Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
rijal sadri

10 Januari 2019 09:46

Li-Fi, kompetitor Wi-Fi di masa depan

Hanya dengan satu menit kita bisa mengunduh puluhan film dengan kualitas bioskop..

Li-Fi, kompetitor Wi-Fi di masa depan

0



Bayangkan ketika sebuah lampu di rumah kita adalah sumber internet, cukup duduk nyaman di bawah lampu tersebut selama 1 menit dan kita dapat mengunduh puluhan film dengan kualitas bluray. Yah, memang terdengar fiksi ilmiah, tetapi dengan adanya teknologi li-fi, kecepatan internet tidak akan menjadi masalah, begitupula dengan kata buffering yang akan hilang di kamus kita.

Li-fi adalah kependekan dari Light Fidelity dan merupakan sistem Visible Light Communications (VLC) yang menggunakan cahaya untuk mengirim data nirkabel. Perangkat ini memungkinkan mengubah berkas cahaya menjadi sinyal listrik yang kemudian sinyal tersebut dikonversikan menjadi data.

Data Li-Fi ditransmisikan oleh lampu LED rumah dan akan diterima oleh fotoreseptor. Jika diimplementasikan dengan cermat, sistem Li-fi dapat mencapai kecepatan transmisi yang 1000 kali lipat lebih cepat dibanding Wi-Fi tradisional saat ini yang menggunakan gelombang radio.

Li-Fi lebih aman dan menawarkan privasi tambahan karena cahaya terhalang oleh dinding sehingga memberikan transfer data yang lebih spesifik dan aman pada perangkat kita. Beda halnya dengan Wi-Fi yang lebih rentan terhadap peretasan dikarenakan jangkauannya yang lebih luas dan sinyal frekuensi radio tidak dapat dihalangi oleh dinding.

Hal yang membedakan antara Li-Fi dengan Wi-Fi adalah kemungkinan besar Li-Fi dapat melakukan koneksi internet di bawah laut karena cahaya adalah suatu partikel yang dapat melakukan perjalanan di air, berbeda dengan gelombang radio.

Loading...

Pengaplikasian Li-Fi juga telah berkembang dalam bidang transportasi di mana lampu depan mobil serta belakang dapat dilengkapi dengan lampu yang diaktifkan dengan Li-Fi, yang memungkinkan komunikasi dari satu mobil ke mobil lainnya dan memperkecil terjadinya kecelakaan.

techworld.com / Li-Fi

Namun sedikit kekurangan dari Li-Fi adalah jarak jangkauannya yang terbilang kecil, berkisar hanya 8-10m sedangkan Wi-Fi dapat menjejal jarak hingga 30-32m. Li-Fi juga tidak dapat digunakan di luar ruangan, yaitu di bawah sinar matahari langsung karena kemungkinan terjadinya ketidak stabilan terhadap cuaca serta kondisi yang tidak stabil.

Lampu LED ini juga dapat dipasang di lampu lalu lintas yang bakal dirancang sedemikian rupa hingga terlindungi dari sinar matahari, badai angin, petir, serta hujan yang fungsinya dapat memberi update mengenai keadaan lalu lintas bagi para pengemudi.

Ada kepastian pengembangan Li-Fi di masa depan yang dapat diperluas ke berbagai platform dan berbagai lapisan kehidupan. Teknologi ini juga akan menjadi kompetitor Wi-Fi serta bisa jadi teknologi penenggelam Wi-Fi di era dinamis ini, jadi bersiaplah untuk itu!

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Li-Fi kuota internet Kecepatan internet sains teknologi terkini
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top