×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Gita Natasha

04 Agustus 2020 11:35

Lakukan 5 cara ini untuk menjadi seorang pendengar yang baik

Apakah kamu sudah menjadi pendengar yang baik?.

Lakukan 5 cara ini untuk menjadi seorang pendengar yang baik

0



Pernahkah kamu ngobrol dengan seseorang yang melihat sekeliling ruangan saat kamu berbicara? Atau menyela kamu untuk mengatakan sesuatu tentang subjek yang sama sekali berbeda?

Mungkin kamu curhat pada seorang teman yang tampak terganggu dan ketika kamu menuduhnya tidak mendengarkan, dia berkata dengan marah, "Saya mendengarkan!" Untuk membuktikannya, ia membacakan kembali frasa terakhir yang kamu ucapkan.

Secara pengertian, mendengar dan mendengarkan adalah hal yang berbeda. Mendengar adalah aktivitas fisik yang muncul ketika gelombang suara menggetarkan gendang telinga manusia. Sedangkan mendengarkan adalah proses aktif yang kompleks yang mencakup penuh perhatian, menerima pesan secara fisik, memilih dan mengatur informasi, menginterpretasikan komunikasi, merespon, dan mengingat. (Julia T Wood, 2013)

Menjadi pendengar yang lebih baik berarti menjadi orang yang lebih baik karena menumbuhkan kedewasaan emosional dan kemurahan hati. Apakah mungkin kamu dapat menjadi pendengar yang baik?

Berikut merupakan cara untuk menjadi pendengar yang baik:

Loading...

1. Bertanya untuk mendapatkan informasi mendalam.

Untuk menjadi pendengar yang baik kamu perlu mendapatkan informasi yang jelas untuk mendapatkan pemahaman yang ingin disampaikan. Kamu perlu menanyakan beberapa pertanyan untuk mendapatkan pemahaman tersebut.

2. Empati.

Untuk menjadi pendengar yang baik, kamu tidak hanya bertanya untuk mendapatkan pemahaman yang ingin disampaikan, namun kamu perlu berempati untuk dapat merasakan keadaan emosional lawan bicaramu guna mencoba menyelesaikan masalah tersebut.

3. Mendengarkan lawan bicara tanpa mengganggunya.

Biarkan lawan bicaramu menyelesaikan pembicaraan yang ingin ia sampaikan. Biarkan dia mengutarakan segala sesuatunya hingga tuntas. Kamu bisa memberikan saran kepadanya jika memang ia meminta untuk diberikan saran.

4. Jangan mengubah topik pembicaraan.

Sering kali, seseorang merasa bosan akibat topik yang disampaikan tidak seru atau mungkin kamu bosan mendengarkannya. Biarkan mereka menyelesaikan pembicaraannya lalu sampaikan kepada mereka bahwa kamu memang sedang ada urusan memiliki hal penting yang harus diselesaikan.

5. Memperhatikan lawan bicara.

Banyak orang berpikir mendengarkan berarti diam sampai tiba giliran mereka untuk berbicara. Tetapi mendengarkan sejati adalah tindakan tanpa pamrih. Mendengarkan berarti memberi perhatian penuh pada orang lain. Perhatian ini tidak menghakimi, berpikiran terbuka, menghormati, dan ingin tahu.

Pendengar yang hebat adalah mereka yang menerima kepercayaan. Mereka membantu orang memilah pikiran dan perasaannya. Pendengar menawarkan penghiburan. Mereka merayakan dan menghargai kabar baik atau prestasi. Dan dalam prosesnya, pendengar menerima kepuasan berada di sana untuk orang lain. Pendengar memupuk kesabaran untuk menunggu sampai orang lain berbicara sendiri, dan menemukan bahwa orang sering menemukan jawaban mereka sendiri untuk perjuangannya.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#PendengaryangBaik #tipspendengaryangbaik
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top