Masih ingat dengan klip berikut dari film The Hunger Games?

Lovebird, burung simbol cinta dan kasih sayang abadi

foto: bittenbythelitbug.wordpress.com

Di saat pertarungan maut akan segera berakhir, Peeta memberikan sebuah kalung kepada Katniss yang di dalamnya terdapat foto keluarganya. Peeta menginginkan Katniss untuk tetap hidup karena masih ada keluarganya di luar sana yang mengharapkannya pulang. Tekad Peeta untuk mati dengan beralasan kalau tidak ada seorang pun yang membutuhkannya, dipatahkan oleh Katniss kalau ia membutuhkan keberadaan Peeta di sampingnya.

All right, lovebirds! teriak Joanna kepada mereka berdua.

Bukankah lovebird adalah sejenis burung?

Lovebird, burung simbol cinta dan kasih sayang abadi

foto: petsymptoms.com

Lovebird yang termasuk dalam spesies burung beo mengajarkan kita mengenai cinta dan kasih sayang yang abadi. Sama seperti halnya manusia, untuk menemukan pasangan lovebird yang tepat bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak penggemar burung menyatakan kesulitan untuk menjodohkan lovebird peliharaannya. Tapi apabila berhasil menemukan pasangannya, lovebird akan setia mendampinginya hingga maut memisahkan.

Lovebird, burung simbol cinta dan kasih sayang abadi

foto:pethelpful.com

Sakina Nasir, salah satu penggemar burung yang memelihara sepasang lovebird bernama Mumu dan Lulu, menceritakan kisah cerita peliharaannya tersebut di pethelpful.com dari awal bertemu hingga tidak terpisahkan. Di awal pertemuan, lovebird jantan akan mencoba menarik perhatian lovebird betina dengan menyuapi makanan dan membersihkan bulunya. Butuh waktu beberapa saat untuk lovebird betina menerima perhatian lovebird jantan hingga akhirnya terbentuk sarang dari hasil sobekan kertas yang menandakan saatnya bagi lovebird betina untuk bertelur dan memiliki keturunan.

Lovebird, burung simbol cinta dan kasih sayang abadi

foto: petsymptoms.com

Dilansir dari smithsonianmag.com, lovebird yang menginjak usia dewasa di umur 9 bulan akan memilih pasangannya dan terus bersamanya seumur hidupnya. Apabila pasangannya tersebut mati atau dipisahkan darinya, lovebird akan menunjukkan sikap depresi dan tidak menentu. Di saat mereka berdua bertemu kembali setelah dipisahkan, lovebird akan saling menyuapi makanan untuk membangun kembali hubungan.

Lovebird, burung simbol cinta dan kasih sayang abadi

foto: burung.web.id

Jangan menganggap remeh lovebird karena ukurannya yang mungil. Dilansir di burung.web.id, pada tahun 2017 lovebird termahal di Indonesia, Lovebird Kusumo, yang telah mengikuti beberapa kali lomba, harganya mencapai Rp2,2 miliar!