×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Farid Kurniawan

18 Februari 2020 10:55

Kenali perbedaan dari 5 moda transportasi bus ini

Bus menjadi salah satu moda transportasi massal yang banyak diminati masyarakat..

Kenali perbedaan dari 5 moda transportasi bus ini

0



Moda transportasi bus adalah salah satu contoh transportasi yang paling diminati oleh masyarakat. Moda transportasi ini mudah dijumpai, nyaman, dan juga tarifnya relatif murah yang membuatnya menjadi salah satu pilihan bagi para konsumen.

Transportasi bus sekarang ini menawarkan bus-bus dengan model baru. Hal ini dapat dilihat dari banyak bermunculannya karoseri yang menawarkan bus dengan tipe High Deck (HD) atau biasa dikenal dengan bus berlantai tinggi, ada juga tipe Super High Deck (SHD) ataupun Double Deck (DD).

Mungkin di antara kamu ada yang masih belum mengetahui perbedaan dari macam-macam tipe bus yang tersedia di Indonesia. Nah, kali ini penulis akan menguak lebih dalam macam-macam tipe bus.

1. Bus Non HD (High Deck).

Kenali perbedaan dari 5 moda transportasi bus ini

Loading...

Bus ini beroperasi pada periode sebelum tahun 2009. Bus Non HD ini dulu sering melayani perjalanan ekonomi. Bus ini memliki ciri-ciri tingginya berkisar antara 3000-3300 mm dengan tinggi kursi pengemudi yang sejajar dengan kursi penumpang, dan bentuk bus yang persegi panjang.

2. Bus High Deck (HD).

Kenali perbedaan dari 5 moda transportasi bus ini

Bus HD merupakan salah satu jenis bus yang memiliki lantai lebih tinggi daripada bus Non HD. Bus ini muncul pada tahun 2009 yang diawali dengan munculnya New Arcopolo dari pabrikan karosesri Adi Putro. Perbedaan bus HD dan Non HD adalah kalau bus HD lebih tinggi, yaitu 3400-3500 mm. Perbedaan lain terletak pada interiornya yang pada kursi pengemudi lebih rendah dibanding letak kursi penumpang.

3. Bus Super High Deck (SHD).

Kenali perbedaan dari 5 moda transportasi bus ini

Salah satu bus yang paling ngetren saat ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 dan menjadikannya armada unggulan bagi beberapa PO yang ada di Indonesia. Dengan tinggi bus mencapai 3900 mm dan memiliki bagasi yang lebih luas dan bahkan mampu dimasuki unit sepeda motor sekalipun.

Berbicara mengenai interior yang digunakan, desain dari bus SHD ini sangatlah mewah dan nyaman yang dapat membuat penumpang merasa puas. Bus ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur keamanan dan fasilitas lainnya.

4. Bus High Deck (HDD) dengan Double Glass (DG).

Kenali perbedaan dari 5 moda transportasi bus ini

Bus ini merupakan bentuk pengembangan dari bus SHD. Secara dimensi bus ini memiliki ketinggian hanya 3700 mm yang lebih rendah 30 cm dibandingkan bus tipe SHD. Untuk sisi interiornya bus HDD menggunakan konfigurasi tempat duduk 2-2 ataupun 2-3 dan juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang modern dan mewah.

5. Bus Double Decker (DD) atau bus tingkat.

Kenali perbedaan dari 5 moda transportasi bus ini

Bus ini sekarang lagi naik daun. Saat ini bus DD lebih diminati untuk kepentingan pariwisata dan bahkan ada juga bus tanpa atap yang dapat memberikan sensasi kepada penumpang saat melihat pemandangan. Tidak hanya sekadar untuk pariwisata, bus ini juga bisa digunakan sebagai alat transportasi umum. Sayangnya tidak semua trayek bisa menggunakannya akan tetapi hanya bisa dengan trayek yang lebih tinggi.

Dibekali dengan ketinggian mencapai 4150 mm dengan 2 tingkat deck yang dihubungkan melalui tangga, bus ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 oleh pabrikan karoseri Adi Putro.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top