×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Harry Rezqiano

26 Januari 2021 11:10

Lini masa industri konsol video game dunia sejak 1970-an

Industri konsol video game sudah berusia puluhan tahun, namun belum menunjukkan tanda-tanda akan memudar..

Lini masa industri konsol video game dunia sejak 1970-an

0



Walau video game sudah jadi bagian kehidupan sehari-hari banyak orang di dunia ini tapi mungkin masih ada yang belum terlalu mengetahui sejarah maupun lini masa industri yang sudah dimulai sejak 1970-an ini. Terutama yang besar di era-era PlayStation 2 ke atas, walau tidak menutup kemungkinan mereka yang kenal video game sejak Atari juga tidak tahu lini masa itu. Memang tidak terlalu penting namun menarik mengetahui sejarah industri video game yang sudah dibangun berpuluh-puluh tahun. Mulai dari grafis dan gameplay sederhana sampai yang super kompleks dan punya gambar indah seperti dunia nyata.

Sejak tahun 1970-an teknologi dan inovasi di industri video game berkembang begitu pesat. Dari grafis monokrom, dua warna, hingga kini berjuta warna menunjukkan kalau para pelaku industri video game terus berkembang tidak hanya dalam konteks teknologi tapi juga kreativitas serta imajinasi yang tertuang dalam produk tercipta. Bayangkan, dari gameplay seperti permainan atau olahraga ping pong dengan grafis tanpa warna apa pun selain hitam putih, video game berevolusi jadi game yang butuh pemikiran taktis, aksi keren, serta grafis yang hampir tidak ada bedanya dengan dunia nyata seperti game-game petualangan masa kini di PC atau konsol video game modern PlayStation 5 maupun Xbox Series X|S. Situasi ini terjadi setelah melewati rentang tahun dan era yang disebut sebagai “Gen/Generation”.

Saat ini dunia berada di generasi ke-8. Beberapa kalangan menyebut sudah saatnya disebut sebagai generasi ke-9 dengan kelahiran PS5 dan XBSX, namun sepertinya pendapat lebih banyak ada di generasi ke-8 jika melihat searching di Google dan Wikipedia. Dimulai dari tahun 1972, berikut lini masa konsol video game dunia.

First Generation. Dimulai dari tahun 1972 s/d 1984.

Lini masa industri konsol video game dunia sejak 1970-an

Loading...

Magnavox Odyssey. Foto: Pittsburg Post-Gazette

Ada lebih dari 900 nama konsol video game dalam rentang waktu ini dan daftarnya bisa kamu lihat di sini, namun sepertinya nama yang termasuk besar dan populer dari generasi perdana ini adalah Magnavox Odyssey.

Second Generation. Dimulai dari tahun 1976 s/d 1992.

Lini masa industri konsol video game dunia sejak 1970-an

Atari 2600. Foto: Funstock Retro

Melihat daftar konsol video game generasi kedua ini, sepertinya Atari 2600 & 5200 merupakan nama terpopuler. Salah satu dari pembaca Brilio (hampir) pasti pernah merasakan konsol video game ini di Indonesia. Saat itu harganya lumayan mahal dan tidak semua orang bisa memilikinya. Dengan joystick mirip kendali pesawat terbang jadul, Atari adalah simbol status keren pada masanya.

Third Generation. Dimulai dari tahun 1983 s/d 2003.

Lini masa industri konsol video game dunia sejak 1970-an

Nintendo Famicom. Foto: Ars Technica

Di generasi ketiga industri konsol video game dunia, teknologi sudah semakin maju dan pesat. Ada 23 nama dirilis di era yang disebut juga “8-Bit Era” ini. Tentu saja ada banyak nama keren lahir pada era 8-Bit, seperti Nintendo Famicom (atau NES) dan Sega Master System. Pada era 8-Bit ini juga sepertinya Indonesia mulai familiar dengan video game rumahan yang berharga relatif lebih terjangkau ketimbang sebelumnya, walau faktor pendukung situasi ini tidak terlalu bagus karena popularitas itu adalah banyaknya game bajakan.

Fourth Generation. Dimulai tahun 1987 s/d 2004.

Lini masa industri konsol video game dunia sejak 1970-an

Neo Geo AES. Foto: Amazon

Game-game generasi 16-Bit (dan 24-Bit) yang melegenda ada banyak di sini karena pada era inilah lahir konsol legendaris seperti Super Famicom / Nintendo dan Sega Mega Drive / Genesis itu. Ada pula SNK Neo Geo AES yang kekuatannya setara mesin arcade koin ding-dong namun karena kemahalan jadi tidak populer di pasaran. Tercatat ada 17 jenis konsol lahir pada era ke-4 video game dunia.

Fifth Generation. Dimulai tahun 1993 s/d 2005.

Lini masa industri konsol video game dunia sejak 1970-an

Sony PlayStation. Foto: The National News

Era terakhir popularitas penggunaan istilah “Bit” untik menggambarkan kekuatan prosesor di konsol gaming. Generasi kelima disebut juga Era 32/64-Bit yang tentu saja terkenal dengan konsol perdana Sony yaitu PlayStation dan konsol Nintendo64 yang masih menggunakan cartridge di saat pesaing-pesaingnya memakai CD di antara 14 jenis konsol yang tercipta. Pada era ini pula sebutan “Nintendo” untuk menyebut konsol video game rumahan di Indonesia mulai digeser dengan kata “PS/PlayStation”.

Sixth Generation. Dimulai tahun 1998 s/d 2013.

Lini masa industri konsol video game dunia sejak 1970-an

Sony PlayStation 2. Foto: PicClick

Teknologi video game semakin canggih dan kompleks. Di generasi ke-6 industri ini, berbagai konsol video game lahir namun dengan jumlah yang menciut secara signifikan karena hanya ada 8 jenis konsol yang rilis dalam rentang waktu ini. Persaingan juga mulai mengerucut ke tiga nama besar, yaitu Nintendo, Sony, dan pemain baru Microsoft. Nama-nama lama seperti Sega memutuskan mundur dari industri manufaktur konsol dan fokus di bagian perangkat lunak saja. Pada era ini pula lahir konsol video game rumahan terlaris sepanjang masa (dan belum terlampaui hingga kini) buatan Sony, yaitu Sony PlayStation 2.

Seventh Generation. Dimulai tahun 2005 s/d 2017.

Lini masa industri konsol video game dunia sejak 1970-an

Nintendo Wii. Foto: The Interface Experience

Dari tujuh jenis konsol video game era generasi ke-7, yang terlaris sepertinya adalah Nintendo Wii. Walau kalah secara grafis dari pesaingnya (seperti Microsoft Xbox 360 maupun Sony PlayStation 3), Wii menawarkan gimmick yang ‘kena banget’ yaitu Motion Sensing Control yang baru dan segar sebagai inovasi. Bermain Wii juga terasa seperti berolah raga sehingga semakin menarik untuk dimainkan ramai-ramai. Memang untuk ukuran grafis, Wii tidak berdaya melawan Xbox 360 maupun PS3, tapi video game tidak melulu soal grafis cakep kan?

Eight Generation. Dimulai tahun 2012 s/d Sekarang.

Lini masa industri konsol video game dunia sejak 1970-an

Microsoft Xbox One X. Foto: PC Magazine

Nintendo Wii U, Nintendo Switch, Microsoft Xbox One, dan Sony PlayStation 4 adalah nama-nama konsol video game generasi ke-8 dunia. Di era ini juga mobile gaming semakin bertaji dan bahkan sanggup mengganggu pangsa pasar yang selama ini dikuasai pemain lama seperti Nintendo. Secara teknologi juga generasi ke-8 sudah melesat jauh meninggalkan generasi-generasi sebelumnya dengan grafis kinclong, suara setara bioskop, maupun konektivitas internet yang memungkinkan orang bermain bersama walau berada di benua berbeda. Sebuah situasi yang mungkin tidak terbayangkan orang-orang era perdana video game rumahan dulu.

Setiap era punya kenangan dan jagoan masing-masing. Kamu pasti tumbuh besar di salah satu era video game yang ada. Konsol game apa yang jadi favorit kamu dari tiap generasi?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Nintendo Sony Microsoft Video Game Bisnis
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top