Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Daniel Suyatno

25 Juni 2019 12:16

Kepercayaan pelanggan kunci sukses bisnis perusahaan

Pelanggan yang loyal jadi kunci sukses keberhasilan bisnis perusahaan. Diawali dengan kepercayaan pelanggan pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Kepercayaan pelanggan kunci sukses bisnis perusahaan

0



Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Perusahaan bergerak dalam bisnis apapun pasti membutuhkan yang namanya pelanggan. Terutama pelanggan loyal sangat penting untuk selalu dijaga dengan baik. Pelanggan loyal menjadi kunci sukses keberhasilan sebuah bisnis. Apalagi di zaman sekarang di mana teknologi semakin canggih dan kehadiran internet sudah menjadi kebutuhan hidup.

Perusahaan atau bisnis bisa semakin mudah berkembang dan pelanggan pun tidak hanya terbatas pada satu daerah, namun bisa sampai ke luar negeri. Semakin banyak pelanggan sangat dibutuhkan bagaimana caranya menyenangkan hati pelanggan agar tertarik pada produk yang ditawarkan pada mereka. Ada bebarapa tips yang dapat membuat pelanggan loyal pada produk atau jasa yang dijual, yaitu:

1. Berupaya membuat produk yang penuh inovasi dan berbeda di pasaran.

Sebuah perusahaan haruslah bisa menjadi pioner untuk membuat produk yang dibutuhkan pelanggan. Dari waktu ke waktu dengan semakin canggihnya teknologi membuat produsen lebih aktif membuat produk sehingga bisa menjadi trend di mata pelanggan. Bisnis tidak boleh kehilangan ide untuk selalu berupaya membuat produk berbeda yang digemari pelanggan di pasaran. Dalam hal ini peran dari bagian penelitian dan pengembangan (Research and Development) sangatlah penting agar dapat selalu melakukan terobosan dan inovasi dalam pengembangan produk atau jasa yang dijual ke pasar.

2. Harga dan kualitas bisa bersaing di pasaran.

Loading...

Semakin banyaknya barang yang ditawarkan oleh produsen pada pelanggan membuat pelanggan semakin banyak pilihan. Harga bisa menjadi faktor penentu bagi seseorang untuk menentukan produk yang hendak dibeli. Pelanggan akan lebih jeli membandingkan kualitas antara satu barang dengan barang lainnya. Disinilah kehadiran bisnis harus mampu membuat barang berkualitas dengan mempertahankan reputasi perusahaan untuk bisa mengambil hati pelanggan.

3. Membuat survei.

Sangat penting perusahaan membuat survei seperti melalui media sosial untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk perusahaan di pasaran. Ini bisa menjadi salah satu cara agar dapat mengambil hati pelanggan potensial. Respon dari survei tersebut bisa menjadi gambaran untuk bisa membuat produk yang lebih berinovasi di pasaran. Suara pelanggan (Voice of Customer) sangat kuat pengaruhnya dalam persaingan produk atau jasa di pasar. Bahkan VoC (Voice of Customer) merupakan cara efektif bidang marketing dalam memberikan kepuasan pelanggan.

 

Peduli pada pelanggan.

Tentu ada banyak alasan yang membuat perusahaan berupaya untuk bisa menggaet hati pelangggannya tetapi tidak semudah itu. Dibutuhkan kepedulian yang bisa ditunjukkan pada pelanggan. Inilah yang menjadi alasannya mengapa perusahaan harus ada rasa kepedualian terhadap pelanggan.

1. Laba perusahaan menjadi lebih meningkat.

Tidak bisa diabaikan bahwa kegiatan bisnis sudah identik dengan kegiatan menjual barang atau jasa. Saat perusahaan sudah memiliki pelanggan yang loyal maka akan lebih mudah menawarkan barang pada pelanggan.

Pelanggan akan lebih melihat kepada reputasi perusahaan yang selama ini telah memberikan kepuasan terbaiknya. Harga tidak akan menjad faktor utama pada pelanggan ketika hendak memilih sebuah produk. Bagi perusahaan ini akan lebih cepat memberikan peningkatan penjualan yang pada akhirnya laba perusahaan akan lebih cepat meningkat.

2. Kegiatan pemasaran bisa diminimalisasi.

Waktu dan kegiatan memasarkan suatu produk pada pelanggan lama perusahaan akan lebih sedikit karena akan lebih mudah menggaet hati pelanggan. Sangat berbeda saat perusahaan harus memasarkan pada pelanggan baru lebih membutuhkan waktu lebih lama meyakinkan pelanggan agar mau menerima produk yang ditawarkan.

3. Biaya lebih murah.

Ketika perusahaan hendak memasarkan produk pada pelanggan baru, ini akan lebih membebani perusahaan, berkisar 6 s/d 7 kali lebih besar dibandingkan menggaet hati pelanggan yang selama ini sudah loyal.  Belum lagi biaya promosi yang harus lebih banyak dikeluarkan agar produk lebih dikenal masyarakat. Jadi inilah mengapa perusahaan harus bisa mempertahankan pelanggan lama karena akan lebih efisien baik waktu maupun biaya yang harus dikeluarkan.

4. Berupaya melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Pelanggan loyal menjadi peluang emas bagi perusahaan untuk lebih memaksimalkan penawaran. Yang terpenting adalah produk harus sesuai dengan harapan pelanggan. Selama produk tersebut mendapatkan respon positif bagi pelanggan maka perusahaan dapat terus meningkatkan kualitas produk dan mengupayakan harga lebih bisa bersaing di pasaran.

Pelayanan pun harus lebih ditingkatkan sehingga pelanggan merasa lebih diperhatikan. Jangan biarkan pelanggan perusahaan beralih pada produk lainnya karena bisa jadi merasa kurangnya perhatian sedangkan kompetitor lain bisa lebih aktif menggaet pelanggan.

Inilah mengapa perusahaan harus lebih peduli pada pelanggan perusahaan karena bagaimanapun pelanggan loyal merupakan aset bisnis yang sangat berharga. Perusahaan harus lebih aktif untuk menggaet pelanggan agar loyal pada produk yang perusahaan tawarkan selama ini. Pelanggan loyal akan memberikan keuntungan sehingga pendapatan bisa lebih meningkat dan bisnis lebih cepat berkembang.

 

Meningkatkan kepercayaan.

Dalam membangun kepercayaan ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kepercayaan pelanggan  pada produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan harus dijaga dengan baik agar pelanggan tidak merasa dikecewakan. Strategi ini harus perusahaan kuasai untuk bisa mendapatkan loyalitas dari pelanggan. Beberapa langkah perusahaan agar dapat membangun kepercayaan pada pelanggannya, antara lain:

1. Ciptakan komunikasi yang baik.

Komunikasi wajib dilakukan dengan pelanggan agar terciptanya hubungan yang harmonis. Memulai dengan percakapan dan mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan pelanggan dan berikan produk yang sesuai. Usahakan agar terciptanya komunikasi dua arah antara perusahaan dengan pelanggan. Respon yang cepat atas kritik dan tanggapan dari pelanggan harus ditanggapi dengan komunikasi yang baik.

2. Produk atau jasa yang dipasarkan jauh lebih baik dari harapan pelanggan.

Harapan pelanggan adalah untuk mendapatkan produk atau jasa yang terbaik. Di sinilah perusahaan harus bisa membuat pelanggan senang menggunakan produk atau jasa yang dibelinya. Bagi bisnis online ini pun sangat penting diperhatikan:

· Produk atau jasa harus sesuai dengan deskripsi

· Kecepatan pengiriman atau layanan

· Packaging yang baik dan aman

3. Berilah penghargaan.

Berilah penghargaan pada pelanggan lama, baik dengan hadiah, program loyalitas sebagai apresiasi pada pelanggan yang selama ini telah loyal menggunakan produk atau jasa yang dijual perusahaan. Program loyalitas ini memberikan poin pada pelanggan atas setiap transaksi yang dilakukan. Dari poin tersebut nantinya bisa ditukarkan dengan produk yang telah disediakan oleh perusahaan. Cara ini dipandang efektif bisa lebih membuat pelanggan lebih diperhatikan sehingga pelanggan akan selalu membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

 

*Oleh: Daniel Suyatno, Mahasiswa Program Doktoral Fakultas Pascasarjana konsentrasi Service Management di Universitas Trisakti Jakarta.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Kepercayaan Pelanggan Loyalitas Pelanggan Voice of Customer (VoC) Research and Development (RnD) Inovasi produk atau jasa
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top