×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
George Samuel

20 Desember 2021 13:33

Laksa Bihun Cie Ikim: Makanan khas Tangerang yang dimodifikasi

Laksa merupakan makanan khas Tangerang yang memadukan antara budaya Tionghua dengan budaya Melayu. .

Laksa Bihun Cie Ikim: Makanan khas Tangerang yang dimodifikasi

0



Ketika mengunjungi Kota Tangerang, tidak afdal apabila kamu tidak mengunjungi Laksa Bihun Cie Ikim. Menurut penulis, Laksa satu ini adalah laksa paling juara atau dapat dibilang laksa nomor satu dan tiada bandingnya. Penulis yakin, kamu juga pasti akan merasakan hal yang sama ketika makan di Laksa Bihun Cie Ikim.

Laksa merupakan makanan khas Tangerang yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Dikutip dari Indonesia.go.id, laksa berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti banyak. Banyak di sini mengacu kepada banyaknya bumbu dapur yang dipakai untuk membuat laksa. Tidak dapat dimungkiri, satu sendok kuah laksa di Laksa Bihun Cie Ikim memang membuat lidah bergetar karena rasanya yang sangat lezat dengan perpaduan bumbu dapur yang dahsyat.

Foto semangkuk Laksa Bihun Cie Ikim. Source: Pribadi

Menarik, bukan? Dengan harga 25 ribu kamu dapat mencicipi laksa di Laksa Bihun Cie Ikim yang sangat lezat, apalagi ditambah dengan ketupat yang akan membuat perut kenyang. Seporsi laksa di warung Laksa Bihun Cie Ikim berisikan telur, bihun, daun kemangi, kerupuk emping, udang ebi, dan ketupat. Harga yang sangat murah mengingat berbagai macam topping di dalamnya.

Untuk kalian yang sangat mencintai makanan asin dan asam, laksa di warung Laksa Bihun Cie Ikim adalah pilihan yang tepat. Di dalam setiap satu sendoknya kamu akan merasakan kenikmatan dan juga kelezatan bumbu dapur yang menjadi satu. Begitu lezat.

Loading...

Lalu, apa yang membedakan laksa di Laksa Bihun Cie Ikim dengan laksa bihun khas Tangerang lainnya?

Laksa merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, perpaduan antara budaya Tionghua dan Melayulah yang menciptakan sebuah laksa. Karena berkembangnya budaya, laksa menjadi berkembang di Indonesia dan terbagi menjadi laksa Tangerang, laksa Bogor, dan juga laksa Betawi. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Laksa Tangerang pun memiliki ciri khas tersendiri dari laksa Bogor dan laksa Betawi. Biasanya laksa Bogor dan Betawi memiliki kuah kental dan memakai oncom serta taoge. Sedangkan seporsi laksa Tangerang tidak ada komponen tersebut.

Di Tangerang sendiri, laksa dibagi lagi menjadi dua, yakni laksa nyai dan laksa nyonya. Laksa nyai dibuat oleh pribumi Tangerang, dan laksa nyonya dibuat oleh keturunan Tionghoa di Tangerang. Nah, inilah yang membedakan laksa di warung Laksa Bihun Cie Ikim dengan laksa lainnya di Tangerang. Laksa di warung Laksa Bihun Cie Ikim berisikan bihun kecil, udang ebi kering, telur, daun kemangi, kerupuk emping, dan ketupat. Kuah yang disediakan di Laksa Bihun Cie Ikim juga cenderung cair dan tidak kental sehingga tidak membuat tenggorokan serat dan bikin ketagihan di setiap sendoknya.

Sedangkan laksa khas Tangerang atau laksa nyai berisikan mi tepung beras putis yang direbus, daun seledri, dan memiliki kuah yang kental. Sangat berbeda dengan laksa di Laksa Bihun Cie Ikim. Dari segi rasa pun berbeda jauh, laksa di Laksa Bihun Cie Ikim memiliki rasa asin, gurih dan asam, sedangkan laksa khas Tangerang memiliki rasa asin dan terbilang manis.

Tampak depan Laksa Bihun Cie Ikim. Source: pribadi

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Laksa Bihun Cie Ikim, alamat lengkapnya berada di Gg. Setia III No.28, RT.004/RW.016, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Makanan Makanan Khas Makanan Unik Kota Tangerang #Makanan
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top