×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Mikail Hafiz

19 Oktober 2021 19:55

Laju operasional warehouse lambat? Coba manfaatkan software barcode

Pemanfaatan teknologi bernama software barcode sangat efektif dalam mempercepat laju produksi dalam sebuah bisnis..

Laju operasional warehouse lambat? Coba manfaatkan software barcode

0



Menuju dua tahun hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19, membuat banyak industri termasuk teknologi mengalami digitalisasi besar-besaran untuk menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi saat ini.

Beragam inovasi telah diciptakan, salah satunya barcode. Sebelum membahas lebih jauh mengenai kegunaan software barcode di suatu perusahaan khususnya warehouse atau gudang, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu software barcode.

Definisi software barcode.

Ilustrasi Penggunaan Software Barcode oleh Pexels

Kamu tentu pasti tidak asing lagi dengan kehadiran barcode ini, berhubung barcode sangat identik dengan setiap produk yang kamu lihat di supermarket ataupun retail lainnya. Selain produk, barcode juga terdapat di kartu tanda pengenal dan surat.

Barcode sendiri adalah suatu kode yang tersusun dari berbagai bentuk seperti garis-garis, bar, spasi, dan hanya dapat dipindai atau di scan oleh suatu mesin khusus yang nantinya terhubung dengan software barcode.

Loading...

Barcode digunakan untuk tujuan identifikasi secara otomatis yang nantinya akan terintegrasi melalui software barcode untuk tujuan tertentu seperti mengetahui harga, melacak lokasi, jumlah, dan kondisi barang secara cepat.

Lalu, apa itu software barcode? Pada dasarnya software barcode adalah software yang terintegrasi dengan barcode melalui mesin pemindai (RFID). Pada software ini, kamu dapat melakukan banyak pekerjaan yang akan dijelaskan berikut.

Manfaat software barcode untuk warehouse.

Ilustrasi Penggunaan Software Barcode oleh Pexels

Bukan inovasi jika hal tersebut tidak menyangkut berbagai macam manfaat dan solusi dari suatu permasalahan. Software barcode menawarkan banyak keunggulan yang dimilikinya untuk mempercepat produktivitas warehouse. Di antaranya sebagai berikut.

1. Penelusuran menyeluruh.

Manfaat pertama yang disuguhkan produk digital ini adalah sistem barcode yang dapat melacak lokasi, jumlah barang, bahkan kondisi barang. Identifikasi secara menyeluruh ini dapat kamu temukan secara cepat melalui software barcode. Sangat canggih, bukan?

2. Mempermudah identifikasi.

Sering berhubungan dengan dokumen atau bukti keaslian suatu hal? Tidak perlu khawatir. Melalui perangkat lunak ini, kamu dapat mengetahui keaslian berbagai dokumen dengan membuat barcode yang berbeda. Kamu juga dapat mengintegrasikannya dengan RFID (Radio Frequency Identification) untuk memindai barcode.

3. Verifikasi barang cepat dan akurat.

Salah satu penyebab keterlambatan proses produksi di dalam warehouse adalah proses verifikasi barang. Namun, sekarang kamu dapat mengucapakan selama tinggal pada permasalahan tersebut. Dengan software barcode, kamu dapat melakukan verifikasi secara cepat dan akurat melalui tingkat akurasi yang sangat tinggi.

4. Formulasi barcode.

Takut sulit memahami barcode yang otomatis dibuat? Tidak perlu khawatir, karena software barcode dapat membuat serta modifikasi barcode untuk setiap produk demi kemudahan pencarian barang.

Fitur-fitur software barcode.

Ilustrasi Penggunaan Software Barcode oleh Pexels

Kehadiran software barcode di perusahaan dapat meningkatkan kegiatan produksi bisnis menjadi jauh lebih cepat dan efisien. Dilansir dari HashMicro, perusahaan software lokal yang juga menyediakan software barcode, mengutarakan berbagai fitur bermanfaat yang ditawarkan dari software ini, seperti berikut ini.

1. Product & location barcode.

Melalui fitur ini, cukup dengan memasukkan kode atau scan barcode, kamu tidak perlu lagi mencari letak dan lokasi suatu produk satu per satu di rak toko ataupun gudang yang mungkin kamu sendiri tidak mengetahui di mana letaknya. Software akan secara otomatis memberitahu di mana barang dengan kode tersebut terletak.

2. Batch & serial number barcode.

Serial number adalah angka yang berada di bawah barcode yang berfungsi untuk melacak barang dengan kelompok yang sama dengan melihat serial number tersebut. Fitur batch & serial number barcode ini tentu sangat dibutuhkan di suatu gudang perusahaan, terutama perusahaan yang memiliki produk dengan berbagai jenis. Dengan fitur ini, kamu dapat mempermudah proses administrasi barang di warehouse dengan cepat melalui pembuatan serial number secara satuan atau batch.

3. ID card barcode.

Bila kamu sedang mencari sekuritas yang tinggi ke dalam warehouse kamu, fitur ini bisa menjadi salah satu pilihan. Kamu dapat membuat ID card barcode secara otomatis untuk setiap pekerja yang bertugas dan berhubungan dengan warehouse. ID card ini juga dapat dijadikan akses masuk pegawai ke dalam warehouse

Tujuannya, agar keamanan di dalam warehouse dan barang tetap terjaga dengan meminimalisir masuknya orang asing. Selain itu kamu dapat membuatkan ID Card khusus pengunjung ataupun pelanggan yang ingin berkunjung secara langsung ke dalam warehouse.

4. Asset barcode.

Memiliki banyak aset atau properti? Bukan jadi masalah. Dengan fitur asset barcode, kamu dapat menandai setiap aset atau properti tersebut melalui barcode maupun QR code untuk memudahkan penelusuran informasi mengenai tempat keberadaan ataupun pemilik aset tersebut.

5. Packaging barcode.

Fitur ini sangat tidak asing bagi kamu. Barcode yang ada di setiap produk di toko ataupun swalayan, kini dapat kamu buat sendiri melalui software barcode HashMicro. Dengan barcode software, kamu dapat membuat barcode ataupun QR code untuk kemasan atau kardus produk yang kamu jual.

6. Document barcode.

Tidak hanya produk, kamu juga dapat membuat barcode khusus dokumen untuk kepentingan perusahaan seperti surat kontrak, invoice, ataupun bukti originalitas dokumen.

Kesimpulan.

Proses produksi di dalam sebuah warehouse yang menjadi salah satu aset perusahaan tidak semudah yang kamu pikirkan. Dengan tujuan dibangunnya sebagai tempat penyimpanan produk skala besar, tentu tidak mudah mengatur dan mengorganisir barang dengan jumlah yang banyak tersebut. 

Oleh karena itu, sudah seharusnya kita sebagai manusia memanfaatkan teknologi yang ada untuk mempercepat proses produktivitas agar mencapai peningkatan penjualan yang dapat berdampak manfaatnya bagi seluruh pegawai yang ada di perusahaan tersebut.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top