×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Englis Lumbantoruan

04 Agustus 2020 18:25

Konsumsi makanan ini sebagai immune booster di masa pandemi

Yogurt (probiotik) dan buah (prebiotik) dapat digunakan sebagai salah satu upaya meningkatkan sistem imun tubuh selama masa pandemi..

Konsumsi makanan ini sebagai immune booster di masa pandemi

0



Foto: Andreas Lischka dari Pixabay

Sejak masa pandemi seperti saat ini kita berupaya semaksimal mungkin untuk melindungi diri dari Covid-19 dengan berbagai upaya. Mulai dari stay at home, work from house, social distancing, rajin cuci tangan, menjaga stamina dan imunitas tubuh, baik dengan berolah raga secara teratur, tidur yang cukup, maupun mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa semenjak masa New Normal diumumkan oleh Pemerintah dalam upaya memulihkan keadaan ekonomi, masyarakat mulai banyak beraktivitas di luar untuk melakukan kegiatan ekonomi maupun aktivitas lainnya. Tentunya semua hal tersebut dilakukan dengan harus mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah.

Walaupun protokol kesehatan telah dilaksanakan di banyak tempat umum seperti di mall, rumah sakit, pasar, rumah ibadah, dan juga termasuk perkantoran serta tempat lainnya, tetap saja jumlah orang yang terinfeksi setiap hari bertambah.

Menjalankan protokol kesehatan itu sangat baik, seperti memakai masker, cek suhu tubuh, rajin cuci tangan, jaga jarak, dan lainnya. Apabila sudah melakukan itu semua dengan baik, maka hal baik lainnya yang dapat dilakukan setiap hari adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh sebagai perlindungan dari dalam.

Ada banyak anjuran kesehatan mengenai upaya meningkatkan imunitas tubuh dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman probiotik, contohnya yogurt. Seperti yang dikutip alodokter.com dalam artikel Beragam Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan, probiotik adalah bakteri baik dan jamur yang dapat mendukung sistem pencernaan, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sehingga yogurt sebagai makanan atau minuman fermentasi yang mengandung bakteri baik berguna untuk immune booster.

Loading...

Tentunya makanan probiotik saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan dan memelihara sistem imun. Tubuh juga memerlukan makanan lainnya sebagai sumber gizi dan pemelihara sistem imun, salah satunya adalah buah-buahan. Buah-buahan selain kaya akan akan vitamin dan mineral, ternyata juga dapat berfungsi sebagai prebiotik. Dalam bahasa sederhananya prebiotik adalah sumber makanan bagi probiotik, sehingga bakteri baik dapat meningkat jumlahnya. Apalagi dengan protokol kesehatan yang mengharuskan untuk rajin cuci tangan, bisa-bisa membuat tangan benar-benar bersih, termasuk bersih dari bakteri baik.

Banyak anjuran kesehatan selama masa pandemi supaya kita mengonsumsi vitamin C dan E yang cukup secara teratur. Ada pun salah satu fungsi vitamin C seperti yang dikutip dari halodoc.com dalam artikel Menelaah Lebih Dalam Fungsi Vitamin Untuk Kesehatan adalah untuk melindungi tubuh dari berbagi infeksi. Sedangkan salah satu fungsi vitamin E adalah untuk memelihara organ tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, mengonsumsi makanan yang kaya akan probiotik (bakteri baik) dan juga prebiotik (makanan untuk bakteri baik) adalah salah satu gaya makan yang baik untuk diterapkan sehari-hari.

Salah satu contoh menu yang kaya akan probiotik dan prebiotik adalah salad buah dengan yogurt. Umumnya, salad buah hanya menggunakan mayones saja. Namun, kita dapat menambahkan yogurt sejumlah yang dianjurkan untuk dikonsumsi per harinya ke dalam mayones sebagai sumber probiotiknya. Hal lain yang harus diperhatikan agar bakteri baik tidak rusak atau mati adalah dengan menjaga suhunya. Salad buah dengan yogurt ada baiknya disimpan dalam lemari es, tetapi bukan di freezer.

Semoga dengan mengonsumsi makanan yang kaya dengan immune booster seperti yogurt dan buah, sistem imun tetap terjaga dengan baik selama masa New Normal ini sehingga kita dapat tetap produktif dan sehat selalu.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top