikan, selama masa pandemi kegiatan dies natalis yang dilaksanakan di luar kampus adalah kejuaraan tenis antar instansi dan bakti sosial. Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas UNY untuk mengabdikan diri dalam konteks pemberdayaan masyarakat di Kulon Progo.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya UNY merealisasikan agenda global berkelanjutan khususnya pada aspek kemitraan untuk mencapai tujuan, mengurangi ketimpangan, mengatasi kemiskinan serta kesejahteraan yang baik." Tandas Sumaryanto.

LPPM UNY dorong kemandirian masyarakat desa

Rektor UNY Menyerahkan seperangkat paket pendidikan untuk para pelajar di desa Bugel / Foto: Humas UNY

Sementara itu, Bupati Kulon Progo, Drs. Sutedjo menyampaikan, keterlibatan UNY dalam membangun negara Indonesia melalui bidang pendidikan merupakan sumbangsih yang sangat besar dan bernilai tinggi untuk keberlangsungan sebuah bangsa ke depannya.

Sebab, sumber daya manusia yang terlibat dalam proses pendidikan menjadi sumber daya yang penting bagi keberlangsungan sebuah bangsa. Hal ini telah dibuktikan oleh bangsa Jepang yang dapat segera bangkit setelah hancur terkena bom atom karena masih ada guru yang tersisa.

Oleh karenanya, Sutedjo berharap dalam usianya yang ke-57 UNY tetap selalu menunjukkan komitmen yang tinggi untuk terus mendidik generasi muda penerus bangsa. (*/Sulistyawan Ds)

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

UNY Baksos Dies Natalies Pendidikan Tinggi Informasi Pendidikan
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Kuliner Favorit di Festival Jajanan Bango 2019! Festival Jajanan Bango 2019 di GBK kemarin rame banget! Banyak banget kuliner #KelezatanAsli nusantara yang bikin kamu makin cinta sama makanan ...

ON FIRE

MORE
Back To Top